Tips Sukses Usaha Waralaba Mie Ayam dan Bakso


Menekuni usaha mie ayam dan bakso memang tidak ada matinya. Mulai dari kelas kaki lima hingga resto semua ramai dikunjungi pelanggan. Bahkan pada saat Leberan kemarin, pelaku usaha mie ayam dan bakso laris manis di serbu para penggemarnya. Untuk menarik perhatian pelanggan tidak jarang pelaku usaha mie ayam dan bakso menghadirkan sesuatu yang kreatif mulai dari merek dagang, menu unik hingga bentuk dan rasa yang memberikan sensasi yang berbeda.

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan pelaku usaha waralaba khususnya bagi para Pewaralaba. Pertama, waralaba yang akan dijual harus memiliki brand (merek) dagang yang mudah diingat dan kalau bisa brand ini sedikit berbeda sehingga membuat orang penasaran ketika orang mendengarnya. Caranya harus gencar berpromosi baik dari pelanggan yang datang, menyebarkan brosur, berikan di media cetak hingga memberikan makan gratis saat launching.

Kedua, Pewaralaba harus benar-benar serius menjalankan usahanya hingga mengawasi semua gerai baik milik sendiri maupun milik Terwaralaba (Mitra). Maka dari itu sebelum memutuskan untuk mewaralabakan usaha, Pewaralaba harus telah siap dengan SOP (standard operating procedure) yang buat, dan manajemen SDM yang mumpuni untuk melakukan kontrol dan monitoring. Ada baiknya Pewaralaba menguji sistem yang telah dibuatnya minimal 3 tahun sebelum mewaralabakan usahanya.

Ketiga, pelaku usaha waralaba mie ayam dan bakso perlu kreatif dan inovatif dalam menghasilkan varian menu yang disukai konsumen pencinta mie dan bakso. Pasalnya dengan semakin menjamurnya pelaku usaha mie ayam dan bakso tentu membuat tingkat persaingan menjadi semakin ketat, dan salah satu kunci memenangkan persaingan adalah dengan menghadirkan menu yang baru dan berbeda dari para pesaing.


Tips Sukses Usaha Waralaba Mie Ayam dan Bakso

Tips Sukses Usaha Waralaba Mie Ayam dan Bakso

Untuk itu Pewaralaba harus rajin memantau tren perkembangan kuliner mie ayam dan bakso yang saat ini tengah diminati masyarakat. Trik marketing yang dapat dilakukan untuk menjaring calon Mitra (Terwaralaba) bisa dilakukan dengan aktif mengikuti pameran waralaba maupun beriklan di media cetak yang segmented dan tersebar secara nasional. Dengan demikian lebih tepat sasaran dan menjangkau berbagai daerah. Pasalanya waralaba ini bukan hanya berkembang di kota-kota besar saja, kini waralaba mie ayam dan bakso cukup banyak muncul di berbagai daerah.

Sementara itu, sebagai Pewaralaba (pemilik merek) juga harus gencar memberikan support marketing bagi Terwaralaba seperti membagikan brosur untuk disebarkan di setiap gerai Terwaralaba, mencantumkan alamat gerai Terwaralaba baik di brosur, website maupun saat beriklan di media cetak. Nah agar waralaba mie ayam dan bakso lebih menarik bagi Mitra, Pewaralaba harus memiliki legalitas usaha yang lengkap sehingga Terwaralaba lebih aman dalam menjalani usaha, bahkan jika perlu Pewaralaba yang mengurusi perizinan di lokasi usaha calon Terwaralaba, membantunya hingga usaha dibuka. Jika Terawaralaba puas dengan support yang diberikan Pewaralaba, biasanya Terwaralaba akan bercerita pada orang banyak.