Ilmu Wirausaha : 4 Teori Cara Membaca & Mendapatkan Peluang Usaha

Ilmu Wirausaha : 4 Teori Cara Membaca & Mendapatkan Peluang Usaha-Cara membaca & mendapatkan peluang usaha bisa Anda dapatkan dari siapa saja dan kapan saja. Akan tetapi peluang bisnis juga bisa didapatkan dari hasil pemikiran kreatif dan inovatif dari setiap orang. Pemikiran tersebut dapat kita peroleh dari pengalaman, proses belajar, tekanan kondisi dan semacamnya. Untuk Anda yang memiliki modal, ide kreatif dan inovatif dapat memadukannya, hal ini dapat menjadi salah satu cara memanfaatkan peluang bisnis yang ada. Perkembangan bisnis yang Anda jalankan juga akan semakin meningkat.

30ikm41

Cara Membaca & Mendapatkan Peluang Usaha

Nah, berikut akan kami bahas beberapa tips membaca dan mendapatkan peluang bisnis. Langkah awal yang harus Anda lakukan tentunya dengan mengetahui berbagai peluang bisnis yang terdapat disekitar Anda. Tips / cara membaca dan mendapatkan peluang usaha tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Menjalankan usaha bukanlah hal yang mudah, Anda perlu melakukan berbagai upaya untuk terus mengembangkannya. Sehingga sebelum Anda lebih jauh menilai sebuah peluang usaha, akan sangat baik jika Anda terlebih dahulu menilai pengetahuan serta keterampilan diri sendiri. Karena selain modal dana, memulai usaha tetaplah membutuhkan ilmu dan keterampilan. Dalam menjalankan sebuah usaha diperlukan soft skill, sehingga Anda dapat melakukan pengaturan atau manajemen yang baik.

 

Contoh sederhana adalah jika Anda memutuskan untuk membuka usaha jual-beli peralatan elektronik, akan tetapi Anda sendiri belum memiliki jiwa marketing yang merupakan salah satu hal penting dalam menjalankan atau memulai usaha ini. Hal inilah yang akan menjadi kendala atau hambatan tersendiri dalam menjalankan sebuah bisnis, meskipun Anda memiliki banyak karyawan sekalipun. Seorang pemilik usaha maupun atasan tetaplah harus dapat memimpin perusahaan serta usaha yang dijalankan secara general, baik dengan melakukan evaluasi serta perbaikan dalam proses menjalankan sebuah perusahaan.

  1. Supaya Anda bisa mendapatkan peluang usaha yang ada dengan baik, maka yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan penilaian terhadap kebutuhan lingkungan yang ada disekitar Anda. Sebagai contoh, jika Anda bertempat tinggal disebuah perumahan maka Anda harus melakukan riset kecil mengenai kebutuhan apa yang sulit didapatkan di lingkungan perumahan. Sebagai contoh jika beberapa orang di lingkungan Anda tersebut sangat kesulitan mencari tempat menadapatkan berbagai kebutuhan dapur.

 

Dengan melihat kondisi tersebut Anda dapat memanfaatkannya sebagai salah satu peluang usaha yang dapat Anda manfaatkan, dengan membuka warung maupun minimarket. Maka dengan itu, Anda sudah bisa mendapatkan peluang bisnis yang ada sekaligus mendapatkan sasaran konsumen dari usaha Anda tersebut.

  1. Bagi Anda seorang pemula bisnis yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan analisa terlebih dahulu mengenai kekurangan serta kelebihan dari pesaing usaha yang sedang Anda jalankan. Kelebihan yang dimiliki kompetitor atau pesaing Anda dapat digunakan sebagai cerminan bagi usaha yang baru saja Anda mulai, sedangkan kelemahan dari pesaing Anda bisa Anda manfaatkan sebagai keuntungan atau kelebihan bagi usaha yang mulai Anda jalankan tersebut.
  2. Setelah melakukan analisa mengenai kelemahan serta kelebihan yang dimiliki pesaing usaha Anda, selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah menganalisa berbagai ancaman yang mungkin terjadi. Hal ini dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan segala hal yang mungkin dapat mengancam usaha yang Anda jalankan. Misalnya jika Anda akan menjalankan usaha menjual berbagai macam jajanan pasar atau snack makanan dengan jumlah produksi yang tinggi, maka ancaman yang mungkin terjadi adalah jika jajanan yang Anda jual tersebut tidak terjual habis dihari tersebut, maka makanan akan mengalami penurunan kualitas. Menilai ancaman yang mungkin terjadi tersebut, maka Anda dapat melakukan pengemasan makanan yang baik atau mengurangi jumlah produksi berdasarkan pengalaman sebelumnya. Peluang usaha bisa didapatkan oleh siapa saja dan kapan saja serta dapat menjadi salah satu jalan menuju kesuksesan, hal ini tentu saja hanya bagi orang yang mampu memanfaatkannya.

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *