Tips Seputar Kesehatan Pencernaan

  1. Daun Turi Meredakan Sariawan

Sediakan 10 tangkai daun turi, beberapa cengkih, dan 3 gelas air. Rebus semua bahan hingga masak. Kemudian saring dan diamkan beberapa waktu. Setelah dingin, gunakan hasil saringan tersebut untuk berkumur

  1. Peterseli mengatasi bau nafas

Menurut James A. Duke, Ph. D. menyatakan bahwa gangguan bau nafas dapat diatasi dengan mengonsumsi peterseli dengan cara dikunyah. Peterseli yang segar banyak mengandung pigmen tumbuhan klorofil yang berguna untuk menyegarkan nafas.

  1. Akar papaya mengobati cacingan

Didihkan 100 ml air, lalu masukkan 1 gram bawang putih dan 10 gram akar pepapya kering yang sudah dipotong-potong. Diamkan selama 15 menit lalu disaring. Minumlah air hasil saringan tersebut.

  1. Mengatasi kembung pra menstruasi

Mengatasi rasa kembung pra menstruasi dapat diatasi dengan mudah. Salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi semangka, jeruk, kentang, seledri, dan cantaloupe.

Tips Seputar Kesehatan Pencernaan

Tips Seputar Kesehatan Pencernaan

  1. Menangkal bau mulut

Bila anda memiliki masalah dengan bau mulut. Berikut ini salah satu cara mengatasinya. Siapkan beberapa bunga cengkih atau beberapa daun sirih. Panaskan air lalu masukkan bunga-bunga cengkih tersebut ke dalamnya dan dinginkan. Kemudian gunakan rebusan air tersebut untuk berkumur.

  1. Mencegah perut kembung

Untuk mencegah perut besar karena kembung, beberapa hal yang harus dihindari antara lain minum soda diet dan mengonsumsi sayuran penghasil gas seperti, brokoli, kembang kol, kacang-kacangan, dan kentang. Adapun hal-hal yang disarankan adalah mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat, minum air putih 8 gelas sehari, dan mengonsumsi sayuran non-tepung (seperti wortel, tomat, dan sayuran berdaun hijau).

  1. Menyembuhkan konstipasi secara alami

Bila sakit perut. Anda dapat melakukan relaksasi, yaitu dengan memperhatikan pergerakan perut Anda pada saat menghirup dafas selama 4 hitungan, lalu hembuskan. Lakukan hal tersebut 2 kali sehari. Selain dengan teknik relaksasi, Anda dapat mencoba teknik acupressure, yaitu dengan menekan atau memijat pada titik di bagian luar tungkai, sekitar 3 inci di bawah tempurung lutut selama 5 detik lalu lepaskan 10 detik dan ulangi sebanyak 5 kali. Gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk memijat.

  1. Mengatasi perut kembung

Mengatasi perut kembung dapat dilakukan dengan mudah dan sederhana. Daun Coriandrum sativum atau daun ketumbar diyakini sebagai obat alami mengatasi perut kembung ataupun masalah pencernaan lainnya. Caranya daun ketumbar diiris dan dikeringkan untuk dijadikan teh.

Seduh the ketumbar lalu diminum.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *