Stretch Mark Lenyap dengan Minyak Biji Jarak

Memiliki kulit mulus tanpa adanya guratan seperti stretch mark merupakan impian setiap wanita. Terlebih bagi wanita yang telah melahirkan. Stretch mark bisa diatasi dengan penggunaan krim, namun harga krim cukup mahal. Jika budget terbatas, tidak ada salahnya menggunakan bahan alami seperti minyak jarak. Benarkah?

Guratan yang berwarna kemerahan hingga keputihan, memang membuat penampilan kulit menjadi kurang oke. Biasanya timbul pada daerah kulit yang terlihat besar dan banyak lemaknya seperti lengan atas, payudara, perut dan paha. Kondisi tersebut bisa terjadi karena tubuh seseorang berubah dari kurus menjadi gemuk sehingga kulit meregang. Seperti yang dialami oleh wanita-wanita hamil.

Sebenarnya stretch mark dapat dicegah dengan rutin menggunakan krim-krim khusus. Meski krim-krim tersebut banyak dijual di pasaran, tetapi harganya cukup mahal. Mereka yang memiliki budget terbatas, tidak perlu khawatir. Karena untuk menyamarkan stretch mark bisa dengan bahan alami dan minyak biji jarak.

Minyak Biji Jarak. Dijelaskan oleh Dian Gianti Noor, herbalis, pohon jarak sudah sejak dulu dimanfaatkan dan dipercaya sebagai bahan pengobatan tradisional. Hampir semua bagian dari pohon jarak dapat dimanfaatkan, mulai dari akar, getah, daun hingga biji buah. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa tanaman jarak mengandung beberapa senyawa yang diperlukan oleh tubuh untuk mengobati berbagai penyakit.

Minyak biji jarak didapatkan dari biji jarak yang digiling dan diperas. Dalam 3 kg biji jarak dapat dihasilkan 1 liter minyak biji jarak. Kandungan tanaman jarak mulai dari akar, daun, hingga biji dapat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Getah tanaman jarak, mengandung flavonoid dan saponin serta kandungan jatrophie yang bersifat antijamur.

Daun jarak mengandung senyawa kaemfesterol, sitisterol, stigmasterol, amirin dan teraksrol. Sedangkan biji jarak, mengandung B-glukanase yang memiliki aktivitas antifungsi, toksabulmin dan curcin. Kandungan kimia ini juga bermanfaat sebagai anti kanker. Sedangkan ampas dari biji jarak yang sudah diperas minyaknya mengandung nitrogen, fosfat dan kalium dan kulit batang jarak mengandung tanin, malam, resin dari saponin.

Minyak biji jarak berfungsi untuk menghentikan pendarahan atau luka, gatal, jamur atau koreng dan sebagainya, karena kandungan antibakteri-nya. Minyak biji jarak juga dapat menyamarkan stretch mark pada kulit. Cara pemakaiannya dengan menuangkan minyak biji jarak pada sendok loham, kemudian dihangatkan di atas api lilin dan dioleskan pada bagian yang dikehendaki.

Sebaiknya minyak biji jarak dicampur dengan minyak zaitun untuk menjaga kelenturan kulit. Digunakan secara rutin 2-3 hari sekali. Hasil yang didapat tergantung dari jenis kulit seseorang. Karena jenis kulit berbeda-beda, maka hasil yang dirasakan juga berbeda-beda. Ada yang mendapatkan hasil setelah pemakaian 1-3 bulan. Sementara untuk mengobati luka atau gatal, minyak biji jarak dapat digunakan setiap hari hingga luka sembuh.

Menggunakan minyak biji jarak bukan tanpa efek samping. Pada orang-orang tertentu bisa timbul reaksi kemerahan atau alergi setelah menggunakan minyak biji jarak. Jika dalam pemakaian minyak biji jarak tersebut terjadi reaksi kemerahan atau alergi, sebaiknya dihentikan dahulu. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah minyak biji jarak sebaiknya tidak sampai tertelan karena memiliki kandungan racun. Oleh karena itu, setelah pemakaian minyak biji jarak sebaiknya seseorang mencuci tangan hingga benar-benar bersih dan sebaiknya minyak biji jarak jauh dari jangkauan anak-anak.

Selain menggunakan minyak biji jarak, stretch mark dapat dicegah dengan menghindari peregangan kulit dan defisit kolagen. Ketika hamil, sebaiknya menggunakan stagen untuk mendukung beban rahim. Selain itu, sebaiknya seseorang tidak mengalami kenaikan berat badan yang drastis. Untuk menurunkan berat badan juga sebaiknya secara bertahap. Hindari perubahan berat badan yang drastis dan pertumbuhan otot yang berlebihan. Di samping itu, sebaiknya tidak menggunakan obat-obatan kulit seperti kortikosteroid dalam jangka waktu lama.

Stretch Mark. Stretch Mark merupakan guratan kulit berpola memanjang yang tidak beraturan. Garis-garis yang membentuk tersebut sangat bervariasi panjangnya, mulai dari beberapa milimeter hingga belasan centimeter. Seperti yang telah diketahui, bahwa kulit memiliki tiga lapisan utama, yaitu:

Epidermis, yaitu lapisan luar kulit yang melindungi bagian dalam tubuh dan terdiri dari lapisan sel datar.

Dermis, yaitu lapisan pendukung kuat di tengah yang memberikan kekencangan dan fleksibilitas kulit.

Subkutis atau hipodermis, yaitu lapisan dalam kulit yang terdiri dari jaringan lemak dan ikat.

Stretch Mark akan terjadi ketika lapisan dermis teregang melebihi daya fleksibilitasnya dalam waktu singkat. Akibatnya dermis akan pecah sehingga membentuk stretcj mark. Stretch mark sebenarnya hanya kerutan kulit dan hanya lapisan dermis yang berpengaruh, sedangkan lapisan epidermis di atasnya tetap utuh.

Stretch mark dapat timbul di mana saja pada bagian tubuh, tetapi yang paling sering adalah di tempat-tempat lemak banyak tersimpan atau bagian kulit yang sering teregang. Tempat yang paling umum adalah pada bagian perut, terutama bagian yang dekat dengan pusar, payudara, lengan pada bagian atas bawah, punggung, paha dan pinggul. Hal tersebut yang membuat wanita akan tampak minder, karena dapat mengganggu penampilan.

Penyebab utama timbulnya stretch mark adalah pembesaran tubuh yang menyebabkan kulit menjadi meregang. Selain itu, hormon-hormon tertentu juga sangat berperan dalam pembentukkan stretch mark. Itu sebabnya hal ini sering terjadi pada wanita setelah melahirkan. Beberapa penyebab umum timbulnya stretch mark yang sering terjadi antara lain.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *