Kisah Sukses Max Gunawan di Kancah Internasional


Memulai usaha atau bisnis tidak hanya soal modal dan tersusunnya rencana yang sebelumnya di inginkan. Ada modal lain yang harus dilakukan seperti keberanian, kenekatan yang terus terencana. Dalam artikel ini akan kita bahas tentang Max Gunawan seorang pebisnis dari Indonesia yang telah berhasil meluluhkan hati investor di negri paman Sam. Keberaniannya merintis bisnis di pasar masih jarang dilihat oleh banyak orang menjadikan dirinya mendapat sumbangan dana dari pebisnis di Amerika melalui acara reality show yaitu Shark Tank. Lalu bagaimana kisah sukses Max? berikut ulasan lengkapnya.
Max merupakan seorang arsitek yang mempunyai keterbatasan di masa kecil

Masa kecil Max dihabiskan di Jakarta kemudian ia memilih jalan hidupnya untuk memilih jurusan arsitektur sebagai jalan hidupnya. Max merupakan anak tunggal yang mana orangtuanya sibuk, kedua orangtuanya bekerja 10 sejam setiap hari agar bisa menyekolahkan Max, namun karena kesibukannya orangtua sampai tidak tahu tumbuh kembang dirinya waktu kecil. Kemudian suatu hari ayahnya membawakan 1 buah jeruk bali lalu membuat mobil – mobilan yang terbuat dari kulit jeruk, 4 tutup botol sebagai roda, dan tali untuk penariknya. Penonton talk show saat ini tersontak mendengar cerita Max, namun inilah awal ketertarikan mereka pada desain produk buatan Max. Hingga pada akhirnya ia bersekolah di Connecticut, AS mengambil jurusan arsitektur.

Menetap di Amerika Cukup Lama membuat Max sadar bahwa kebanyakan orang menggunakan lebih
banyak dari yang dibutuhkan. Max bercerita bahwa ketika mengantri di gerai kopi, tiba – tiba saja ada seseorang yang meminta stopper agar kopi digelasnya tidak tumpah. Kejadian tersebut menginspirasi Max untuk menciptakan desain produk yang efisien. Namun ide Max yang sempat terfikirkan belum bisa direalisasikan dengan cepat karena ia mendapat tawaran yang menggiurkan dari sebuah korporasi di Amerika Serikat.
Max menciptakan Perubahan

Kisah Sukses Max Gunawan di Kancah Internasional

Kisah Sukses Max Gunawan di Kancah Internasional

Ketika bekerja di sebuah korporasi Max merasa hidupnya sudah tercukupi secara finansial, namun jauh dari rasa tergenapi. Dalam sebuah pertemuan rencana anggaran akhirnya menjadikan Max sadar bahwa ia harus mundur dari pekerjaanya dan menekuni dunia yang selama ini ia gemari. Menjadi hal yang menguntungkan karena gaji yang besar dan hidup yang nyaman, namun hal itu bukan satu – satunya ia inginkan. Ia masih tetap ingin menggeluti dunia yang ia sukai hingga akhirnya ia menciptakan Lumio.


Ide Max Diberi Modal 10 Kali Lipat dari yang Ia Butuhkan
Lumio adalah produk Andalan Max yaitu lampu portable yang diciptakan dengan bentuk menyerupai buku. Lampu tersebut bisa digunakan dimana pun, dan ditempel dimana pun selama diletakkan di atas permukaan dengan bahan dasar metal. Pada tahun 2013 ia mengambil langkah besar untuk menekuni Lumio dengan modal seadanya. Modal yang ia butuhkan awalnya hanya 60 ribu dolar namun berakhir 580 ribu dolar. Lalu akhirnya Max berpindah ke Cina untuk memproduksi Lumio ia juga menunggu proses pembuatan langsung dari pabriknya, agar tidak ada hal yang luput dari pengamatannya.

Shark Tank, reality Show yang memperebutkan ide Max untuk Didanai
Shark tank merupakan reality show yang bertujuan untuk menemukan investor bagi orang yang mempunyai ide untuk startup. Januari lalu Max muncul dengan Lumio yang mendapatkan modal 250 ribu dolar dengan pembagian 8% untuk perusahaannya. Para investor dalam acara tersebut sangat tertarik dan ingin mengeluarkan dana untuk membantu Max. Ketertarikan semakin menjadi – jadi ketika Max mengeluarkan Lumio yang berukuran handy dan bisa dibawa kemanapun. Akhirnya ada investor yang bernama Robert dan menawarkan investasinya sebesar 250 dolar untuk Lumio. Sebenarnya masih ada investor yang lain yang menawarkan namun pilihan Max Jatuh pada Robert, momen tersebut merupakan kejadian langka yang terjadi dalam acara reality show tersebut. Untuk memulai usaha dan bisnis tidak bisa langsung sampai ke puncak namun harus melewati perjuangan yang tidak sedikit seperti yang dilakukan Max Gunawan yang telah membantu Indonesia mengharumkan namanya di negara orang.