Peluang Usaha Perkebunan dengan Hasil Melimpah


Peluang Usaha Perkebunan dengan Hasil Melimpah-Indonesia mempunyai sumber daya alam dan manusia yang sangat banyak sekali. Banyak sekali jenis peluang usaha yang sangat menjanjikan. Salah satunya yaitu peluang usaha perkebunan yang biasanya banyak memberikan keuntungan. Jenis-jenis usaha perkebunanpun banyak dikerjakan oleh mereka. Apalagi jika peluang usaha tersebut sangat cocok di lakukan dilingkungan yang dapat mendukung usaha itu sendiri. Tak sembarang orang dapat mengolah perkebunan,  ia harus belajar teknik dan trik yang baik untuk menjadikan perkebunannya itu sukses. Penulis akan menjabarkan jenis usaha perkebunan yang dapat dijadikan peluang usaha yang menguntungkan. Tentunya dalam memilih peluang usaha perkebunan kita juga harus memikirkan luas lahan, perkebunan tanah, modal dan semangat yang tinggi.

30ikm50

Kelapa

Kelapa merupakan tanaman perkebunan yang sangat penting dalam pertumbuan ekonomi nasional karena ia merupakan penghasil minyak nabati sebagai komoditas ekspor yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Tanaman kelapa juga merupakan tanaman sosial yang  banyak digandrungi oleh masyarakat Sulawesi, Kalimantan, dll.

 

Kayu Jati


Kayu jati merupakan penghasil industri kertas, furniture, dan usaha perumahan lainnya. Nah, untuk usaha kayu jati ini kita tidak perlu membutuhkan lahan yang luas. Pada lahan 100 m2  kita sudah dapat menanam kayu jati sebanyak 100 bibit jati. Pada usia 4-5 bulan kita suda dapat memanen dan uniknya lagi jika ada pemesanan yang mendesak kita juga bisa langsung memanennya tanpa perlu menunggu usia 4-5 bulan.

 

 

Sawit

Usaha perkebunan sawit membutuhkan lahan yang sangat luas. Budidaya tanaman sawit tak mudah seperti budidaya tanaman karet. Meskipun pada dasarnya usaha ini masa panennya lebih cepat dari usaha budidaya tanaman karet. Namun, tanaman ini lebi rentan terhadap hama penyakit. Tanaman sawit tumbuh di tempat yang basah. Dengan lahan gambut yang mencapai 0-500 meter dari permukaan laut dan 80-90%. Penyinaran mataharinyapun membutuhkan 5-7 jam per hari. Curah hujan yang stabil dapat membuat perkebunan sawit ini menjadi bagus dan memperoleh hasil optimal. Perkiraan cuacanya sekitar 2000-2500 mm per tahun. Dengan kata lain perkebunan ini aman dari kekeringan musim kemarau dan genangan air saat hujan.

Perkebunan Sengon

Tanaman perkebunan ini termasuk tanaman yang tidak membutuhkan modal yang sangat banyak namun menguntungkan. Banyak para petani yang tidak tamat sekolah atau mempunyai pendidikan kurang, berhasil mengelola bisnis ini. Usaha perekebunan sengon sudah banyak dicoba dan selalu membuahkan hasil yang optimal dan menguntungkan bagi para petaninya.

Perkebunan Karet

Pohon karet tumbuh sesuai dengan perawatan yang disesuaikan. Harga bibitnyapun bervariasi tergantung unggul atau tidaknya. Varietas unggul dapat mengasilkan getah 1 liter per pohon selama satu hari. Pohon karet ini dapat menghentikan produksinya saat musim gugur tiba. Dan untuk satu lahanpun dapat ditanam 350-500 bibit karet. Namun getahnya bisa di sadap setelah berumur kurang lebih 6-7 tahun.

Perkebunan Tanaman Kapas

Tanaman kapas dapat digunakan untuk membantu dalam industri tekstil dan biasanya kapas juga digunakan untuk bahan jaring ikan, tenda, pembatas buku, dll. Tahukah Anda, bahwa uang tiongkok pertama kali terbuat dari fiber kapas. Dan begitu juga dengan uang dollar AS. Manfaat lainnya, kapas juga bisa digunakan sebagai produksi jenis pakaian durable. Produksi tanaman kapas banyak dilakukan oleh Australia, Afrika, Amerika, Eropa, dll.

Peluang usaha perkebunan sudah terbukti menguntungkan dan dapat membuat para petani Indonesia makmur. Meski demikian Anda juga harus memikirkan jenis tanaman perekebunan seperti apa yang cocok untuk dijadikan bisnis peluang usaha yang menjanjikan .