Kain Perca Sebagai Peluang Usaha yang Menguntungkan

Kain Perca Sebagai Peluang Usaha yang Menguntungkan-Bagi kebanyakan orang kain perca dianggap sebagai barang yang tidak berharga. Kain perca dianggap sebagai limbah yang tidak bisa dipakai lagi dan tidak bisa dijadikan bahan yang bernilai ekonomis. Namun, bagi sebagian orang yang memiliki ide dan tangan-tangan kreatif, kain perca dapat menjadi sebuah peluang usaha diubah menjadi bahan daur ulang yang bisa dijual kembali.

30ikm52

Dalam artikel hari ini akan membahas bagaimana kain perca dapat dimanfaatkan sebagai peluang bisnis Anda. Kain perca dapat digunakan sebagai bahan dasar utama untuk membuat bermacam kerajinan tangan yang bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan.

Membidik pangsa pasar

Kain perca yang awalnya dianggap sebagai limbah, kini tidak lagi dibuang begitu saja. Dengan mendaur ulang kain perca untuk dijadikan aneka kerajinan tangan, Anda harus tahu pangsa pasar Anda terlebih dahulu. Siapa konsumen yang kira-kira tertarik pada kerajinan Anda? Apabila Anda mengubah kain perca menjadi alat-alat rumah tangga seperti sprei, bed cover, keset dan yang lainnya tentu ibu-ibu rumah tangga adalah target konsumen Anda. Namun, apabila kain perca tersebut digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat boneka, tas, kotak pensil atau tempat HP, maka target konsumen Anda adalah kaum remaja dan anak-anak.

 

Persiapan untuk memulai usaha kerajinan kain perca

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan usaha kerajinan kain perca. Hal tersebut antara lain:

  • Pertama, tentukan ide. Lalu desainlah produk Anda sesuai dengan target konsumennya. Desainnya juga harus disesuaikan dengan konsumen yang Anda targetkan. Desainlah produk dengan warna-warna cerah untuk menarik perhatian konsumen remaja dan anak-anak. Sedangkan pilihlah warna-warna yang kalem dan sederhana untuk membidik kaum ibu-ibu rumah tangga.
  • Kedua, asah kemampuan dan pengetahuan Anda terus-menerus. Salah satu caranya adalah dengan mencari model-model baru dari majalah atau internet. Bisa juga dengan membeli dan membaca buku-buku kreasi kerajinan tangan.
  • Ketiga, persiapkan perlengkapan dan peralatan yang Anda butuhkan secara matang. Hal ini akan melancarkan dan mempermudah proses produksi Anda. Persiapkan benang, mesin jahit, gunting, jarum serta peralatan dan perlengkapan lain yang Anda butuhkan.
  • Keempat, jalinlah kerjasama yang baik dengan pemasok kain perca. Dengan mempunyai banyak relasi dengan pemasok, Anda akan dengan mudah mendapatkan kain-kain perca dari tukang jahit di sekitar Anda dan bisa menjadi langganan.

Kelebihan dari usaha kain perca

Meskipun modal yang dibutuhkan untuk berkecimpung di usaha ini terbilang kecil, namun Anda bisa meraup untung yang cukup besar. Jika Anda memiliki relasi dengan tukang jahit yang sudah Anda kenal dengan baik, maka Anda bisa mendapatkan harga yang sangat murah untuk kain perca yang Anda butuhkan. Hal ini akan sangat berpengaruh pada modal Anda dibandingkan membeli kain perca dari pabrik konveksi atau tukang jahit yang lain. Bahkan, apabila ada mengenal salah satu pelaku bisnis konveksi dengan baik, maka Anda bisa mendapatkan kain perca secara cuma-cuma.

Kekurangan dari usaha kain perca

Usaha kain perca sebetulnya tidak begitu memiliki banyak kendala yang berarti. Namun apabila Anda serius untuk menjalankan bisnis ini, maka Anda harus siap bersaing dengan pelaku usaha kain perca yang lain. Hal ini dikarenakan persaingan produk menggunakan kain perca semakin ketat untuk merebut perhatian konsumen. Untuk itu diperlukan kreativitas dan inovasi untuk mendesain hal-hal baru dan janganlah menggunakan kain perca yang kurang menarik. Memanfaatkan kain perca sebagai peluang usaha bukan berarti Anda harus memakai semuanya tanpa disortir terlebih dahulu. Semangat berinovasi!

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *