Tips Mendapatkan Modal Dengan Mudah


  1. Modal sendiri

Ini adalah cara yang paling aman untuk memulai usaha. Anda tidak perlu permohonan atau proposal apa pun. Sayangnya, modal yang akan didapat terbatas sehingga hanya cocok untuk usaha yang memerlukan modal kurang dari sepuluh juta. Jika Anda berminat, sekarang banyak franchise yang investasi awalnya kurang dari sepuluh juta.

  1. Cari rekanan

Mencari rekanan bisnis merupakan solusi yang paling tepat untuk membuka usaha. Logikanya, semakin banyak rekanan akan semakin kecil pula modal yang harus Anda keluarkan dari kocek sendiri. Namun demikian, akan terjadi kendala psikologis karena kepemilikan usaha pun otomatis berkurang karena harus berbagi dengan orang lain.

Tips Mendapatkan Modal Dengan Mudah

Tips Mendapatkan Modal Dengan Mudah

  1. Pinjaman dari perorangan

Anda bias meminjam dari orang tua, saudara, kerabat, ataupun teman. Meskipun Anda meminjam uang dari orang-orang yang sangat bisa dipercaya, tidak ada salahnya bila dibuat hitam di atas putih. Buat perjanjian yang legal berisi besarnya hutang dan mekanisme pembayaran. Anda tentu tidak mau hubungan yang telah terbina menjadi rusak gara-gara uang bukan?

  1. Pinjaman dari lembaga keuangan non-bank

Bila mendapat pinjaman dari perorangan pun agak sulit, masih ada lembaga keuangan yang bisa diandalkan misalnya, koperasi simpan pinjam atau lembaga pembiayaan yang bisa memberikan pinjaman untuk modal usaha. Persyaratan yang diminta biasanya lebih lunak daripada yang disyaratkan oleh pihak bank. Hanya saja, dana yang akan Anda dapatkan pun tidak sebesar pihak bank dan bunga yang harus Anda bayarkan pun jumlahnya lebih tinggi