Inilah Macam-Macam Setelan Jas dan Penggunaannya


Jas dan Penggunaannya

Setelan jas dan penggunaannya memang mesti sesuai. Hal ini karena setiap macam setelan jas memiliki peruntukkan penggunaan masing-masing. Jadi tidak bisa sembarang pakai. Maksudnya tidak semua setelan jas cocok untuk menghadiri semua jenis acara. Adapun lebih tepatnya setelan yang digunakan disesuaikan dengan konsep acara yang ingin dihadiri. Jas sendiri merupakan pakaian resmi untuk pria yang biasanya terdiri dari jas dan celana panjang dengan warna senada atau sama. Lalu apa saja macam setelan jas yang perlu diketahui? Berikut diberikan beberapa macam setelah jas dan juga penggunaannya:

  • Single     Breasted

Berdasar jumlah baris kancing yang dipasang pada bagian depan jas, pakaian resmi pria ini dibedakan menjadi sigle breasted dan juga double breasted. Adapun setelan jas jenis single breasted atau kancing     sebaris merupakan pilihan default jas. Maksudnya jenis setelah ini termasuk jenis yang standar. Sehingga setelan jas sigle breasted cocok digunakan pria baik bertubuh pendek atau gemuk untuk menghadiri acara resmi formal. Jenis setelan jas ini pun umumnya menjadi pilihan jas untuk bekerja di kantor.

  • Double Breasted

Inilah Macam-Macam Setelan Jas dan Penggunaannya

Inilah Macam-Macam Setelan Jas dan Penggunaannya

Setelan jas double breasted merupakan setelan jas dengan kancing dua baris. Setelan jas jenis ini sangat cocok untuk pria bertubuh tinggi. Potongan jas dengan kancing dua baris terlihat stylish dan lebih gagah. Namun, tidak cocok untuk tubuh besar ataupun pendek. Terkait jumlah kancing itu sendiri jas berkancing 3 lebih cocok untuk pria bertubuh tinggi. Sementara jas berkancing 1 lebih cocok digunakan bagi Anda yang bekerja di lingkungan kerja yang tidak begitu konservatif. Adanya beberapa faktor pertimbangan inilah mengapa dirasa penting mengetahui apa saja macam setelan jas dan penggunaannya.


  • Single Vent

Berdasar jumlah potongan atau belahan di bagian belakang jas, setelah jas dibedakan menjadi single vent dan double vent. Namun, ada pula setelan jas no vent atau tanpa belahan. Belahan pada bagian belakang jas itu sendiri berfungsi memudahkan gerakan. Setelan jas single vent atau no vent tentunya menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang bertubuh kurus dan tinggi.

  • Double Vent

Macam setelan jas dan penggunaannya berikutnya adalah jas double vent. Pada awalnya setelan jas dengan dua belahan ini dibuat untuk memudahkan mengambil dompet pada saku belakang tanpa perlu melipat jas. Adapun setelan jas yang satu ini sangat cocok untuk pria bertubuh pendek.

  • Tuksedo

Tentu tuksedo sudah tidak asing didengar. Adapun jenis setelan jas resmi untuk kaum pria ini umumnya memiliki buntut pada bagian belakang. Sangat cocok dipadukan dengan kemeja putih berkerah sayap dan juga bow tie atau dasi kupu-kupu. Bila Anda mendapat undangan dengan dress code busana black tie tentu tuksedo hitam menjadi setelan yang cocok.

Itulah beberapa macam setelan jas dan penggunaannya. Setelan jas atau baju resmi untuk kaum adam ini memang hadir dengan beberapa macam pilihan. Setiap model, belahan, jumlah kancing, dan desainnya bisa jadi berbeda. Perbedaan itu pun dihadirkan bukan sekedar untuk menunjang trend fashion, tetapi juga didasarkan pada peruntukkannya. Jadi pastikan Anda tidak salah pilih setelan jas yang akan digunakan untuk menghadiri acara resmi. Setelah diberikan ulasan di atas tentu semakin jelas bahwa setelan jas untuk bekerja atau menghadiri pesta tidaklah sama. Sekian dan semoga memberi ulasan fashion menark yang bermanfaat.