Peluang Usaha Packaging atau Kemasan, Ciptakan Ciri Khas Desain Tersendiri

Bisnis packaging makanan saat ini demikian hidup sesuai dengan perkembangan bisnis makanan. Pakaging membuat makanan yangdijual akan memiliki nilai tambah. Packaging makanan demikian bervariasi. Untuk terus bisa eksis, pebisnis di bidang ini dituntut harus lebih jeli dalam melihat peluang market. Riset harus terus menerus dilakukan agar perkembangan produk packaging dapat bersaing dan diminati oleh konsumen. khususnya oleh pemilik bisnis makanan. Kuncinya adalah bagaimana menciptakan inovasi agar mampu menarik minat pengguna. Berbicara soal packaging, pebisnis harus belajar dari Jepang yang demikian inovatif di bisnis ini.

Bisnis packaging makanan dapat dikatakan sudah pasti punya market yang jelas. Untuk itu pebisnis harus serius untuk menggarap market ini. Beberapa hal yang perlu diperhatikan: membina hubungan baik dengan pebisnis di bidang produksi makanan, menciptakan produk yang inovatif dan kreatif, memerhatikan faktor keamanan bahan packaging yang digunakan harus food grade, dan faktor kecepatan dan ketepatan dalam delivery produk ke pengguna.

Meskipun tujuan utama dari adanya kemasan untuk tempat produk kini bisa menjadi fungsi lain. Yaitu branding dan pendorong utama pembelian produk tersebut tanpa adanya promosi atau mereka yang belum tahu tentang produk tersebut. Desain kemasan unik dan kreatif mendorong calon pembeli untuk membeli produk, packaging desain yang lain daripada lainnya dapat menjadi sumber inspirasi bagi mereka yang menginginkan ide desain packaging. Perlu juga diperhatikan semakin aneh atau semakin beda dengan kemasan lain biasanya akan memengaruhi cost produksi. Jadi pintar-pintarnya kita untuk memilih dan memilih. Bentuknya yang bagus atau desain kemasan produk saja yang bagus atau keduanya.

Mengenai segmen pasar dari usaha ini tergantung jenis produknya yaitu konsumen yang membeli packaging tersebut, bisa mulai dari sebuah brand besar atau ternama bisa pula menyasar ke usaha kecil menengah. Adapun kelebihan usaha pembuatan desain ini memiliki pasar yang luas, manajemen usaha tidak terlalu rumit, sumber ‘bahan baku’ mudah diperoleh dan banyak pilihan. Adapun kelemahannya terletak pada para pelaku lama sering kali ‘terlena’ sehingga lupa melakukan inovasi yang membuat pelanggan beralih ke pelaku usaha lain.

Sebenarnya usaha ini tergolong usaha dengan potensi pasar yang besar, sehingga konsentrasi usaha dapat lebih diarahkan ke inovasi produk. Karena handmade sehingga keunikan dan kreativitas menjadi dua hal yang prioritas. Dan seperti usaha-usaha lain pada umumnya, perlu ketekunan dan usaha yang terus-menerus agar usaha dapat terus berkembang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *