Tips Selamatkan Data BlackBerry 10 Anda

Tips Selamatkan Data BlackBerry 10 Anda –  Sejak masuk ke era smartphone, banyak metode konvensional ditinggalkan oleh pengguna. Tidak hanya cara komunikasi yang bergeser dari fungsi dasar SMS ke aplikasi perpesanan instan, tapi banyak juga fungsi lain yang dapat dipenuhi smartphone dalam mengganti metode konvensional, seperti menyimpan catatan dan dokumen kantor, foto, musik dan video.
Namun pengguna smartphone juga memiliki resiko tersendiri, seperti data hilang karena kejadian tidak diinginkan. Entah itu smartphone error atau perangkat yang hilang. Jadi, selalu amankan data di BlackBerry Anda. Sebenarnya akan mudah jika ada mencadangkan data Anda dalam komputer menggunakan BlackBerry Link, namun tidak semua orang memiliki komputer.
Bagaimana caranya agar mengamankan data langsung dari BlackBerry? Berikut solusi untuk mengamankan data Anda.
1. Backup Catatan dengan Evernote
Meski tersedia aplikasi Remember yang bisa digunakan untuk menulis catatan dan merekam, sangat disayangkan jika tidak dibekali dengan kemampuan cloud backup. Evernote sendiri merupakan aplikasi bawaan yang dibekalkan pada BlackBerry 10, jadi Anda tidak perlu menginstal lagi aplikasi ini, kecuali Anda menghapusnya.
Dengan Evernote, Anda bisa membuat catatan dengan nyaman dan lengkap tidak hanya catatan biasa, tapi bisa disertai gambar dan juga rekaman suara.
Keunggulan Evernote adalah Anda bisa mengaksesnya dimana saja karena menggunakan metode cloud backup, bahkan walau Anda berganti smartphone. Jadi saat Anda tidak lagi menggunakan perangkat BlackBerry, Anda tetap bisa mengakses semua catatan di Evernote kapan saja. Hal ini tentu lebih memudahkan dibanding membackup dengan BlackBerry Link.
2. Integrasikan Dokumen ke Cloud
BlackBerry 10 dibekali aplikasi Connect to Dropbox yang memudahkan kita untuk mengintegrasikan File Manager langsung dengan Dropbox. Jika Anda memilki dokumen penting di perangkat BlackBerry 10 Anda, sempatkanlah untuk membackup file yang dianggap penting dan sering digunakan ke Dropbox. Hal ini agar jika suatu saat perangkat Anda hilang, Anda masih bisa mengakses dokumen tersebut kapan saja dan dimana saja.
Anda bisa mengatur untuk otomatis membackup foto dan video ke Dropbox, tapi Anda juga bisa manual memilih file tertentu yang ingin diupload ke Dropbox.
Dokumen di Dropbox bisa langsung diakses dan dikelola dari File Manager. Anda bisa mengirim, mengcopy dan memindahkannya ke perangkat BlackBerry 10 Anda dengan mudah.

Selamatkan Data BlackBerry 10 Anda

Selamatkan Data BlackBerry 10 Anda

Untuk mengakses file foto atau video dari Dropbox, Anda dapat menggunakan aplikasi Carousel. Carousel sendiri adalah aplikasi Android, jadi Anda harus menginstalnya dari toko aplikasi Android yang Anda gunakan di BlackBerry 10 Anda. Saat pertama kali menggunakan Carousel, Anda akan mendapatkan free storage Dropbox sebesar 3 GB khusus untuk file foto atau video. Carousel memudahkan Anda untuk melihat semua foto di Dropbox Anda. Bahkan tersedia Timeline yang secara otomatis mengelompokan foto berdasarkan waktu. Keunggulan lainnya, meski Carouel terintegrasi total dengan Dropbox, untuk melihat foto yang ada di Carouel Anda tidak harus menggunakan koneksi internet.

3. Simpan Kontak di Email
Hal sepele namun banyak terlewat adalah menyimpan kontak di email. Tujuannya adalah agar saat berpindah smartphone, kita memiliki backup contact di email yang kita gunakan. Rata-rata orang menggunakan Gmail, jadi selalu gunakan akun Gmail untuk membackup kontak baru, tidak hanya menggunakan SIM atau Phone Storage.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *