> Tips Merawat dan Mendidik Anak | infoloka.com

Tips Merawat dan Mendidik Anak

  1. Mendidik sejang kandungan

Kapankan Anda mulai mendidik anak-anak? Waktu anak lahir, dapat berbicara, atau sudah sekolah? Menurut penelitian ilmiah, anak-anak dapat dididik sejak dalam kandungan. Waktu di kandungan otak dan indra pendengaran anak sudah mulai berkembang. Emosi dan kejiwaan ibu, rangsangan suara yang mulai terjadi di sekitar ibu, dan makanan yang dikonsumsi ibu akan mempengaruhi perkembangan otak anak di dalam kandungan

  1. Jalin komunikasi

Jadilah pendengar yang efektif agar anak tak menghindar karena menganggap Anda sebagai penceramah. Doronglah anak agar terbuka pada orang tua sebagai teman. Untuk itu, ciptakan waktu khusus dan rutin bersama anak.

  1. Jangan terlalu ikut campur

Sebagai orang tua, Anda tidak perlu ikut campur karena pada dasarna anak membutuhkan kebebasan dan mengemukakan keinginannya. Jika Anda sudah terbiasa mendidik atau mengarahkannya sejak dini, Anda pasti dapat mempercayai segala tindakannya dengan bijaksana.

  1. Ada aturan dan norma

Bila Anda percaya pada anak-anak, mereka dengan sendirinya akan berkembang menjadi orang yang baik dan peduli sesame. Semua itu tergantung dari Anda sendiri untuk membuat standar atau nilai kehidupan. Ajarkan pada anak tentang cara ia berperilaku dan sifat yang harus dimilikinya

  1. Belajar sopan santun.

Jangan pernah lelah menasehati dan mengingatkan anak agar berperilaku santun, semisal selalu berkata, “Tolong, Terima kasih, Maaf.” Terus lakukan hingga kata-kata ini menempel di ingatannya dan secara otomatis akan diucapkan.

Tips Merawat dan Mendidik Anak

Tips Merawat dan Mendidik Anak

  1. Ajarkan disiplin

Terapkan disiplin sedini mungkin pada anak-anak. Disiplin akan menjadikan anak percaya diri dan sukses. Pastikan anak tumbuh di lingkungan dengan aturan yang jelas, konsisten, dan fair.

  1. Berikan pujian

Anak membutuhkan dukungan dan mereka akan senang serta bangga jika Anda mengetahui dan menghargainya. Namun jangan berlebihan memujinya karena justru akan menghancurkannya.

  1. Kegiatan berguna untuk mendidik anak

Anda dapat mengajak anak ikut serta dalam kegiatan sehari-hari seperti kegiatan berikut ini :

  • Membersihkan ruangan rumah
  • Membaca buku-buku bacaan
  • Membaca Koran atau majalah
  • Membaca kitab suci
  • Menulis
  • Membersihkan halaman
  • Mencuci kendaraan
  • Mengajak ke bengkel
  1. Jangan membentak anak

Saat melihat anak melakukan kesalahan atau ketidak patuhan, orang tua memang sering dibuat jengkel. Secara refleks, karena emosi, orang tua sering bermaksud ‘menasehati’, tetapi diucapkan dengan nada tinggi.Efektifkah menasihati anak dengan bentakan? Tentu tidak, karena kalau anak sering dibentak menjadi pribadi yang minder, tertutup, bahkan pemberontak. Anak bisa menjadi temperamental dan meniru kebiasaan orang tuanya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *