Rahasia Kenapa Bisnis Konveksi yang Menguntungkan


Rahasia Kenapa Bisnis Konveksi yang Menguntungkan-Bisnis konveksi memang menjadi lahan yang menjanjikan karena keuntungannya juga bisa membuat Anda tidak menyesal memilih untuk menekuni bisnis yang tidak jauh dari fashion ini. Tentunya, ketika tertarik dengan bisnis yang satu ini, Anda mesti mengetahui secara detail seluk beluk bisnis konveksi yang menguntungkan ini. Anda pun harus memperhatikan berbagai dampak dari usaha yang akan dijalani dalam bentuk bisnis konveksi ini.

30 januari 22

 

Dampak apa saja yang sebaiknya Anda perhatikan sejak awal? Dampak terhadap lingkungan sangat besar dari bidang bisnis konveksi. Limbah hasil dari pengolahan baju tentunya harus dipertimbangkan sejak awal sehingga bisnis yang Anda jalani tidak mengotori lingkungan.

Memiliki bisnis konveksi di rumah memang bisa dibilang merupakan langkah awal dari mendirikan pabrik konveksi. Anda dapat memulainya dari rumah dengan menjahit sendiri pakaian yang akan diproduksi. Jika diperlukan menambah pegawai untuk menjahit pakaian yang akan Anda produksi. Sebaiknya jenis pakaian yang diproduksi sebagai awal berupa jenis pakaian yang umum dipakai, seperti kaos pria, blouse wanita, seragam sekolah, kemeja. Anda dapat membuat desain sederhana namun unik untuk produk kaos.

Langkah selanjutnya adalah dengan bertanya langsung kepada calon konsumen. Calon konsumen bisa di antara teman, keluarga, tetangga, atau saudara jauh. Anda dapat melakukan survei kecil-kecilan kepada mereka mengenai jenis pakaian apa yang saat ini sedang mereka sukai. Hasil survei tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu patokan desain untuk produk itu nantinya.


Dalam hal desain, Anda dituntut untuk berkreasi dengan baik. Jika baru memulai usaha ini, namun modal terbatas Anda dapat melakukan border atau sablon sebagai alternative hiasan border untuk pakaian yang akan diproduksi. Pakaian dengan hiasan seperti itu akan tampak mahal dan mewah, padahal prosesnya tidak serumit yang dibayangkan.

Hal terpenting yang dibutuhkan adalah alat khusus untuk border tersebut. Pakaian dengan hiasan border akan menarik minat konsumen dan produk itu akan sering dilirik. Jika kesulitan dalam hal border dan teknisnya, Anda dapat mempelajari mesin border dasar, yang kelak dapat dikembangkan menjadi border yang semakin bervariasi. Salah satu desain menarik yang sering diminati adalah border bunga dan abstrak. Motif tersebut cenderung sederhana dan mudah. Pakaian yang menggunakan motif tersebut sesuai dalam kondisi apa pun. Luangkanlah waktu untuk mempelajari berbagai motif dan teknik border melalui Internet atau buku khusus mengenai border.

Dalam bisnis konveksi, tentunya tidak semua produk terjual manis. Anda harus siap ketika mengalami masa barang yang Anda produksi tidak terjual, terutama dalam masa ekonomi sedang melemah. Untuk mengantisipasi hal tersebut, dapat juga mencoba alternatif lain agar produksi tetap berjalan, misalnya dengan menerima proyek memotong dan menjahit dari tempat konveksi yang lebih besar.

Teknik pemasaran atau marketing juga berpengaruh terhadap perkembangan bisnis konveksi Anda. Bagaimana cara melakukan promosi agar bisnis konveksi yang menguntungkan selalu berpihak pada Anda? Jika terbatas pada tenaga karyawan, dapat juga memanfaatkan fasilitas Internet untuk memasarkan bisnis konveksi tersebut.

Berbagai media yang tersedia, seperti Facebook, Twitter, atau Instagram, akan menjadi sarana media yang mendukung pemasaran produk tersebut. Rajin-rajinlah bersosialisasi di dunia maya dengan banyak relasi. Selain menghemat waktu dengan tidak banyak  melakukan perjalanan, Anda pun lebih menghemat uang dan bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis konveksi itu.

Meta desk: Siapa bilang bisnis pakaian itu akan melesu? Jika kita yakin bahwa bisnis konveksi yang menguntungkan, kita pun akan terjun ke dalamnya. Seperti apa rahasianya?