Hadirkan Paket Haji, Umroh, Plus Wisata Islami Ke Berbagai Negara!


Hadirkan Paket Haji, Umroh, Plus Wisata Islami Ke Berbagai Negara!- Sebagai negara mayoritas Muslim, Indonesia berpeluang besar bagi pertumbuhan usaha tour & travel yang bersifat islami, seperti haji, umroh, hingga perjalanan wisata ke negara-negara Islam lainnya. Hal ini pun dirasakan Farida Ningsih, yang kemudian membangun bisnis tour & travel religi ini. Dengan pengalamannya sebagai marketing di salah satu perusahaan tour & travel, serta networking yang cukup luas, membuatnya mampu menjaring konsumen middle up. Seperti apa peluangnya?

14u

Bekerja sebagai staff di salah satu perusahaan tour & travel, menjadikan Farida Ningsih paham betul seluk beluk dan peluang yang dihasilkan dari bisnis pariwisata ini. Dengan dukungan dari suami, tahun 2009, ia pun mulai mengembangkan usaha tour & travel dengan fokus pada wisata religi islami, seperti haji dan umroh. Alasan wanita yang akrab disapa Ida yang lebih memilih tour & travel islami, mengingat Indonesia di dominasi oleh masyarakat muslim dan haji umroh merupakan kegiatan wajib bagi umat islam yang sudah mampu. Bahkan tidak jarang, banyak konsumen yang melakukan haji dan umroh lebih dari satu kali.

Beruntung Ida sempat mejadi salah satu staff marketing dari sebuah perusahaan tour & travel, sehingga ia memiliki banyak link dan networking, yang mampu melancarkan usahanya, seperti link maskapai, hotel, catering, dan kebutuhan tour & travel lainnya. Hal ini yang membuat di awal usaha, ia menggelontorkan modal sedikit, yakni hanya sekitar Rp 2 juta.

Melihat perkembangan usaha yang kurang terlalu pesat, Ida kemudian mencari terobosan baru. Usaha tour & travel haji umroh terbilang musiman. Apalagi untuk ibadah haji, yang dilakukan setahun sekali. Selain itu, persaingan di bidang ini cukup ketat, ujarnya. Oleh karena itu, Ida mencari inovasi yang bisa membuat usahanya langgeng. Hingga pada tahun 2012, seiring izin pembuatan PT(Perseroan Terbatas) usahanya, Ida pun mengembangkan layanan tour & travel menjadi Haji Plus, Umroh Plus, dan wisata religi islam di negara-negara lain.


Saat ini, Cheria Wisata sudah menempati ruangan di Lantai 3 Gedung Twingk yang berlokasi di Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, dengan luas 200 meter persegi. Padahal awalnya hanya menempati ruangan seluas 50 meter persegi di gedung yang sama. Tempat usaha disewa per tahun, dengan kisaran harga Rp 80 juta hingga Rp 100 juta.

Pasar potensial. Menurut Ida, usaha jasa tour & travel yang menyediakan layanan Haji Plus, Umroh Plus serta perjalanan wisata religi ke negara-negara lain memiliki potensi yang sangat besar ke depan. Sudah menjadi pengetahuan umum, saat ini sangat sulit menjalankan ibadah Haji dengan mengikuti program pemerintah karena sudah waiting list bahkan hingga lebih dari lima tahun. Dengan adanya jasa seperti ini akan lebih memudahkan masyarakat yang ingin menjalankan ibadah haji, umroh atau wisata religi dengan mudah tanpa menunggu terlalu lama.

Walaupun memang uang yang dikeluarkan akan sedikit lebih banyak namun hasilnya akan sebanding dengan uang yang dikeluarkan. Yang saya lihat selama ini untuk masyarakat Indonesia, mereka tidak ragu mengeluarkan uang lebih banyak untuk beribadah karena daripada harus menunggu lama, mereka lebih baik mengeluarkan uang lebih banyak agar bisa cepat menjalankan ibadah dengan khusyuk, tutur Ida.

Perjalanan wisata religi juga menjadi pasar yang sangat potensial karena masyarakat Indonesia membutuhkan pengetahuan tentang sejarah-sejarah islam yang ada di negara-negara lain. Ditambah dengan banyaknya film Indonesia yang mengangkat tentang keindahan dari sejarah islam di luar negeri, seperti pada film 99 Cahaya di Langit Eropa yang membuat masyarakat menjadi penasaran dan ingin melihat langsung hal-hal tersebut. Pilihan mereka sudah tentu akan tertuju kepada jasa tour & travel wisata religi. Dan peran kita disini adalah menyediakan semua kebutuhan yang diinginkan oleh klien, tambah Ida,

Ragam Paket Jasa. Cheria Wisata adalah perusahaan tour & travel yang bergerak di bidang perjalanan haji, umroh dan wisata muslim berlisensi penuh dengan mengantongi SK. Departemen Agama RI D/355 untuk Haji Khusus, Izin Umroh Departemen Agama RI D/836-2012 dan SIUP nomer 2365/2012 serta sudah dikategorikan sebagai Biro Resmi Perjalanan Haji dan Umroh di Indonesia. Dalam pembuatan surat izin tersebut, ia menggelontorkan biaya kurang lebih Rp 10 juta, yang memakan waktu hingga 1 bulan.

Secara keseluruhan, Cheria Wisata memiliki 3 kategori jasa yaitu. paket Haji Plus, paket Umroh Plus, dan Paket Tour Muslim. Paket Haji Plus yang dijalankan oleh Cheria Wisata telah dipercaya untuk melayani masyarakat Indonesia sebagai Penyelenggara Haji Plus kuota dan Haji Plus non kuota yang banyak diminati masyarakat. Pada paket Haji Plus, Cheria Wisata memiliki paket Haji Plus Depag RI yang memiliki fasilitas lebih baik dibandingkan dengan paket Haji Regular. Harga Paket Haji Plus ini sekitar US$ 8,500 atau sekitar Rp 98 juta. Wisata plus-nya, konsumen bisa memilih mengunjungi kawasan Eropa, Istanbul (Turki), Kairo (Mesir), Dubai, Aqsa atau plus Maroko (Spanyol).

Paket kedua, Umroh Plus, pelanggan dapat memilih paket Umroh Regular selama 9 hari dengan hanya mengunjungi 3 kota yaitu Mekkah, Madinah dan Jeddah atau paket Umroh Plus selama 12 hari. Jadi paket Umroh Plus ini terdiri dari 9 hari untuk ibadah Umroh dan 3 hari selanjutnya untuk wisata muslim. Tujuan wisata yang bisa dipilih untuk wisata muslim adalah Eropa, Istanbul (Turki), Kairo (Mesir), Dubai, Aqsa atau plus Maroko (Spanyol). Waktu yang dijadwalkan untuk Umroh baik Umroh Regular maupun Umroh Plus selalu ada setiap bulan sepanjang tahun.Harga yang ditawarkan untuk paket Umroh mulai dari US$ 2,250 atau sekitar Rp 26 juta disesuaikan dengan tahun keberangkatan.

Paket yang terakhir adalah paket Tour Muslim. Paket ini memanjakan pelanggan dengan memberikan perjalanan ke negara-negara yang erat hubungannya dengan penyebaran islam di masa lampau dimana pelanggan bisa mendapatkan pengetahuan lebih dalam tentang penyebaran islam dan peninggalan-peninggalan dari sejarah penyebaran islam tersebut. Destinasi yang dituju pun beragam mulai dari negara-negara mayoritas muslim seperti  Istanbul  di Turki hingga negara-negara yang justru negara non muslim seperti Korea Selatan, China, Jepang, Amerika hingga Afrika. Meski bukan negara dominasi muslim, namun disana peserta bisa menikmati perjalanan dalam melihat perkembangan islam di negara non muslim selama 4-5 hari, jelas Ida. Harga yang ditawarkan pun beragam sesuai dengan tujuan keberangkatan yang berkisar diantara US$ 1,500 sampai US$ 5,000 atau Rp 17 juta-Rp 60 juta.

Strategi Marketing. Dilihat dari harga dan paket yang ditawarkan, Cheria Wisata awalnya menyasar kalangan menegah atas. Namun seiring waktu berjalan, kalangan bawah pun semakin banyak yang mengambil paket-paket yang ditawarkan. Ida mulai menyadari masyarakat Indonesia sangat membutuhkan traveling baik itu traveling biasa maupun traveling yang bersifat lebih religi. Kayaknya sudah tidak bisa disebut untuk kalangan menengah keatas saja karena dari kalangan di bawah itu juga mereka melakukan perjalanan wisata religi walaupun memang harus mengumpulkan uang dengan susah payah terlebih dahulu, ujarnya.

Setiap hari, Cheria Wisata melakukan 10 keberangkatan (1 x keberangkatan bisa 2-45 orang) untuk tujuan tour wisata muslim dengan keberangkatan yang beragam. Jadi dalam sebulan Cheria Wisata mampu menjalankan hingga 300 keberangkatan. Promo dan diskon pun sering diadakan oleh Cheria Wisata namun itu semua tergantung dari promo yang juga diberikan oleh maskapai. Kita selalu memberikan promo diskon apabila dari pihak maskapai juga sedang memberikan promo. Saya juga tidak ingin membebani pelanggan. Kalau promo dari paket jasa kita kan tidak bisa diukur jadi saya memberikan promo berdasarkan promo dari pihak maskapai yang menyelenggarakan, ujar Ida.

Dalam menjalankan usaha ini, Ida memilih memasarkan melalui media online, yang memiliki networking luas. Namun, meski mengedepankan pemasaran online, ia tetap menerapkan pelayanan yang baik dari pemasaran mulut ke mulut. Tidak hanya itu, ia melakukan berbagai inovasi pelayanan yang mampu memanjakan konsumen, agar tetap loyal kepada Cheria Wisata.  Berinovasi akan menjadi hal wajib yang harus dijalani oleh kita agar bisa lebih berkembang terus menerus, tambahnya.

Bijak Atasi Komplain. Jasa tour & travel bisa dibilang termasuk usaha dengan tingkat komplain yang cukup tinggi. Inilah yang mejadi kendala-kendala umum yang dialami oleh Cheria Wisata. Terkadang tidak sedikit pelanggan yang mudah melayangkan komplain yang seharusnya menjadi hal yang sangat mudah untuk dimaklumi. Seperti ketika makan pagi di hotel dan pelanggan mengeluh karena makanan yang kurang nikmat lalu menelepon ke kantor Cheria Wisata. Namun semua komplain yang dilayangkan konsumen tetap diterima dengan baik, dan terus memberikan solusi yang mampu membuat para konsumen tetap terpuaskan.

Intinya memang komplain datang rata-rata dari segi teknis dan itu juga terkadang cukup merepotkan namun tetap harus ditanggapi semaksimal mungkin demi menjaga pelayanan yang terbaik untuk semua pelanggan Cheria Wisata. Kendala seperti komplain memang sudah menjadi makanan sehari-hari kita namun itu secara tidak langsung juga menjadi bahan evaluasi kita supaya bisa lebih menjaga segalanya dari hal kecil hingga hal besar sekalipun, ujar Ida.

Ingin memiliki maskapai sendiri. Setiap pelaku usaha sudah pasti memiliki impian mengembangkan bisnis dan tidak terkecuali dengan Ida. Keinginan terbesar dari Cheria Wisata, yaitu memiliki maskapai sendiri yang nantinya dapat memberangkatkan para konsumen tanpa harus memesan kepada maskapai-maskapai yang sudah ada. Namun Ida sadar untuk mewujudkan impiannya ini memerlukan kerja keras dan uang yang tidak sedikit. Ya minimal saya memiliki pesawat sendiri dulu deh biar bisa parkir di bandara sana, ujarnya sambil tertawa.

Namun harapan dari Ida dengan adanya Cheria Wisata yang dimilkinya ini yaitu ingin terus bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat Indonesia yang ingin menjalankan ibadah Haji, Umroh ataupun tour wisata muslim. Menurutnya, sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain, hal inilah yang membuatnya ingin terus bermanfaat melalui Cheria Wisata.