Tips Sukses Menjalankan Bisnis Catering Pernikahan

Bisnis catering merupakan salah satu aspek bisnis dunia kuliner, yang menginovasikan paket makanan baik untuk event maupun untuk keperluan pribadi seseorang. Memngingat bidang kuliner selalu menghasilkan peluang besar untuk mendapatkan keuntungan yang melimpah, maka berbagai inovasi kreatif mulai dikembangkan. Salah satunya yang paling populer yaitu bidang catering, karena nilai kepraktisan saat ini menjadi sangat penting bagi berbagai kalangan. Sehingga untuk mendapatkan keuntungan praktis ini beberapa individu memilih menggunakan jasa catering untuk memenuhi kebutuhan akan makanan baik keseharian ataupun moment tertentu. Ini merupakan hubungan timbal balik yang cukup menguntungkan, karena ini juga memberi keuntungan pada penyedia jasa catering.

Menjadi salah satu yang menggeluti dunia kuliner, memang merupakan hal menyenangkan selain pada sisi bisnis juga mencakup sisi kepuasan dalam pemenuhan gizi. Terkadang kemunculan jenis kuliner merupakan wujud dari suatu selera. Maka para usahawan yang berkaitan dengan kuliner sering kali harus berkreasi berdasarkan selera dari konsumennya. Selain itu untuk bisnis catering juga memerlukan suatu pemahaman berdasarkan pesanan konsumen. Mengingat catering biasa diperuntukkan untuk event tertentu dan tentunya juga dalam jumlah yang besar. Maka dari itu menekuni bisnis satu ini membentuk pribadi yang kuat dan pantang menyerah. Siapapun dapat menjalankan bisnis ini, tidak selalu yang ahli masak. Karena untuk sejenis catering akan melibatkan lebih banyak orang dengan tugas pekerjaan dibidangnya masing- masing, seperti memasak, mengemas, dan bahkan menghias serta melayani layanan antar.

Tips sukses menjalankan bisnis catering Pernikahan

Tips sukses menjalankan bisnis catering Pernikahan

Kreatifitas catering

Dalam bisnis catering yang sangat penting adalah tentang produk dari catering yang ada. Untuk meningkatkan daya tarik dan daya jual maka penting untuk menjadi lebih kreatif dalam hal menjadi pengusaha catering. Berbagai aspek yang dapat dikreasikan antara lain terkait pemasaran catering, dalam mengenalkan catering harus lebih kreatif karena untuk dapat bersaing dengan lingkungan usaha kuliner. Misalnya dengan menyediakan aneka sampel makanan yang dapat dicoba oleh calon pelanggan namun bukan dikemas dengan konsep sampel melainkan sebagai “welcome food & drink”, ini diharapkan membawa penilaian terhadap menu yang ada secara lebih objektif. Media pemasaran masa kini juga telah memasuki dunia praktis maka lakukanlah segala upaya pemasaran dari yang paling sederhana sampai dengan langkah paling rumit. Tentunya upaya ini semata- mata demi kepuasan pelanggan dan juga keuntungan. Ide kreatif lain yang dapat dikembangkan dalam hal ini diantaranya jenis makanan, dan juga cara penyajian. Dalam cara penyajian catering ada yang berupa kemasan maupun dalam bentuk perasmanan. Kemasan dapat menjadi poin kreatifitas yang dibuat se-menarik mungkin, jika sasarannya anak kecil maka dilengkapi aksen anak- anak, begitu pula dengan tahapan usia lainnya atau berdasarkan jenis acara tertentu.

Sebagai contohnya catering pada pernikahan, event pernikahan adalah yang paling dianggap sensitif sehingga segala aspeknya menjadi pusat perhatian termasuk pada masalah makanan yang disajikan. Biasanya pemesanan catering untuk penikahan dilakukan langsung oleh yang terkait. Namun ada yang menyatukan sekalian dengan wedding organizernya. Maka lingkup usahanya bisa dikembangkan bersamaan denga organizernya. Pada acara semacam ini penanganan bisnis catering biasa dipilih berdasarkan kebutuhan menu. Dengan kreatifitas pemasaran yang dilakukan oleh pihak catering dan juga rekomendasi maka inovasi menunya dapat disesuaikan, yang paling penting dalam manajemen menu mulai dari menu pembuka maka disediakan lebih dulu, jika SDM cateringnya memungkinkan maka menu per sesinya di keluarkan sesuai sesi , namun jika tidak maka seluruh menu disajikan bersamaan di meja- meja yang terpisah. Manajemen waktu, SDM, keragaman menu dan juga porsi disesuaikan dengan permintaan yang punya acara.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *