Indonesia Berpotensi Menjadi Pasar Potensial Bisnis Online

Indonesia Berpotensi Menjadi Pasar Potensial Bisnis OnlineBisnis online sering dikaitkan dengan dunia internet marketing. Bisnis online di negara maju sudah tenar sejak tahun 1999 yang lalu. Kemunculan bisnis online semakin pesat berkat munculnya Yahoo dan Google. Sejarah awalnya, tepatnya di tahun 1998 hingga tahun 1999, Lawrence dan Segrey Brin merintis Google. Dalam waktu yang sangat singkat, Google menyita banyak perhatian netizen. Berkat kesuksesan Google, juga melahirkan 30 besar orang terkaya di dunia berkat internet.

4feb6

Cepatnya netizen beredar, muncul penemuan-penemuan baru berbasis social bookmarking. Sosmed pertama kali yang muncul dan banyak penggunanya adalah friendster. Jonathan Abram adalah orang yang memulai sosmed dan mendirikan friendster. Kemudian disusul oleh Mark Zukenberg yang membuat facebook sampai sekarang. Facebook adalah sosmed yang sampai saat ini masih bertahan dan diminati banyak orang.

Berbicara soal sosial media, selain friendster dan facebook semakin banyak bermunculan medsos lain seperti, twitter, instagram, Google Pluss, dan masih banyak lainnya. Banyaknya media sosial inilah yang juga dimanfaatkan oleh pelaku bisnis online untuk memasarkan produk bisnis mereka. Menjadikan media sosial sebagai media untuk mencapai tujuan, dan mendapat keuntungan sebesar-besarnya dengan biaya yang lebih kecil.

Tidak heran jika internet saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok. Selain mendapatkan informasi yang didapatkan, dan sebagai media promosi, secara tidak langsung internet juga dijadikan sebagai media belanja online bagi orang yang memiliki kesibukan padat merayap. Bahkan internet tidak sekedar digunakan untuk berbisnis jual beli barang, melainkan juga dapat digunakan untuk bisnis proses belajar dan kursus secara online.

Bentuk Bisnis Online yang Menjanjikan

Mulai banyak bisnis online menjamur hingga ke mana-mana. Bahkan, banyak bisnis serupa ditawarkan dengan harga yang bersaing. Bahkan kelas bisnis online itu sendiri tidak kelas lokal, melainkan kelas Internasional dengan jumlah pengunjung yang luar biasa banyak setiap harinya.

Indonesia adalah pasar potensial untuk bisnis online. Beberapa negara mulai melirik Indonesia untuk kepentingan dan bisnis mereka. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah pemakai internet di Indonesia sangat besar. Dengan adannya program tidak buta internet yang masuk di beberapa wilayah, akan meningkatkan jumlah melek internet tiga tahun yang akan datang. Perkembangan inilah yang menjadikan Indonesia semakin diperhitungkan.

Internet Marketing di Masa Mendatang

Beberapa tahun yang akan datang, toko-toko tradisional maupun modern  juga akan merambah ke dunia internet. Orang-orang akan berbondong-bondong memasarkan produk mereka lewat jejaring sosial. Segmen pasarnya pun dengan sendirinya tidak sebatas satu kota dan wilayah saja, tetapi sudah menglobal (dunia). Semua informasi yang disebarkan di internet tidak sekedar orang-orang tertentu saja yang tahu. Sehingga, ke depan para pembeli tidak lagi berasal dari satu kota, melainkan dari berbagai kota, bahkan negara.

Bermodalkan promosi lewat jejaring sosial, akan banyak sekali keuntungan yang diperoleh. Secara finansial tentu akan diperoleh keuntungan. Secara non finansial, akan banyak keuntungan lain, seperti pelanggan bertambah, jangkauan pelanggan hingga ke beberapa tempat lain.

Dari sekian banyak bisnis online yang tersebar di dunia maya, ada satu tips yang harus diperhatikan oleh siapa pun pengguna bisnis online. Jangan mudah tergiur dan mudah masuk ke dalamnya. Sebelum bergabung, survei dan pastikan terlebih dahulu, apakah itu bisnis yang bisa dipercaya atau tidak. Karena tidak semua usaha bisnis online baik dan sesuai dengan keinginan. Banyak bisnis yang main-main.

 

meta des; Bisnis online di Indonesia sangat berkembang pesat. Indonesia adalah pasar yang sangat potensial untuk bisnis online. Ini dia ulasannya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *