Tips Membuka Bisnis Saat Melihat Peluang Usaha di Bidang Kecantikan

Tips Membuka Bisnis Saat Melihat Peluang Usaha di Bidang Kecantikan-Peluang usaha di bidang kecantikan sekarang ini cukup menjanjikan bagi siapapun yang mampu melihat peluangnya dengan baik. Hal ini karena kebutuhan banyak wanita sekarang ini yang ingin tampil lebih percaya diri setelah datang ke tempat perawatan kecantikan. Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan secara matang sebelum benar-benar membuka usaha yang berkaitan dengan dunia kecantikan.

2mui

Cara memulai usaha

Memulai bisnis di bidang kecantikan termasuk usaha yang cukup berat ketika Anda sama sekali tidak memiliki kemampuan manajemen di bidang yang sama. Namun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa menjalankan peluang yang ada di bidang ini dan oleh karennya, akan lebih baik jika Anda memutuskan cara memulai usaha yang Anda anggap paling tepat dan menguntungkan dari segi ekonomi dan bisnis.

  1. Bergabung dengan brand ternama untuk membuka praktek di bidang kecantikan, apabila bisnis yang diinginkan terkait dengan jasa pelayanan, seperti facial, spa, dan lainnya.
  2. Bergabung menjadi dropshipper atau reseller, apabila peluang yang tersedia adalah menjadi seorang agen atau distributor produk kecantikan, seperti produk make up, suplemen kecantikan, maupun produk lainnya.
  3. Membuka usaha sendiri setelah mendapatkan sertifikat dari pelatihan yang berlisensi. Untuk cara ini, Anda bisa membuka lokasi sendiri maupun menjalankannya dengan sistem by call atau pelayanan langsung ke rumah pelanggan.

Akumulasi modal yang dibutuhkan

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah akumulasi modal yang diperlukan untuk membuka usaha dalam bidang bisnis kecantikan. Perhitungan modal ini perlu dipikirkan matang-matang untuk menghindari kemungkinan kerugian yang terjadi selama masa awal usaha. Akumulasi modal ini bisa dihitung dengan memperhatikan beberapa aspek seperti:

  1. Biaya yang diperlukan untuk menyewa lokasi usaha, kecuali ketika bisnis yang dilakukan dimulai di rumah.
  2. Biaya yang terpakai untuk membayar gaji karyawan yang profesional di bidangnya, terutama apabila Anda memilih bisnis di bidang jasa pelayanan kecantikan.
  3. Biaya untuk bergabung dengan nama brand tertentu apabila pola bisnis yang dijalani adalah join system.
  4. Biaya pemeliharaan tempat usaha, mulai dari biaya listrik, telepon, maupun biaya lain yang diperlukan untuk menjaga agar lokasi usaha tetap terlihat menarik dan bersih.
  5. Biaya promosi yang direncanakan untuk meningkatkan omzet penjualan produk maupun jasa di bidang kecantikan
  6. Uang kas darurat yang dipercayakan pada orang tertentu untuk menjalankan operasional area usaha, ketika Anda tidak mampu mengurus bisnis sendirian.

Pemilihan tempat usaha 

Ketika Anda melihat peluang usaha di dunia kecantikan dan lebih memilih membuka tempat khusus untuk mempermudah pemasaran jasa maupun produk, lakukan survey tempat yang sekiranya cukup strategis untuk membuka usaha. Survey tersebut dapat meliputi beberapa hal, diantaranya:

  1. Seberapa banyak pemukiman maupun kantor yang ada di sekitar tempat usaha.
  2. Lokasi usaha setidaknya tidak terlalu dekat dengan lokasi TPA atau tempat yang sekiranya membuat pengunjung kurang merasa nyaman.
  3. Kemudahan akses menuju lokasi usaha, baik untuk kendaraan roda dua maupun empat.
  4. Keamanan lokasi usaha dari ancaman bencana alam, seperti banjir, gempa, atau lainnya.

Fasilitas yang diberikan

Ketika membuka usaha yang berhubungan dengan dunia kecantikan, pastikan terlebih dahulu fasilitas yang akan Anda tawarkan pada pelanggan. Anda bisa melakukan survey pada kompetitor terkait fasilitas yang sudah mereka berikan dan memberikan fasilitas yang lebih unik daripada kompetitor yang bersangkutan.

Sistem transaksi

Ketika Anda melihat peluang usaha yang berhubungan dengan jasa maupun produk kecantikan, konsultasikan juga sistem transaksi yang dapat diterapkan untuk usaha Anda.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *