Mengatasi Stroke dengan Buah Mengkudu


Mengatasi Stroke dengan Buah Mengkudu – Mengkudu yang biasa disebut pace ini termasuk jenis-kopi-kopian. Bentuk buahnya tak seksi, bahkan baunya menyengat. Tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 150 m dpl. Tingginya bisa mencapai antara 3-8 m.

Dahan pohon mengkudu kasar dengan batang bengkok-bengkok. Kulit kayunya berwarna cokelat keabu-abuan atau cokelat kekuning-kuningan. Daunnya tebal, besar, berwarna hijau mengkilat dengan bentuk lanset. Bagian tepi rata, ujung daun meruncing. Manguku memiliki bunga bonggol dengan gagang sepanjang 1-4 cm yang tumbuh di ketiak daun. Bunga pace ini berwarna putih dengan bau harum

Baca Juga : Mengatasi Stroke Dengan Buah Labu Siam

Dari kelopak bunga, tumbuh menjadi buah berbentuk lonjong dengan diameter hingga 10 cm. Buahnya merupakan buah majemuk, yang pada waktu maih muda berwarna hijau mengkilap, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam. Permukaan buah seperti bersegi banyak dengan bintik-bintik seperti kutil.


Daging buah tersusun dari buah-buah batu berbentuk piramida, berwarna cokelat kemerahan. Setelah lunak, daging buah mengkudu mengandung air yang aromanya tengik seperti keju busuk. Mengkudu juga punya biji yang banyak dan kecil-kecil yang terdapat di dalam daging buah. Umumnya, tumbuhan mengkudu berkembang biak secara liar di hutan-hutan atau dipelihara orang pinggiran-pinggiran kebun rumah.

Mengatasi Stroke dengan Buah Mengkudu

Mengatasi Stroke dengan Buah Mengkudu

Sebagaimana ditulis dalam salah satu sumber, mengkudu mengandung zat nutrisi. Secara keseluruhan, mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti protein, vitamin, dan mieral tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu, merupakan antioksidan yang hebat. Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam menkudu adalah xeronine, plantserois, alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.

Mengkudu mengandung terpenoid. Zat ini membantu dalam proses sintesis organik dan pemulihan sel-sel tubuh. Mengkudu juga mengandung zat antibakteri yang dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat antibakteri itu juga dapat mengontrol bakteri panthogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo, S. scotmueleri, S.typhi dan Shigella dusenteriae, S. flexnerii, S. pradysenteriae serta Staphylococcus aureus

Lebih dari itu, Mengkudu juga mengandung senyawa scolopetin yang sangat efektif sebagai unsur antiradang dan antialergi. Zat antikanker yang terdapat dalam mengkudu juga sangat ampuh melawan sel-sel abnormal.

Salah satu alkaloid penting yang terdapat di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tapi banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine alias proxenonine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. protein-protein yang tidak aktif, serta mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.

Penyebab utama dari penyakit stroke adalah hipertensi. Di sini, tekanan darah yang tinggi pada otak. Setelah itu, pada gilirannya, jaringan otak akan rusak dan timbul gejala-gejala stroke. Stroke akibat hipertensi termasuk ke dalam stroke hemoragik, atau stroke perdarahan.

Kasus stroke yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi biasanya tekanan darah datang secara tiba-tiba, anjlok (turun) atau meninggi. Dari itu, aliran darah menjadi tidak deras lagi mengalir ke otak dan pembuluh darah koroner. Namun, yang perlu diingat, hipertensi ini hanya salah satu penyebab stroke di antara berbagai penyebab stroke lainnya. Mengkudu mengobati dan mencegah stroke melalui pengobatan terhadap hipertensi penderita, Jadi, di sini, mengkudu tidak mengobati stroke secara langsung, namun melalui penyembuhan terhadap salah satu penyebabnya, hipertensi.

Untuk pengobatan yang disertai hipertensi. Anda dapat melakukannya dengan cara berikut :

  1. Cara Pertama
  2. Ambil buah mengkudu matang (agak lembek dan berair).
  3. Kupas kulitnya untuk menghilangkan bau khas mengkudu
  4. Tusuk-tusuk menggunakan lidi
  5. Rendang dalam air yang diberi sedikit garam selama 1 jam
  6. Setelah itu, angkat dan cuci lalu lumatkan dan diperas dengan kain bersih
  7. Hasil perasan diminum sehari sekali sebanyak 1/3 gelas sebelum tidur
  8. Lakukan hingga tekanan darah normal
  9. Buah mengkudu juga dapat di-blender sebagai obat alternatif stroke
  10. Cara Kedua
  11. Ambil 2 buah mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 sendok makan madu.
  12. Buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu sampai merata dan disaring
  13. Diminum dan diulangi 2 hari sekali
  14. Cara Ketiga
  15. Bahan-bahannya adalah 10 g mengkudu kering, 10 g sambiloto kering, 10 g kumis kucing kering, dan 10 g pegagan kering
  16. Cuci bersih semua bahan tersebut. Rebus dalam 6 gelas air hingga tersisa 4 gelas. Saring dan minum airnya selagi hangat
  17. Minum 3 kali sehari 1 gelas pada pagi, siang dan sore setiap 1 jam sebelum makan
  18. Jika Stroke tanpa Hipertensi 1

Jika stroke Anda tidak disertai hipertensi. Anda dapat melakukan pengobatan sebagai berikut :

  1. Bahan-bahannya adalah 2 buah mengkudu, 1 sendok makan garam, dan 1 l air
  2. Tumbuk mengkudu, lalu direbus dengan 1 l air yang dibubuhi garam biarkan air menjadi ½ l
  3. Minum 3 kali sehari
  4. Jika Stroke tanpa hipertensi 2

Jika Stroke Anda disertai hipertensi. Anda dapat melakukan pengobatan seperti berikut :

  1. Bahan-bahannya adalah 40 g mengkudu, 20 g jahe merah, 2o g daun cermai, dan 4 gelas air.
  2. Cuci semua bahan lalu dirajang. Setelah itu rebus hingga airnya tersisa setengah lalu saring.
  3. Minum 3 kali sehari (pagi, siang, dan sore setelah makan). Sekali minum ½ gelas

Baca Juga : Mengatasi Stroke Dengan Tumbuhan Mahkota Dewa