Catering, Rental Alat Catering Hingga Supplier Sayuran!

Catering, Rental Alat Catering Hingga Supplier Sayuran!-Dari hobi memasak, Rooswati akhirnya fokus merintis usaha catering. Semula hanya menerima pesanan puluhan box saja kini dalam sehari ia bisa menerima pesanan ratusan nasi box. Usahanya pun terus berkembang dengan menyediakan jasa catering prasmanan, coffee break, buffet, tumpeng, food stall, rental peralatan catering dan pesta hingga supplier sayuran. Apa tips suksesnya?

8 februari23

Di tahun 2005 Rooswati atau biasa disapa bu Totok beralih profesi dari seorang broker atau supplier ikan ke para pedagang tradisional menjadi seorang guru les privat. Keputusan itu diambil karena sang ayah melarangnya menjadi supplier ikan yang telah dijalani sejak tahun 2001. Pasalnya pekerjaan sebagai supplier ikan lebih banyak dilakukan kaum pria dan ia pun harus kerap pulang malam selesai memasok ikan yang dibeli dari kawasan Muara Baru Jakarta Utara ke pedagang di pasar tradisional  daerah Cengkareng, Jakarta Barat.

Sembari mengajar les privat, Rooswati mulai merintis usaha catering. Di awal usaha, ia membuat sampel menu  harian untuk karyawan yang ditawarkan ke salah satu perkantoran di daerah Pantai Kapuk (PIK). Jakarta Utara dan ternyata ada pelanggan yang memesan hingga 10 box. Dari sana mulai ada pelanggan baru yang memesan menu nasi box, hingga Rooswati memutuskan untuk berhenti mengajar les privat dan lebih memilih untuk mengembangkan usaha catering. Dalam satu bulan usahanya berjalan melayani pemesanan 10 nasi box seharga Rp 10 ribu langsung balik modal. Di awal usaha semua saya lakukan sendiri mulai dari belanja dan mengirim nasi box ke pelanggan. Karena memang saya hobi memasak, saya putuskan lebih memilih usaha catering, kenangnya.

Di awal usaha, sebagai Pemilik D pawon Catering segala sesuatu dikerjakan sendiri oleh Rooswati, mulai dari belanja bahan makanan, memasak hingga mengirim menu catering ke pelanggan. Modal yang digunakan pun tak butuh modal besar, hanya dengan uang belanja harian Rooswati sedikit demi sedikit bisa mengembangkan usahanya. Pesanan berikutnya datang saat ia mulai membuat promosi melalui website dan sejak itu pula Rooswati mulai merekrut karyawan sekitar 3 orang untuk membantu usahanya. Ia juga merekrut tim saji sekitar 3 orang dan kurir 4 orang ketika usahanya mulai berkembang sejak tahun 2010. Menurut Rooswati, perkembangan bisnisnya tak lepas dari pemasaran lewat jalur online. Di awal usaha ia pernah membuat brosur untuk mengenalkan layanan cateringnya namun kurang berjalan efektif. Selain website, Rooswati juga mempromosikan usahanya melalui blog.

Varian.  Saat ini Rooswati tak hanya memenuhi jasa catering harian untuk karyawan perkantoran saja, namun juga melayani catering rumahan, pabrik, prasmanan, coffee break, menu buffet, menu pondokan atau gubukan (food stall), hingga tumpengan. Pesanan untuk masing-masing jenis seperti coffee break, buffet, food stall, tumpeng, prasmanan, nasi box berimbang. Hampir tiap hari ada pesanan prasmanan, tumpeng, nasi box maupun coffee break, kecuali untuk food stall rata-rata seminggu 2 event. Rata- rata pesanan rutin tiap hari sekitar 600 pack di luar event. Kisaran harga nasi box dari Rp 23.500-Rp 50 ribu, prasmanan Rp 39ribu-85 ribu,tumpeng Rp 600 ribu-1,7 juta dan coffe break Rp 23.500-60 ribu.

Untuk lebih mengembangkan usaha Rooswati juga menyediakan rental  peralatan catering untuk acara pesta. Menurut Rooswati idenya  menyediakan rental peralatan catering untuk pesta tak lepas dari pengalamannya di awal usaha. Saat itu ia memiliki modal terbatas hingga tidak memiliki cukup modal untuk membeli peralatan catering sendiri. Rooswati pun memilih untuk menyewa peralatan catering.

Setelah usahanya berkembang, sedikit demi sedikit ia membeli peralatan catering sendiri hingga akhirnya saat ini bisa menyewakan peralatan catering prasmanan. Sejak Maret 2016 Rooswati juga menyediakan rental peralatan pesta kecuali tenda. Rental peralatan catering yang disediakan berupa peralatan saji prasmanan, peralatan saji menu gubukan/pondokan, dan peralatan saji coffee break seperti meja saji lipat, taplak meja saji skirting, pemanas/penghangat masakan, roll top, piring makan, sendok garpu, mangkuk soup, nampan saji, gelas minum, gelas tangkai, gelas juice, juice dispencer, coffee maker, dicanter, soucer, cake tounge, dll. Rental perlengkapan pesta yang disediakan merupakan peralatan memasak dan peralatan saji makanan dan rental perabot memasak untuk kelancaran pesta perkawinan atau perhelatan lainnya. Rooswati juga menyediakan rental peralatan coffe break untuk kalangan kedai makanan, restoran, hotel atau jasa catering lain hingga rental peralatan saji menu gubukan. Tarif sewa peralatan catering antara lain untuk piring saji puding Rp 5.000/pcs, piring makan standar Rp 2.000/pcs, piring makan flat/ceper Rp 2.000/pcs, piring siomay/batagor/sate Rp 1.000/pcs, dispenser air panas/listrik Rp 70.000/unit, dispenser juice stainless Rp 70.000/pcs dsb.

Tak hanya itu, Rooswati pun merambah usaha yang cukup berkaitan dengan jasa cateringnya yaitu supplier sayuran sejak Juli 2016. Saat ini ia menyuplai sayuran ke beberapa resto di kawasan PIK, Taman Palem dan Hotel di Grogol, Jakarta Barat. Semula ada permintaan dari salah satu resto  dan hotel. Saat ini semua jenis sayuran saya pasok bahkan sampai ke bahan makanan lain seperti lidah sapi atau ikan tongkol, dengan minimal pemesanan Rp 500 ribu per hari, terang Rooswati.

Biasanya Rooswati memasok sayuran itu ke kalangan restoran dan hotel di kawasan PIK dan Taman Palem Jakarta Barat. Tiap dua hari sekali ia memasok sayuran rata-rata dengan mobil pick-up. Langganannya di Pasar Rawa Buaya, Cengkareng Jakarta Barat dan sudah diseleksi dengan baik seperti misalnya untuk kangkung sudah dibersihkan dari akarnya. Dalam hal pembayaran, Rooswati memberikan cukup kelonggaran dan tidak terlalu ketat mengejar tagihan pembayaran sehingga pemesan merasa lebih nyaman saat memesan sayuran. Meskipun Rooswati harus membeli sayuran itu secara cash dari supplier langganannya namun ia baru memasukkan invoice ke langganannya di akhir bulan dan pembayaran nya baru cair sekitar 2 minggu kemudian.

Untuk memenuhi pesanan  catering sekitar 600 pack di luar event, pembelian bahan baku tiap hari di Pasar Rawa Buaya yang mengeluarkan biaya rata-rata Rp 7 juta per hari. Ia juga dibantu oleh sekitar 20 tenaga kerja mulai dari koki, karyawan, sopir hingga pramusaji dengan gaji keseluruhan sekitar Rp 60 juta per bulan. Karyawan memperoleh gaji sesuai UMR atau lebih dan diberikan fasilitas makan. Saya juga dibantu pramusaji dan setelah menyajikan menu di event mereka harus mengirimkan foto saat event kepada saya, karena saya tidak mungkin ikut hadir ke setiap event kecuali event besar dengan jumlah pesanan 1000 pack lebih, terang Rooswati.

Pemasaran. Usaha catering yang telah berkembang sejak 6 tahun lalu semakin dikenal masyarakat dengan adanya promosi terutama melalui website dan blog. Menurut Rooswati, banyak pelanggan yang mengetahui jasanya setelah membaca profil D Pawon Catering melalui internet. Rooswati mengakui banyak pelanggan yang loyal memesan D Pawon Catering termasuk pelanggan yang pertama kali memesan menu harian karyawan sejak usahanya, bahkan karena dianggap sebagai pembuka jalan usahanya di bisnis catering, Rooswati tidak pernah menaikkan harga pada pelanggan perdananya itu.

Saat ini pelanggan cateringnya datang dari berbagai kalangan mulai dari perorangan atau perumahan,  perusahaan , kementrian hingga event besar seperti baru-baru ini ia melayani catering untuk acara Olympic Day sebanyak 3 ribu snack box, 500 nasi box dan 500 coffee break. Beberapa perusahaan yang saat ini masih dalam kontrak kerjasama seperti PT Rohto, PT Aditya Manufaktur Indonesia atau dikenal PT Kirin, PT Bernadhi, dll. Adapun pihak kementrian biasanya memesan menu D Pawon Catering pada saat ada event.

Untuk bisa mendapat pesanan catering dari pihak perusahaan, Rooswati membawa sample menu saat penawaran dan kalau lolos food test baru bisa menerima pesanan dengan pembayaran DP terlebih dahulu sebanyak 50%. Begitu juga untuk event biasanya pembayaran DP sebelum acara berlangsung.

Menurut Rooswati, persaingan usaha ini cukup ketat meski begitu masih ada pasar potensial seperti saat ini ia tengah membidik pangsa pasar di kota Depok Jawa Barat yang dinilai cukup potensial.

Dengan menyediakan layanan catering dan jasa yang berkaitan seperti rental peralatan catering dan pesta serta supplier sayuran, D Pawon Catering ingin memenuhi kebutuhan konsumen yang mencapai sekitar RP 150 juta dengan keuntungan bersih sekitar 20%, usaha catering masih lebih mendominasi dibandingkan usaha rental peralatan catering dan pesta maupun supplier sayuran. Dari rental peralatan catering dan pesta baru sekitar rata-rata Rp 800 ribu per hari atau dalam sebulan sekitar Rp 20 juta.

Rooswati mengaku kerap kewalahan memenuhi pesanan, dan jika ada pesanan yang tidak bisa dipenuhi ia bekerjasama dengan rekanan sesama catering yang telah dikenal. Selain itu di tengah persaingan Rooswati menawarkan menu dengan citarasa yang memnenuhi keinginan konsumen dan juga berusaha meningkatkan pelayanan agar konsumen loyal, sehingga tidak sekali memesan tetapi bisa berkelanjutan mulai dari menu makan siang karyawan sampai jika perusahaan tersebut mengadakan event. Kualitas menu juga sangat mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen mulai dari kesegaran bahan yang dimasak dan penyajiannya. Saya punya supplier bahan makanan dan mereka juga pasti menjual bahan makanan yang baik supaya konsumennya puas. Dari awal catering saya melayani semua kebutuhan konsumen, semua melayani makan siang karyawan, lali ada permintaan rental peralatan saya penuhi. Pada rental peralatan saya juga perhatikan kualitas peralatan yang saya sewakan, jelas Rooswati.

Usaha catering ini menurut Rooswati juga memiliki kendala terutama dari segi waktu pengiriman menu catering yang terkendala kemacetan khususnya ke tempat event. Untuk mengatasi kendala tersebut, Rooswati ingin menambah armada pengiriman. Saat ini D Pawon Catering tengah mendirikan cabang usaha baru di Depok Jawa Barat dan kedepannya Rooswati ingin terus mengembangkan usahanya lebih besar lagi.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *