Peluang Usaha Parabola di Era TV Kabel

Peluang Usaha Parabola di Era TV Kabel-Peluang usaha parabola kian menjadi primadona masyarakat modern. Antena parabola biasa digunakan masyarakat sebagai alat bantu untuk menonton televisi. Biasanya, parabola digunakan untuk menangkap sinyal televisi nasional yang jangkauannya belum merata, terutama di kawasan pinggiran atau pedesaan. Karena itulah, di masa lalu, parabola identik dengan image masyarakat kelas menengah ke atas.

25t

Akan tetapi, kini penggunaan parabola boleh dibilang hampir merata di seluruh daerah. Masyarakat kian haus akan kebutuhan informasi dan hiburan yang tidak terpenuhi lewat siaran televisi nasional yang sudah ada. Karena itulah, mereka memasang parabola tv kabel yang menawarkan lebih banyak channel, baik dalam maupun luar negeri. Hanya saja, mereka harus membayar biaya ratusan ribu setiap bulannya.

Padahal, tidak selamanya masyarakat membutuhkan tayangan televisi hingga ratusan channel. Sebagian besar dari mereka sebatas menginginkan siaran televisi yang bebas dari gangguan, terutama tampilan gambar yang “bersemut” serta berbayang. Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk membuka usaha.

  1. Kelebihan Parabola Tanpa Biaya Bulanan

Parabola bisa dihadirkan di rumah tanpa membayar atau gratis biaya bulanan. Dengan memilih jenis parabola ini, konsumen cukup membayar biaya peralatan dan pemasangan. Cukup dengan sekali bayar, peralatan menjadi hak milik konsumen. Setelah peralatan terpasang dengan benar, tayangan televisi yang jernih dapat dinikmati.

Meskipun tidak membayar iuran bulanan seperti pada tv kabel, konsumen tetap dapat menikmati channel lebih banyak dibanding tanpa memasang parabola. Sebab, antena parabola yang dipasang mampu menangkap sinyal stasiun televisi nasional yang jangkauannya belum merata di seluruh Indonesia. Jadi, selain memperbaiki kualitas gambar, parabola non tv kabel tetap dapat menampilkan banyak channel.

Secara khusus, ada beberapa stasiun televisi nasional yang menayangkan program-program khusus, misalnya siaran olahraga dan tayangan bernuansa religi. Biasanya, channel tersebut dapat ditangkap oleh parabola biasa tanpa harus berlangganan tv kabel. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena menghemat banyak biaya.

  1. Peralatan yang Dibutuhkan dalam Bisnis Parabola

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda membutuhkan peralatan berupa satu antena parabola. Antena ini bisa berukuran mini atau sedang sesuai kebutuhan. Anda juga membutuhkan digital receiver (penangkap sinyal) dengan kualitas mpeg2 (paling rendah), mpeg4 (sedang), ataupun HD (tinggi). Peralatan lain yang tidak boleh dilupakan adalah remote receiver, kabel RG6, serta LNB Band dan tiangnya.

Dalam pemasangannya, dibutuhkan peralatan penunjang lain, misalnya db test yang berfungsi mengukur kekuatan sinyal. Terkadang, diperlukan pula multitester untuk mengukur tegangan, tahanan, dan kekuatan arus. Hal yang tidak boleh dilupakan adalah solder untuk menyambung setiap kabel ke konektor. Untuk instalasi luar ruangan, semua konektor sebaiknya disolder untuk mengurangi gangguan sinyal akibat sambungan yang tidak kuat.

  1. Trik Mengatasi Gangguan Pemasangan Parabola

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda sebaiknya bukan hanya menyediakan peralatan, tetapi sekaligus melayani pemasangan. Meskipun dapat mempekerjakan karyawan yang ahli, Anda setidaknya perlu memahami hal-hal mendasar mengenai pemasangan parabola. Biasanya, gangguan pada parabola berhubungan dengan sinyal dan lokasi.

Untuk masalah sinyal, Anda tinggal memainkan kemiringan parabola. Selain itu, perlu diatur pula tinggi rendah pemasangan antena secara tepat. Adapun masalah lokasi berhubungan dengan kondisi rumah atau bangunan konsumen. Sebagai contoh, di daerah perkotaan yang lokasinya sempit, tentu ada kesulitan untuk memasang antena parabola secara aman, tetapi menghasilkan gambar terbaik. Begitu pula jika rumah konsumen bertingkat yang cukup menyulitkan untuk mencapai bagian atas. Dalam hal ini, Anda membutuhkan kejelian sekaligus keahlian. Namun bagitu, dengan sedikit keberanian dan keterampilan, Anda dapat meraup keuntungan dengan menjalankan peluang usaha ini.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *