Jumpsuit Eksklusif untuk Pasar Middle Up


  • 1 Desain untuk 1-2 Lusin

Desain jumpsuit yang stylish dan trendi kian beragam di pasaran. Salah satu yang mengusung fashion item tersebut adalah Denny Nugraha dan Zen Sutawijaya. Dengan desain jumpsuit yang dibuat limited edition mampu menarik minat konsumen. Apalagi desain-desain yang diberikan terbilang sangat up to date, membuat konsumen memiliki banyak pilihan desain. Seperti apa produk yang ditawarkan?

Bisnis fesyen yang tak pernah ada matinya, membuat Denny Nugraha dan Zen Sutawijaya pun tertarik menggeluti usaha di bidang fesyen. Permulaan usaha keduanya dimulai sejak tahun 2009. Awalnya kedua pemuda ini bekerja di perusahaan yang berbeda, Denny sebagai event organizer di salah satu restoran lounge dan Zen bekerja di bagian broadcast salah satu media di Jakarta. Lantaran sering dilibatkan menangani pekerjaan yang sama sebagai EI, serta kesamaan hobi terhadap fesyen membuat mereka ingin menjadi pengusaha.”Kebetulan  kita sama-sama suka fesyen, aku suka membuat desain kemeja dan Zen suka bikin kaos. Waktu itu kita tahu bahwa salah satu outlet untuk fesyen di FX Mall Jakarta Selatan sedang menyiapkan konsep baru, lalu kita coba-coba memasukkan produk di sana,”kenang Denny.

Dengan modal awal sekitar Rp. 10 juta yang berasal dari tabungan, Denny dan Zen membeli bahan baku kain, sedangkan proses produksi diserahkan ke penjahit langganan mereka. Dari modal tersebut juga digunakan untuk mendekor outlet dan keperluan lainnya. Semula proses produksi dipercayakan kepada beberapa tukang jahit di sekitar Jakarta, namun seiring waktu berjalan Denny dan Zen bisa membuat workshop sendiri yang berlokasi di rumah pribadi Zen di bilangan Pondok Cabe, Jakarta Selatan.

Produk. Dari awal usaha, Denny dan Zen memang telah memiliki konsep desain produk yang unik dan eksklusif. Maka tak mengeherankan bila sebagai salah satu produk best seller saat ini, bisana jumpsuit buatan mereka memiliki desan-desain yang sangat menarik. Agar lebih eksklusif lagi, setiap satu desain dibuat tidak banyak, antara 1-2 lusin. Model jumpsuit yang dibuat Denny dan Zen cukup beragam, yakni jumpsuit lengan panjang, jumpsuit  model u can see, hingga jumpsuit kerah sabrina. Untuk bagian bawahnya kebanyakan dibuat panjang, namun modelnya bervariasi, yakni desain bawahan celana hareem, bawahan menggelembung, bawahan tiga perempat hingga desain yang biasa. Untuk warna-warna yang dipilih mereka adalah warna cerah, karena warna tersebut cukup diminati konsumen.


Proses Produksi. Dalam mengaplikasikan idenya Denny dan Zen sangat detil memperhatikan kualitas dari bahan baku yang dipakainya. Mereka tak tanggung-tanggung terjun langsung ke pasar-pasar kain untuk memilih dan membeli kain-kain tersebut. Untuk produk pakaian seperti jumpsuit, Denny lebih banyak menggunakan kain katun jersey seharga Rp. 25-50 ribu/meter baik asal impor dan lokal yang dibelinya di pusat-pusat kain di Jakarta seperti Pasar Tanah Abang dan Pasar Mayestik.

Peralatan seperti 2 mesin jahit, 2 mesin obras dan lainnya dibeli diawal usaha dengan investasi sekitar Rp. 10 juta. Dalam menjalankan usahanya Denny dan Zen dibantu 5orang karyawan di bagian produksi yang memang sengaja dipilih yang sudah berpengalaman di bidang menjahit yang digaji sekitar Rp. 2 jutaan/bulan, sedangkan SPG digaji Rp. 1,5 – 2 juta/bulan. Proses produksi biasanya dilakukan dengan membuat pola desain pada kain, yang kemudian kain dipotong dan dijahit sesuai desainnya. Untuk satu buat jumpsuit biasanya membutuhkan 4-5 meter kain, tergantung desainnya.

Strategi Pemasaran. Di awal merintis usaha, Denny dan Zen berpromosi di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan Wbsite usaha. Mereka juga sering mengikuti pameran-pameran skala kecil di mal-mal. Saat ini ROCKinc sudah memiliki outlet di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan yaitu di FX Mall Lantai 6 di area Mazze. Sewa outlet tersebut diakui Denny dan Zen menggunakan sostem contaiment (sistem bagi hasil/pendapatan) selama 1 tahun dengan pihak Mazze FX Mall yang besarannya sekitar 30-35% tiap tahun.

Menurut Denny dan Zen, semua produk ROCKinc ditujukan untuk pria dan wanita, baik remaja maupun dewasa yang menyasar kelas menengah atas.”Konsep toko kita bisa dibilang conceptor, artinya seluruh anggota keluarga yang datang ke ROCKinc menemukan kebutuhannya sendiri, untuk si ayah bisa lihat kemeja, sang ibu dan anak perempuannya bisa lihat baju wanita, anak kecil bisa lihat mainan, semuanya ada,”terang Denny.

Kini dari usaha ini, mereka bisa meraup mendatangkan omset sekitar Rp. 80 juta per bulan dan untuk penjualan jumpsuit mencapai 30 persen dari total penjualan, atau sekitar Rp. 24 juta. Dari semua produk, mereka mendapatkan keuntungan mencapai 57 persen lebih.

Kendala dalam menjalankan usaha ini tak begitu dirasakan Denny dan Zen. Hanya saja mereka pernah mengalami kesulitan memperoleh bahan baku kain pada saat bulan puasa.