Tips Seputar Kesehatan Kepala Anak

  1. Ketombe

Ketombe dapat dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Kepala yang terserang ketombe tampak bersisik atau terdapat keropeng halus yang berwarna kekuning-kekuningan, berminyak, dan terasa gatal. Ketombe disebabkan oleh factor keturunan atau cuaca lembap. Bila anak terserang ketombe, lakukan hal berikut. Olesi kulit kepala anak dengan minyak zaitun hangat dan biarkan selama semalam. Keesokan paginya, sisir rambut anak sebelum keramas. Keramasi anak dengan sampo yang mengandung tea tree oil (jika ada) atau sampo bayi (jika tidak ada). Pijat-pijat kulit kepala anak selama keramas. Keringkan rambut dengan handuk bersih.

  1. Sakit kepala

Bila anak mengeluh sakit kepala, bukan karena terbentur, lakukan hal berikut. Berikan obat parasetamol sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Jika anak lapar, tawarkan makanan ringan seperti biskuit, roti, atau bubur. Biarkan anak istirahat dalam ruangan redup dan sejuk selama beberapa jam. Hubungi dokter bila anak anda belum membaik atau bahkan semakin buruk setelah 4 jam.

  1. Mata kemasukan benda asing
Tips Seputar Kesehatan Kepala Anak

Tips Seputar Kesehatan Kepala Anak

Benda asing yang masuk ke mata sangat berbahaya karena dapat merusak bagian vital mata. Bila mata anak kemasukan benda asing seperti tertancap ujung pensil. Kemasukan butiran logam, dan sebagainya, lakukan hal berikut. Jangan berusaha mengeluarkan benda asing tersebut. Tutup mata yang kemasukan benda asing dengan tutup kasa steril. Rekatkan kasa steril dengan plester atau tutup kasa steril tersebut dengan balutan perban. Lekas bawa anak anda ke rumah sakit

  1. Mata terkena bahan kimia rumah tangga

Mata anak mungkin saja terkena bahan kimia rumah tangga, seperti pemutih pakaian, pelicin pakaian, pembersih lantai, dan lain-lain. Bila mata anak terkena bahan kimia rumah tangga, lakukan hal berikut. Miringkan kepala anak dengan bagian mata yang terkena bahan kimia berada di sebelah bawah. Alirkan air bersih ke matanya terus-menerus. Bila tidak membaik, tutup mata anak dengan kasa steril lalu bawa ke dokter.

  1. Mata kelilipan

Benda kelilipan seperti pasir, debu, ataupun bulu mata sering menjadi penyebab mata kelilipan. Bila mata kemasukan benda kecil, lakukan hal-hal berikut. Bila terlihat, benda kecil dapat diambil dengan ujung kasa steril. Bila benda kecil tidak terlihat dan terdapat di kelopak mata atas, tarik kelopak mata atas sampai menutupi kelopak mata bagian bawah dan tahanlah sejenak untuk mengubah posisi benda kecil. Bila sudah terlihat, lakukan langkah pertama. Bila benda kecil masih berada di balik kelopak mata atas, mintalah anak untuk melihat ke bawah, lalu balikan kelopak mata atas. Bila benda kecil sudah terlihat di balik kelopak mata, lakukan langkah pertama.

  1. Telinga infeksi

Infeksi yang terjadi di telinga dapat mengakibatkan gendang telingan pecah dan keluarnya cairan dari dalam telinga. Biasanya, infeksi terjadi ketika anak sedang menderita flu. Bila anak mengeluh telinganya sakit, lakukan hal berikut. Berikan obat pereda sakit, seperti golongan parasetamol dan ibuprofen. Bila ada kantung kompres, isilah dengan air hangat, lalu tempelkan pada teinga anak. Bila tidak ada kantung kompres, tuanglah air panas ke dalam botol, lapisi botol dengan kain, dan tempelkan botol pada telinga anak. Selanjutnya bawa anak ke dokter untuk mencegah bertambah parahnya infeksi

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *