> Peluang Usaha Bibit Nangka Mini Tabulampot | infoloka.com

Peluang Usaha Bibit Nangka Mini Tabulampot

Peluang Usaha Bibit Nangka Mini Tabulampot – Buah Nangka tentu sudah tak asing di Indonesia.sebagai buat tropis, tanaman asli india ini sangat populer di Indonesia. Seperti buah lain, Nangka mini (artocarpus Heterophyllus). Adalah surahman, salah satu pembibit nangka mini dengan nama usaha tani barokah. Tani barokah ini merupakan usaha keluarga. Awalnya bapak saya yang rintis dari nol sekitar tahun 1986 lalu. Dua tahun setelah bapak saya meninggal, usaha ini pun dipercayakan kepada saya. Dari awal memang Toni barokah sudah fokus ke pembibitan buah, khususnya buah-buahan lokal, tutur pria yang akrab disapa Rahman ini.

Awal usaha, saat itu orang tua Rahman menjadi suplier bibit. “waktu itu bapak hanya berjuang bibit, belum membibitkan sendiri.Namun bapak belajar membibitkan dan menjualnya sendiri,kisah Rahman. Usaha orang tuanya ini bisa berkembang lantaran modal kepercayaan yg tinggi.” kalau berbicara modal dari ceritabapak saya, modal usaha ini hanya kepercayaan.Dia ambil bibit dari orang lain lalu dijual.modal awal nol,tapi mungkin investasi tambahan sekitar Rp 5 jutaan, ujarnya.

Lahan pembibitan awal merupakan lahan sewa seluas sekitar 3.500 m persegi.Seiring waktu, lahan pembibitan pun bekembang, dan kini Rahma memiliki lahan pembibitan tanaman buah seluas 10 ribu m persegi (1 Ha) yang berlokasi di majalengka, Jawa Barat. “kami juga memiliki beberapa mitra petani pembibit dan menyewa lahan lain. Semuanya masih di majalengka,”ujarnya.

Tanaman buah Nangka Mini menurut Rahman baru dibudidayakan 6 tahun lalu. Saat itu orangtuanya mendapat Nangka Mini dari temannya yang juga merupakan petani bibit tanaman buah Majalengka. Kini Rahman memiliki bibit Nangka Mini sekitar 10-12 ribu bibit.

Kelahiran Majalengka, 16 mei 1982 ini menuturkan bahwa prospek usaha pembibitan buah cukup bagus dan bisa menjadi investasi. Dan,menyikapi maraknya pelaku usaha sejenis yang muncul, Rahman tak begitu khawatir. Ia justru saling membantu dan bekerja sama dalam memenuhi permintaan dengan pelaku lain.

Keunggulan. Sesuai namanya, berat buah Nangka Mini hanya berkisar 5-7,5 kg per buah. Sedangkan Nangka biasa bisa mencapai 15kg.

Namun dari segi rasa, Nangka Mini lebih manis dari nangka biasa. Serat buahnya juga lebih sedikit dari nangka umumnya. kelebihan nangka mini dibandingkan nangka biasa adalah area tanamnya tak harus luas. Selain di tanah, tanaman ini bisa ditanam di dalam pot berukuran besar (tabulampot).”memang dari sisi fisik cenderung kecil,tapi bagus ditanam dirumah yang tidak mempunyai lahan kosong, seperti didaerah perkotaan, tidak terlalu memakan tempat, tinggi pohinya hanya 2-5 meter.

Nangka Mini muda dapat disayur (dijadikan gudeg), daun nangka mini bisa digunakan untuk pakan ternak,batang yang telah tua baik sekali untuk bahan bangunan. Buah Nangka Mini yang telah matang dapat dibuat dodol dan kripik Nangka. Nangka mini juga baik untuk konservasi lahan miring (curam), tetapi kurang baik untuk pelindung/peneduh jalan karna daun mudah gugur.

perbanyakan. selain dari biji, bibit Nangka Mini cukup sulit karena karakter batangnya kecil, namun cara ini dikatakan rahman cukup efektif.Menurutnya, kedua teknik pengembangbiakan itu sama-sama membutuhkan waktu kurang lebih 3 bulan hingga menghasilkan benih berukuran 10-15 cm. Namun, biji rentan terkontaminasi sehingga tingkat kegagalannya 40%-50%. Sementara dengan okulasi keberhasilan hampir 90-100%.peluang usaha nangka mini tabulapot

Menurut Rahman, cara perbanyak nangka mini dengan okulasi memerlukan ketrampilan dan pengalaman khusus agar peresentase kegagalan rendah.”Dalam perbanyak nangka mini ini memang perlu keahlian khusus. bisa dikatakan tidak semua orang bisa perbanyak bibit ini, karena nangka tergolong yang memiliki getah sangat banyak. Saya sendiri mempercayai hal itu ke orang yang sudah trampil, jadi kalau kita perbanyak bibit minimal 10 : 1 Dari bibit 10 bibit yang diperbanyak 1 yang gagal,”keuntungan cara perbanyakan okulasi ini antara lain cepat berbuah dan difat induknya bisa diturunkan.

Perbanyakan bibit tanaman dengan okulasi pada nangka mini dilakukan dengan cara menempelkan dua mata tunas Nangka Mini dilakukan dengan cara menempelkan dua mata tunas nangka mini kebatang Nangka lokal biasa , lalu diikat sehingga pada batang yang akan ditempelkan mata tunas Nangka Mini akan muncul tunas baru.Batang Nangka yang ditempeli mata tunas harus memiliki akar dan batang yang kuat, sementara tunas nangka yang ditempelkan harus diambil dari induknya yang berkualitas tinggi, biasanya berumur lebih dari 5 tahun dan pohonnya sudah sering berbuah. “Perawatan bibit dilakukan dengan penyiraman 1-2 hari sekali tergantung cuaca. agar bibit lebih banyak memiliki tunas baru, maka lakukan pemangkasan dua bulan sekali dengan cara memotong bagian ujung cabang agar didapat ranting baru.

Harga. rachman menjual berbagai ukuran bibit Nangka Mini, dari ukuran terkecil bibit sehingga 30 cm hingga 70 cm. Bibit usaha minimal 4 bulan itu dihargai Rp 6-15 ribu per batang. Ia juga menjual pohon Nangka Mini yang sudah berbuah berukuran 2,5 m hingga 3 m dengan harga sekitar Rp 60 ribu per pohon. “Kita tidak menerapkan minimum order, bisa eceran dan grosir.

Bibit Nangka Mini yang akan dikirim ke konsumen hanya ditumpuk saja tanpa dikemas dalam peti atau kardus khusus.”kita tumpuk saja bibitnya, nggak pakai peti atau lainnya. karena kalau pakai peti malah nantinya berat di ongkos kirim, sementara harga bibitnya tidak seberapa. Jika pengiriman tebilang jarak dekat biasanya kita tumpuk sampai 6 tumpuk, kalau jarak jauh seperti ke luar jawa dibuat 3 tumpuk. Tergantung banyaknya biasanya nggak terlalu tinggi. itu kita lakukan agar bibit tidak stres dalam pengiriman. selama ini alhamdulillah dengan cara packaging seperti itu tidak ada masalah.

Pemasaran. Menutur rahman pengadaan bibit nangka mini dan bibit tanaman buah lain dibantu oleh beberapa kelompok petani mitranya. Pemerintah bibit buah yang dikembangkan rahman ini biasanya datang dari beberapa instansi pemerintah.” kita punya beberapa kelompok tani mitra,biasanya salah satu dari mereka mendapat order atau proyek instansi pemerintah. mereka lalu info kesaya, lalu kita sama-sama penuhi sok bibit yang diminta,”ujarnya. pada pembelian skala besar rahman biasanya akan memberikan diskon hingga setengah harga.

Dalam hal pamasaran bibit, Rahman bantak terbantu oleh promosi dari pelanggan yang membeli bibit dirinya, baik hobiis atau kolektor tanaman buah, penjual bibit, hingga pembudidaya tanaman buah. selain itu rahman mencoba merambah system promosi via internet dengan memasang iklan gratis.”kalau kalau pemasaran via internet itu untuk membuka jaringan baru saja,”tutur rahman.Berkan sistem pemasaran yang dilakukan, pelanggan Rahman tidak hanya dari jabodetabek namun ada yang berasal dari Sumatra,Batam,Surabaya,dll.

Pengiriman bibit ke luar majalengka biasanya ada bebrapa pilihan jasa pengiriman kepada pemesan bibit.” Agar menghemat ongkos krim, mereka bisa menyiapkan armada sendiri untuk ngambil bibitnya ke lokasi kita. Tapi ada juga yang saya antar langsung. Biasanya saya pakai armada sewaan untuk mengantarkan bibit tersebut,”Sistem pembayaran uang DP 50%di awal dan sisanya dibayar saat hendak dikirim.

Jika ada proyek Pemerintah biasanya dalam seminggu Rahman mampu menjual hingga 10 bibit Nangka Mini. Saat ini ia melayani pembeli eceran. Dalam sebulan rata-rata Rahman bisa menjual 1.500 bibit dan pohon Nangka Mini dengan omset sekitar Rp 20-30 juta dan keuntungan bersih 20%. di musim-musim tertentu bisa melonjak lebih tinggi lagi. “Biasanya awal musim hujan permintaan akan naik. kami pernah melayani permintaan 40.000 bibit nangka mini dalam sebulan jika sedang ramai,ujarnya. Bila permintaan sedang ramai, omsetnya bisa mencapai Rp 200 juta sebulan.

kendala.Dalam budidaya Nangka Mini, yang sering menjadi momok bagi Rahman  adalah perubahan cuaca yang tak menentu, terlebih jika musim hujan lebih lama maka bibit sering terkena serangan jamur. Solusi jika bibit terkena jamur biasanya rahman memberikan perlakuan penyemprotan fungisida. “Sekarang cuaca tidak bisa diprediksi, otomatis mempengaruhi proses perbanyakan bibit. lahan kita juga tidak pakai penutup, juka kalau hujan beresiko bibit yang baru diperbanyak bisa gagal.Sayangnya kita belum menemukan solusi untuk itu. karena lahan kita luas jadi tidak memungkinkan pakai penutup diatas,jelas rahman.

Ke depan, demi memenuhi banyaknya permintaan bibit buah,khususnya buah Nangka Mini rahman akan terus mengembangkan dan memperluas penanam bibit tanaman buah termasuk nangka mini baik secara pribadi maupun kerja sama dengan kelompok tani dan petani binaan.”Ya itu pasti, ada rencana pengembangan budidaya dalam arti perluasan pertanaman. Setelah itu pasti produksi bertambah sehingga pemasaran lebih luas lagi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *