Peluang Usaha Budidaya Buah Naga

Peluang Usaha Budidaya Buah Naga-Buah naga berasal dari benua Amerika dan menyebar ke berbagai penjuru dunia termasuk Asia  seperti Malaysia, Taiwan, Vietnam, Filipina, Taiwan dan Indonesia. Buah naga atau Hylocereus memiliki bunga yang mekar pada malam hari. Budidaya buah naga menjadi salah satu peluang usaha di bidang penanaman karena harga buah naga yang masih relatif mahal, berbuah tidak mengenal musim dan buah naga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Buah naga banyak ditemui dalam ritual adat Cina.

30ikm12

Manfaat buah naga. Buah naga mempunyai berbagai kandungan di antaranya kalori, karbohidrat, protein, serat, fosfor, kalsium, mineral, zat besi, vitamin C, vitamin B1, B3, B12 dan air. Manfaat dari buah naga untuk kesehatan seperti menghasilkan energi dengan kandungan B1, menyembuhkan penyakit kanker, menjaga kesehatan kulit, baik di konsumsi untuk penderita diabetes, kandungan seratnya mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan, menjaga kekuatan tulang, menurunkan kadar kolesterol karena kandungan Vitamin B3, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan jantung dengan berbagai macam kandungan, buah naga mengandung zat antiksidan untuk menangkal radikal bebas, sedikit mengandung lemak jenuh, dan baik untuk dikonsumsi penderita asma.

Buah naga sering di konsumsi dengan cara dimakan langsung atau diolah menjadi jus buah, keripik, sup salad, agar-agar dan manisan. Peluang usaha budidaya buah naga dilakukan dengan cara penyemaian biji dan steak. Membudidayakan buah naga terbilang susah-susah gampang. Buah naga bisa tumbuh  dengan baik di tanah yang mengandung banyak unsur hara, cukup sinar matahari dan tanah berpasir dengan menggunakan media yang tepat buah naga akan mulai berbuah saat berumur 11 sampai 17 bulan. Buah naga bisa ditanam pada ketinggian dan kondisi tanah apapun namun sangat rakus akan unsur hara.

 

Cara menaman buah naga agar banyak buahnya. Untuk menanam buah naga tidak diperlukan teknik yang khusus. Anda hanya perlu persiapan lahan (membersihkan lahan dan pemupukan dasar lahan), tiang penyangga  dan memilih bibit (bibit yang bagus mempunyai ciri-ciri seperti buahnya tidak berlubang dan tidak mudah terserang penyakit). Peluang usaha buah naga menjadi salah satu usaha yang bisa anda lakukan di waktu luang. Permasalahan yang sering kali dialami oleh petani buah naga yaitu: buah naga lama berbuah, tunas dan batang pertumbuhannya lambat dan pohon buah naga berbunga namun tidak berhasil berbuah. Proses penanaman yang cepat menghasilkan dengan menggunakan cara vegetatif atau steak batang. Penanaman buah naga biasa dilakukan ditanah yang terbuka dengan banyak sinar matahari langsung dan mempunyai tanah yang banyak terdapat unsur haranya,

Analisis peluang usaha naga. Harga buah naga di pasaran bisa mencapai 28.000 per kilonya sedangkan berat per buahnya mencapai rata-rata 350 sampai 600 gram. Satu kilonya hanya berisikan 2-4 buah. Analisis pembudidayaan buah naga seperti luas lahan diperkirakan sekitar 1.600 meter persegi untuk menanam buah naga 1000 pohon atau jika anda tidak mempunyai banyak lahan anda bisa menanam dengan jumlah yang sedikit terlebih dahulu, untuk menghemat biaya anda bisa melakukan teknik menanam satu tiang panjat  yang berarti satu tiang penyangga untuk empat pohon buah naga. Biaya untuk membeli keperluan pemupukan seperti pupuk organik, pupuk NPK 3, dan pestisida.

Setiap tahunnya budidaya buah naga memerlukan biaya yang makin sedikit dan menghasilkan keuntungan lebih banyak. Peluang usaha budidaya buah naga bisa dilakukan untuk jangka waktu yang panjang.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *