Shell Eco Marathon Asia 2015, INDONESIA KIRIM 23 TIM


Kali ini, Shell Eco Marathon 2015 akan dihelat di Manila, Filipina (26/2-1/3). Sudah menjadi tradisi, kalau tim-tim universitas dari Indonesia mampu membawa pulang piala kejuaraan.

Perhelatan di Manila, Filipina ini masuk tahun ke-2, setelah selama 4 tahun berturut-turut sebelumnya diselenggarakan di Sepang, Malaysia. Perbedaan utama terletak pada lokasi lomba, saat di Sepang menggunakan sirkuit permanen, sementara di Manila menggunakan trek jalan raya.

“Tahun ini kita menjadi negara kedua penyumbang peserta terbanyak. Dari semua peserta ada 9 universitas yang merupakan peserta baru,”sebut Anita Setyorini, Social Investment Advisor PT Shell Indonesia. Tim yang berlaga di tahun ini sebanyak 23 dan berasal dari 18 universitas dan 10 kota serta kabupaten di Indonesia.

Meski berkategori Asia, namun tim universitas dari Indonesia tidak hanya bertanding sesama peseta Asia, ada jugadari Timur Tengah dan Asia Pasifik. Jelas tantangannya menjadi lebih berat dibanding sebelumnya.


Sebenarnya, kompetisi ini bukan hanya pada hari H saja, tapi sudah diawali sejak juli 2014. Yakni waktu yang diberikan oleh tim dari Shell global untuk menilai rancangan-rancangan yang dikirim.

Setelah dinyatakan lolos, para peserta Indonesia kembali mengikuti ‘kompetisi’ lokal.”Kita buat untuk melatih mental dan kesiapan mereka. Supaya ketika sudah di Manila semua siap mental,”tambah Rini, panggilannya. Sebagai pemenangnya dari Mesin Polnep Diesel Team, Politeknik Negeri Pontianak dan diganjar Rp. 50 juta oleh Shell Indonesia.

Kejutan apa yang akan diberikan oleh tim-tim asal Indonesia? Kita tunggu saja….