Tips Seputar Kesehatan Pernafasan

  1. Mengatasi sakit tenggorokan dan mulut

Selain baik bagi metabolism kolesterol, konsumsi buah kesemek juga berkhasiat untuk mengatasi sakit tenggorokan dan mulut. Sakit tenggorokan dan bau mulut dapat diatasi oleh sifat astringent yang dimiliki oleh buah kesemek. Kandungan gizi buah kesemek juga dapat digunakan untuk mengatasi wasir, diare, dan batuk berdahak.

  1. Mengatasi radang tenggorokan

Kumur-kumur merupakan salah satau cara alami meredakan sakit radang tenggorokan. Kumur-kumur yang dimaksud adalah kumur-kumur menggunakan air hangat yang ditambahkan garam meja dan dilakukan selama dua menit dalam beberapa jam sekali.

  1. Mengatasi bronchitis

Sarang semut yang biasa digunakan sebagai ramuan obat asam urat dan rematik oleh masyarakat pedalaman papaua ternyata memiliki khasiat dalam membantu mengatasi penyakit bronchitis. Menurut hasil riset, sarang semut memiliki khasiat yang dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit dan salah satunya yaitu penyakit bronchitis. Sarang semut dapat Anda temukan dalam bentuk jadi di toko-toko kesehatan atau apotik.

  1. Menghilangkan pilek dan flu.

Menurut buku American Dietic Assosiation Complete Food and Nutrion Guide, ada sebuah hal yang sangat mudah yang dapat dilakukan untuk memerangi penyakit pilek dan flu, yaitu dengan membuah potongan atau irisan yang lebih besar pada setiap makanan yang akan dimakan. Perlu diketahui bahwa potongan yang besar dapat mempertahankan banyak vitamin C disbanding dengan potongan yang lebih kecil.

  1. Mengatasi pilek
Tips Seputar Kesehatan Pernafasan

Tips Seputar Kesehatan Pernafasan

Sediakan sebuah balsam yang terbuat dari eucalyptus atau mint. Lalu gosokan balsam tersebut pada bagian dada. Lakukan tiga kali sehari sampai pilek hilang.

  1. Meluruhkan dahak

Apakah Anda salah satu orang yang memiliki gangguan dengan dahak? Jika ya, mungkin Anda perlu asupan terapetik biji pala. Efek terapetik biji pala dipercaya dapat membantu meluruhkan dahak sehingga dahak mudah dikeluarkan, tetapi satu hal penting yang perlu diingat bahwa mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan dapat berbahaya bagi tubuh.

  1. Menangani sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan memang terdengar sepele, tetapi juga dapat membahayakan. Berikut ini tip dalam menangani sakit tenggorokan. Hindarilah asap rokok sebisa mungkin serta berpuasalah berbicara untuk beberapa waktu. Tambahkan asupan cairan agar lender mudah dibersihkan dan minumlah air hangat yang dicampur dengan madu atau lemon. Berkumurlah dengan air garam yang hangat dan makanlah permen pelega tenggorokan bila perlu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *