Tips Mengembangkan Peluang Usaha di Dunia Kesehatan

Tips Mengembangkan Peluang Usaha di Dunia Kesehatan-Peluang usaha di bidang kesehatan sekarang ini cukup berkembang, dilihat dari banyaknya produsen yang membuka toko produk obat alternatif atau praktek di dunia kesehatan. Namun demikian, jika Anda merasa memiliki kemampuan dan ingin membuka usaha di dunia kesehatan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti:

1i

Jenis usaha yang ingin digeluti

Ketika Anda ingin berbisnis di dunia kesehatan, pastikan terlebih dahulu jenis usaha yang ingin digeluti, misalnya saja ketika Anda lebih memilih membuka usaha terkait obat-obatan herbal dibandingkan pengobatan medis. Pemilihan akan hal tersebut akan memberi perbedaan langkah yang harus ditempuh untuk membuat usaha yang dilakukan makin maju dan berkembang.

Minat pasar

Ketika Anda ingin membuka usaha di bidang kesehatan, perhatikan minat pasar di sekitar tempat tinggal maupun area kerja Anda. Untuk mengkaji minat pasar ini ada beberapa survey yang bisa dilakukan, seperti:

  1. Jenis penyakit apa yang sering diderita oleh orang-orang di sekitar Anda, mulai dari keluarga dekat, teman kantor, maupun kenalan lainnya.
  2. Perkembangan teknologi terbaru yang berhubungan dengan dunia kesehatan untuk mengetahui daya saing produk yang akan Anda pasarkan.
  3. Ada tidaknya efek samping yang dimiliki oleh produk yang akan Anda pasarkan, dimana hal ini akan mempengaruhi ketahanan pemasaran produk maupun inovasi yang harus diberikan agar produk tetap diminati pasar.

Survey area usaha

Ketika Anda ingin menindaklanjuti peluang usaha di bidang kesehatan, baik kesehatan herbal maupun medis, lakukan survey area usaha yang sesuai untuk produk Anda. Terkait hal ini, Anda juga bisa menyesuaikan pemilihan area usaha dengan mempertimbangkan beberapa faktor, seperti:

  1. Jenis produk yang akan Anda jual di pasaran, apakah produk yang bersangkutan berupa obat atau alat kesehatan.
  2. Model usaha yang akan dijalankan. Dalam hal ini, Anda bisa memilih untuk menjadi penjual sekaligus produsen produk, agen produk, maupun distributor langsung.
  3. Bagaimana kemudahan transportasi di area yang bersangkutan. Umumnya hal ini akan berkaitan dengan mudah tidaknya lokasi usaha dilalui kendaraan.
  4. Tingkat keamanan lokasi atau area usaha yang disurvey. Makin aman lokasi yang dimanfaatkan untuk usaha, makin nyaman pula perencanaan yang dilakukan untuk usaha.

Survey harga promo

Ketika produk yang hendak Anda jual memiliki kompetitor produk hampir serupa, lakukan survey harga yang bisa digunakan untuk harga promo dan tambahkan fasilitas yang tidak digunakan oleh kompetitor, misalnya saja fasilitas pesan antar atau lainnya. Survey harga yang dilakukan dapat pula membantu Anda untuk menentukan pola inovasi marketing yang bisa diterapkan dalam bisnis yang sedang ditekuni.

Manajemen resiko

Ketika Anda ingin membuka usaha di dunia kesehatan, perhatikan manajemen resiko bisnis yang dijalankan. Dalam hal ini, Anda bisa mempertimbangkan beberapa aspek, seperti:

  1. Nilai minimal omzet penjualan produk yang harus didapatkan per hari maupun dalam periode tertentu.
  2. Tingkat persaingan yang dimiliki bersama kompetitor di bidang serupa.
  3. Jumlah modal yang sudah dikeluarkan selama memulai usaha dan perlu dikembalikan dengan tahapan awal berupa kondisi “impas.”
  4. Marketing plan cadangan apabila sistem marketing yang dilakukan sejak awal dimulainya usaha dirasa kurang berhasil.
  5. Sistem transaksi yang diberlakukan kepada konsumen produk dengan tujuan utama menjamin kenyamanan konsumen yang bersangkutan.

Dengan memperhatikan hal-hal diatas, kemungkinan kerugian akibat salah menjalankan usaha setelah melihat peluang usaha yang ada tidak akan terjadi.

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *