Tips Mengatur Anggaran Agar Lebih Hemat

1. Mengatur Anggaran Keuangan
Buatlah anggaran semua kebutuhan pada awal bulan selama sebulan, terutama kebutuhan primer. Catatlah juga kebutuhan sekunder. Hal yang terpenting adalah harus mencatat semuanya, termasuk nominalnya yang hemat tetapi mempengaruhi.

2. Catat pengeluaran
Catatlah semua transaksi yang dilakukan setiap hari. Dengan menggunakan itu, kita bisa membandingkan antara pengeluaran dengan anggaran yang telah dibuat sebelumnya. Kita bisa melihat seberapa besar selisihnya.

Baca Juga : Tips dan Trik sebelum berlibur

3. Evaluasi penggunaan dana
Untuk menstabilkan keuangan buat evaluasi terhadap keuangan kita. Coba lakukan pencatatan bulan ini semua pengeluaran untuk memenuhi seluruh kebutuhannya. Masalahnya, kadang pengelolaan pengeluaran bulanan selalu di atas target yang telah ditentukan. Ini terjadi karena pada saat belanja, kita selalu melakukannya bersama-sama dna selalu mengeluarkan uang lebih untuk acara sarapan yang tidak dianggarka sebelumnya. Pada akhirnya dana ini selalu diambil dari anggaran belanja sehingga uang belanja selalu melebihi target. Untuk itu, mulai saat ini pisahkan pengeluaran yang memang utama dengan pengeluaran yang pengikutnya. Dengan demikian akan diketahui berapa besar pengeluaran riil keluarga setiap bulan

Tips Mengatur Anggaran Agar Lebih Hemat

Tips Mengatur Anggaran Agar Lebih Hemat

4. Buat prioritas pengeluaran
Kerluarkan yang harus dikeluarkan dan tahan untuk yang belum dibutuhkan. Kadangkala kita telah merasa berusaha untuk mengeluarkan hanya yang dibutuhkan dan telah meninggalkan yang diinginkan. Bila ditanya apa kriteria butuh dan ingin? Bagaimana membedakannya? Mungkin tidak semua orang bisa menjawabnya secara pasti. Kebutuhan adalah pengeluaran yang harus dilakukan. Sementara keinginan adalah pengeluaran yang masih bisa ditunda. Jadi dengan definisi sederhana ini kita seharusnya bisa membuat dengan jelas apa saja prioritas dalam pengeluaran keluarga. Coba tanyakan ke diri Anda pada saat mengeluarkan uang.

5. Redam pengeluaran tidak terdeteksi
Salah satu kegagalan dalam keuangan keluarga adalah terjadinya pemborosan. Solusinya, disarankan kepada Anda yang mengalami masalah itu untuk menambahkan satu hal, yaitu menyelamatkan kelebihan dana. Pada setiap awal bulan, setelah menghitung dna membuat anggaran, Anda biasanya membiarkan kelebihan dana mereka di dalam tabungan sebagai dana tak terduga. Cobalah kelebihan dana tersebut dalam bentuk barang produktif, misalnya membeli emas. Apa yang terjadi? Setiap bulan, Anda selalu bisa membeli emasa dan selalu bertambah terus jumlahnya. Sadar atau tidak, kalau kita menyisakan uang untuk sesuatu yang tak terduga maka hal tak terduga itu bisa terjadi. Untuk menghindarinya, pisahkan dulu kelebihan dana Anda di muka agar tidak menjadi pengeluaran tak terduga dan tak terdeteksi

Baca Juga : Tips Mengolah dan Menyimpan Makanan Olahan

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *