Kisah Sukses Bisnis Go Jek


Bisnis Go-Jek, mungkin Anda yang tinggal di kota Jakarta sudah tidak asing lagi mendengar kata ini. Bisnis Go-Jek merupakan salah satu bisnis unik dan kreatif. Seperti ojek pada umumnya, Go-Jek adalah layanan ojek yang memberikan jasa untuk antar jemput. Namun, bisnis ini menjadi sangat terkenal dan menjadi satu-satunya yang mampu melayani antar jemut untuk berbagai kepentingan. Anda bisa meminta Go-Jek untuk membelikan makanan dan mengantarkan makanan tersebut di tempat Anda berada atau Anda dapat meminta Go-Jek untuk mengambilkan file yang tertinggal di rumah Anda dan mengantarkan file tersebut ke kantor Anda. Go-Jek berbeda dengan yang lain karena mampu memberikan jasa antar jemput fleksibel untuk berbagai kepentingan. Bisnis ini layak diacungi jempol karena berhasil menangkap peluang bisnis yang ada.

Bisnis Go-Jek menjadi laris di kota metropolitan karena ojek merupakan alat transportasi strategis yang dapat lebih cepat di tengah kemacetan ibu kota. Selain itu, penduduk kota Jakarta yang memiliki tingkat kesibukan tinggi tentunya akan tidak efisien jika harus bolak-balik keluar masuk kantor untuk beberapa urusan kecil, seperti mengambil file yang ketinggalan di rumah atau makan siang. Hal tersebut dikarenakan mobilitas yang disebabkan karena beberapa kepentingan tersebut akan membuang banyak waktu. Bisnis Go-Jek didirikan oleh seorang pengguna jasa ojek bernama Nadiem. Bisnis ini ia cetuskan karena banyak mendengar cerita dari tukang ojek langganannya yang merasa bahwa ojek ini sepi pengguna. Tukang ojek banyak menghabiskan waktu untuk menunggu pelanggan dan antri giliran dengan tukang ojek yang lain. Ia juga berpikir bahwa ojek belum dapat dikatakan layak dan mampu memberikan kenyamanan untuk dipakai sebagai alat transportasi. Dari situlah dia bersama beberapa temannya yang lain mendirikan Go-Jek pada tahun 2011. Melalui bisnis ini, Nadiem dan kawan-kawan berupaya secara persuasif untuk merangkul banyak tukang ojek agar mau bekerja di bawah usahanya ini.

Kisah Sukses Bisnis Go Jek

Kisah Sukses Bisnis Go Jek

Bisnis Go-Jek yang dikelola Nadiem menerapkan sistem bagi hasil dengan tukang ojek dimana tukang ojek mendapat 80% dari penghasilan dan 20% menjadi milik Go-Jek. Hal tersebut tentu lebih menguntungan bagi tukang ojek daripada sekedar menunggu pelanggan yang belum tentu ada. Untuk meningkatkan kenyamanan ojeknya, Nadiem berinovasi dengan memadukan teknologi GPS dengan ojek-ojeknya. Melalui GPS, pelanggan dapat memantau lokasi ojek dengan smartphone yang dimiliki. Ojek yang beredar pun dilengkapi dengan seragam khusus yang membedakan Go-Jek dengan ojek lain. Tukang ojek yang berada di bawah naungan usahanya pun harus memiliki surat-surat lengkap. Hal tersebut tentunya akan meningkatkan kemanan dan kenyamanan pelanggan. Selain itu, untuk mempermudah pelanggan dalam melakukan pembayaran, Nadiem menerapkan sistem pembayaran credit. Layanan yang diberikan oleh bisnis Go-Jek Nadiem ini tidak hanya sekedar mengantar penumpang saja, akan tetapi juga memberikan layanan antar barang dan layanan belanja. Sungguh inovatif yaa bisnis yang satu ini.

Bisnis Go-Jek menjadi terkenal berkat kepiawaian dari Nadiem mempromosikan ojek-ojeknya. Selain itu, ia juga terus berinovasi untuk meningkatkan variasi layanan ojeknya. Selanjutnya, Nadiem juga terus berupaya meningkatkan kualitas dari ojek serta layanannya. Nadiem terus mengajak tukang ojek yang mau bekerja sama dengan Go-Jek dalam rangka meningkatkan kapasitas layanannya. Itulah kunci kesuksesan dari bisnis ini, ulet, pantang menyerah, tidak ragu untuk berinovasi dan niat untuk membantu orang banyak. Bisnis Go-Jek dapat Anda jadikan inspirasi untuk senantiasa mencari peluang untuk meningkatkan perekonomian yang mandiri.