Tips Seputar Kecantikan Rambut

  1. Mengatasi rambut rontok

Rambut rontok merupakan salah satu penyebab terjadinya kebotakan. Rambut rontok dapat diatasi dengan menghindari asupan vitamin A yang berlebihan, menghindari bleach rambut, member minyak pada kulit kepala, dan menggunakan conditioner protein. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan tidur dengan rambut terikat atau bando menempel karena keduanya dapat memicu terjadinya kerontokan.

  1. Menebalkan rambut

Siapkan sebuah tempat kecil untuk mencampurkan 3 tetes minyak rosemary, 2 tetes minyak thyme, 3 tetes lavender, 2 tetes cedarwood, setengah sendok the minyak esensial jojoba, dan 4 sendok the minyak grapeseed. Gunakan minyak cmapuran untuk mengolesi kulit kepala dengan cara dipijatkan selama 2 menit. Lalu bunkus kepala dengna menggunakan handuk panas dan diamkan selama 1 jam. Setelah itu cuci rambut seperti biasa.

  1. Merawat rambut berkerudung
  • Cucilah rambut secara teratur dengan menggunakan air dingin.
  • Pilihlah sampo yang sesuai dengan jenis rambut
  • Jangan lupa gunakan kondisioner pada batang rambut.
  • Gunakan vitamin rambut setiap malam menjelang tidur
  • Pakailah lidah buaya seminggu sekali bila terjadi kerontokan
  • Creambath secara teratur dua minggu sekali
  • Sebelum memakai kerudung usahakan rambut dalam keadaan kering
  1. Merawat rambut agar tetap sehat

Rambut adalah mahkota maka perlu dijaga dan dirawat dengan baik. Salah satu cara merawat rambut adalah dengan memberikan nutrisi yang dibutuhkan rambut. Beberapa nutrisi yang dibutuhkan yaitu kacang-kacangan, wortel, telur, padi-padian utuh, kerang, produk-produk susu rendah lemak, sayuran berdaun hijau tua, salmon, kacang hijau, dan daging unggas.

Tips Seputar Kecantikan Rambut

Tips Seputar Kecantikan Rambut

  1. Mengatasi rambut berminyak

Siapkan air hangat kira-kira seukuran ember sedang. Kemudian tambahkan 3 sendok makan perasan jeruk nipis untuk mencuci rambut. Lakukan hal tersebut secara rutin dan teratur maka Anda tidak hanya bebas dari rambut berminyak, tetapi juga dapat memiliki rambut yang lembut dan berkilau.

  1. Menghilangkan ketombe

Bila kulit kepala berketombe maka sebaiknya Anda melakukan tip berikut ini. Siapkan potongan jeruk nipis, usapkan potongan jeruk nipis tersebut pada rambut setiap kali sebelum keramas dan biarkan kurang lebih 20 menit. Ketombe pun akan hilang.

  1. Membuat rambut berkilau

Haluskan 1 butir telur dan ½ buah alpukat. Kemudian tambahkan dengan 2 sendok minyak gandum dan blenderlah sampai menjadi pasta. Oleskan ramuan tersebut pada seluruh bagian rambut dimulai dari kulit kepala hingga ke batang rambut. Lalu, bungkuslah rambut dengan menggunakan penutup mandi plastic. Setelah kurang lebih 30 menit, bersihkan rambut dengan air hangat, cuci rambut dengan sampo dan bilas sampai bersih.

  1. Menghitamkan rambut

Ambil buah papaya dan pisahkan bijinya dalam sebuah wadah. Kemudian sangria biji papaya tersebut sebentar dan tumbuk hingga halus. Selanjutnya, campurkan hasil tumbukan tersebut dengan minyak kelapa. Oleskan ramuan tersebut pada kulit kepala dan rambut secara merata serta bungkus dengan handuk. Setelah 2 jam, bilas dengan menggunakan air hingga bersih. Lakukan seminggu sekali.

  1. Mencegah uban

Uban tidak hanya melanda para lansia, tetapi terkadang juga melanda remaja atau orang dewasa. Masalah ini kerap kali membuat Anda jadi tidak percaya diri. Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah rambut beruban, yaitu dengna memakai air santan kelapa yang ditambahkan dengan air nanas, dan air jeruk nipis untuk keramas dua kali seminggu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *