> Paket Umroh Dengan Harga Terjangkau Dan Pelayanan Prima | infoloka.com

Paket Umroh Dengan Harga Terjangkau Dan Pelayanan Prima

Paket Umroh Dengan Harga Terjangkau Dan Pelayanan Prima-Meskipun terbilang baru di dunia bisnis tour & travel, namun Muhammad Khoiri optimis dengan perkembangan bisnisnya ini. Terbukti dalam setiap bulan ia mampu memberangkatkan ratusan jamaah Umroh. Tak hanya itu, dengan memiliki Land Arrangement sendiri, ia menjamin kepuasan dalam semua pelayanan paket wisata religi yang ditawarkannya. Seperti apakah usaha yang dijalankannya ini?

15u

Terjun di dunia bisnis tour & travel bukanlah mimpi dari Muhammad Khoiri . Sebelumnya tidak ada sama sekali pikiran untuk menggeluti bisnis tersebut. Dulu saya anak pesantren, dan saat kuliah saya terjun di dunia aktifis. Jadi nggak ada sama sekali pikiran ke bisnis, apalagi bisnis tour & travel, ungkapnya.

Awal bersentuhan dengan bisnis tour & travel, dimulai secara tidak sengaja di tahun 2009, saat ia mengerjakan sebuah proyek tokoh politik ternama Indonesia. Saat itu ia bertemu dengan seorang rekan yang lebih dulu terjun di bidang tour & travel Umroh dan Haji. Merasa tertarik dengan bisnis yang menurutnya mampu mendekatkan diri dengan Allah, ia pun mencoba mencari pengalaman dengan ikut serta dalam bisnis tour & travel tersebut. Setelah memiliki beberapa pengalaman dalam bisnis tersebut, pria yang akrab disapa Ari ini pun mencoba berdiri sendiri dengan membangun bisnis tour & travel Umroh dan Haji di tahun 2013.

Diceritakan Ari, mengawali usaha ini, ia terbilang tanpa modal uang. Hanya bermodal niat dan pengalaman selama bekerja di agen tour & travel sebelumnya. Untuk biaya operasionalnya, saya gunakan uang DP dari calon jamaah, yang saya hitung sebagai keuntungan untuk saya dari modal tersebut, saya gunakan untuk membeli peralatan kantor dan biaya operasionalnya. Sedangkan untuk kantor, Alhamdulillah saya mendapatkan pinjaman ruangan oleh rekan saya, terang lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Pasar Potensial. Menurut Ari, usaha jasa tour & travel yang menyediakan layanan Haji Plus, Umroh Plus serta perjalanan wisata religi ke negara-negara lain memiliki potensi yang sangat besar ke depan. Dengan adanya jasa seperti ini akan lebih memudahkan masyarakat yang ingin menjalankan ibadah Haji, Umroh atau wisata religi dengan mudah tanpa menunggu terlalu lama.

Perjalanan wisata religi juga menjadi pasar yang sangat potensial karena masyarakat Indonesia membutuhkan pengetahuan tentang sejarah-sejarah Islam yang ada di negara-negara lain. Maka dari itu, Ari pun menawarkan paket Umroh dan Haji plus ke beberapa negara-negara Islam, seperti Kairo, Turki, Aqso, Dubai, Kuala Lumpur, Doha, dan Qatar. Saya yakin bila bisnis di bidang tour & travel wisata religi ini sangat potensial, bahkan setiap tahun pun terus bertambah peminatnya, terang Ari.

Paket Ibadah Umroh. Ari sadar, persaingan di bisnis tour & travel Haji dan Umroh saat ini sangat ketat. Bukan hanya di kota-kota besar saja, bahkan di beberapa daerah pun usaha ini kian menjamur. Hal inilah yang membuat perang harga semakin menggila. Untuk masalah harga, saya di tengah-tengah saja, nggak mahal dan nggak murah. Saya ambil untung sedikit, yang penting konsumen puas dan semakin bertambah, terangnya.

Untuk menentukan harganya pun, Ari memerlukan perhitungan yang pas. Menurutnya, jika harga terlalu mahal daripada kompetitor, maka ia tidak akan mendapatkan peminat yang banyak. Namun bila menawarkan harga yang murah, tentunya calon konsumen akan bertanya-tanya mengenai kualitas pelayanan tour & travel-nya.

Oleh karena itu, harga yang ditawarkan NAA Tour & Travel terbilang cukup terjangkau, dan konsumen pun tidak perlu khawatir mengenai pelayanan baik di Makkah maupun Madinah. Untuk pemberangkatan ibadah Umroh per orangan, dikenakan biaya Rp 21.800.000 dengan DP Rp 7.000.000 dan pelunasannya maksimal 4 minggu sebelum keberangkatan. Untuk harga agen yang bekerjasama dengan kita, harga untuk Umroh per orangan yakni Rp 18 juta, tambah Ari.

Sementara untuk Umroh Plus harga yang ditetapkan bervariasi, tergantung tempat yang akan dikunjungi. Misalnya paket Umroh plus Turki $ 2.850 dan Umroh plus Kairo $ 2.350. Namun ada juga paket Umroh plus kunjungan wisata religi dengan harga regular, seperti ke Kuala Lumpur, Qatar, dan Doha. Hal ini dikarenakan kunjungan  wisatanya ditengah-tengah masa transit yang panjang, terangnya. Dari berbagai paket tersebut Umroh Plus Turki dan Mesir paling banyak diminati pasar.

Selain itu juga ada Paket VIP, yakni penempatan jamaah di hotel kelas VIP baik di Makkah maupun di Madinah. Untuk paket ini, biasanya di pungut biaya tambahan $300-$500. Untuk pembayarannya sendiri, sejak Juli 2015 semua perjalanan diharuskan melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan Rupiah, oleh karena itu harga per paket yang ditawarkan NAA Tour & Travel terbilang fluktuatif tergantung nilai Dollar AS.

Memiliki Land Arrangement Sendiri. Ingin memberikan fasilitas yang berkualitas namun harganya bisa dijangkau oleh masyarakat luas, Ari pun membuat Land Arrangement (LA) sendiri. Land Arrangement merupakan fasilitas pengurusan jamaah di Saudi, mulai dari penjemputan di bandara King Abdul Azis Jeddah, pengurusan transportasi selama disana, akomodasi, konsumsi dan lain-lain. Kita semua yang mengurus segala kebutuhan jamaah disana, kita sudah memiliki networking disana. Hal ini bisa mengurangi biaya jamaah, karena semua kebutuhan mereka, kami layani sendiri, terang Ari.

Untuk membuat LA sendiri, Ari melakukan riset selama 2 minggu disana, untuk membuat jaringan yang terpercaya. Di sana saya berkenalan dengan mutowif-mutowif, mencari info tentang penginapan, catering, hingga alat transportasinya. Saya pun sudah memiliki alat transportasi dan penginapan sendiri disana. Saya juga memperkerjakan mutowif sendiri, sehingga bisa langsung dipantau, tambahnya. Untuk mengatur segala kebutuhan disana, ia pun mengirim sang adik dan keluarganya untuk tinggal di Saudi.

Dengan memiliki LA sendiri, tak hanya bisa meminimalisir biaya perjalanan Umroh, tetapi Ari bisa memantau langsung perkembangan jamaahnya disana. Dan bila terjadi komplain jamaah mengenai pelayanan disana, ia pun bisa langsung menghubungi mutowif yang bekerja padanya. Hal inilah yang membuat penanganan masalah para jamaah cepat terselesaikan, sehingga tidak membuat jamaah terkatung-katung.

Strategi Pemasaran. Diakui Ari, dari awal menjalankan usahanya ini, ia tidak menggunakan media pemasaran apapun, seperti penyebaran brosur ataupun pemasaran melalui media sosial. Untuk mensosialisasikan usaha tour & travel miliknya tersebut, ia langsung menyasar agen tour & travel di daerah, yang ia handle sendiri. Bahkan banyak mitra saya yang nanyain mengenai brosur. Itu memang nggak bikin, terang Ari. Meskipun hanya mengandalkan pemasaran yang dilakukan para mitra-nya, tak membuat NAA Tour & Travel sepi peminat, justru menurut Ari setiap bulan konsumen selalu bertambah.

Dalam menjalankan usahanya ini, Ari memiliki kunci sukses untuk menjaga loyalitas para mitra. Salah satunya ia tidak pernah mengambil alih jamaah mitranya untuk diprospek. Mitra-mitra saya sangat percaya dengan kualitas dan pelayanan yang kami berikan. Saya punya pelayanan yang terintegrasi. Pelayanan tidak selalu harus terbaik, tetapi menjaga komunikasi, kita dengarkan keluhan konsumen dan agen, jelasnya.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki NAA Tour & Travel, seperti jaminan kenyamanan dan keamanan bagi jamaah, serta sikap profesionalitas yang diterapkan membuat usaha milik Ari ini tak pernah sepi dari peminat. Terbukti, dalam setiap bulannya, ia mampu memberangkatkan puluhan hingga ratusan jamaah Umroh. Tercatat hingga saat ini Nurrahma Aulia Abadi memiliki lebih 20 Mitra denga jumlah keberangkatan mencapai 2000 jamaah setiap tahunnya dan pemberangkatan paling banyak diminati adalah di bulan Desember.

Meski baru 3 tahun menjalankan usaha ini, namun NAA Tour & Travel tak kalah dengan bisnis serupa lainnya yang lebih lama berdiri. Agar konsumen percaya dengan jasa yang kita tawarkan, saya pun harus mengedepankan profesionalitas, dengan memiliki perizinan usaha yang telah lengkap dan kualitas pelayanan yang memuaskan, terangnya. Bukti jika usaha tour & travel-nya tidak bisa dipandang sebelah mata, NAA Tour  & Travel sudah mendapatkan penghargaan dari beberapa lembaga di tanah air. Salah satunya penghargaan  dari Rekor Indonesia sebagai usaha travel dengan pelayanan terbaik pada 29 Mei 2015.

Ke depannya, Ari ingin merambah bisnisnya ke dunia teknologi, namun masih dalam lingkup tour & travel Umroh dan Haji. Saya ingin membuat aplikasi yang memudahkan banyak masyarakat muslim Indonesia pergi Umroh maupun Haji, tanpa takut ditipu agen-agen nakal, jelasnya. Namun untuk rencana ini, Ari masih merumuskannya terlebih dahulu, agar bisa digunakan dengan optimal.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *