Cara Tepat Atasi Kulit Wajah Terkelupas


Wajah cerah mulus dan bersih menjadi idaman setiap perempuan pada umumnya. akan tetapi hal tersebut tidak mudah diwujudkan, salah satunya faktor kulit wajah yang terkelupa, kasar terkadang gatal. hal tersebut sering terjadi, terutama pada orang-orang yang meiliki jenis kulit kering. tetapi kulit yang mengelupas juga dapat disebabkan karena cuaca, pemakaian komestik yang tidak sesuai atau karena paparan sinar matahari. jika hal ini terjadi maka akan menyebabkan timbulnya rasa tidak percaya diri. lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Kulit terkelupas, menurut dr. Liza Suzana Bonora. dokter kecantikan kulit normal sebenarnya secara alami dalam 21 hari sampai dengan 28 hari memang harus terkelupas. akan tetapi,dalam pengelupasan tersebut tidak seluruhnya kulit terkelupas. Biasnya kulit terkelupas secara alami sebanyak 40% sampai dengan 60% dalam dua minggu atau per 12 hari. Jadi total kulit mengelupas secara 100% adalah kurang lebih antara 21 hari sampai dengan 28 hari.

Mengatasi kulit wajah terkelupas

Mengatasi kulit wajah terkelupas

Hal ini disebut dengan peluruhan normal kulit terkelupas secara alami sesuai dengan masa tumbuh kulit atau munculnya sel baru. Akan tetapi karena terkelupasnya kulit tidak secara bersamaan, hal ini akan menyebabkan kulit-kulit yang belum mengelupas akan menahan kulit yang sudah seharusnya luruh atau terkelupas. inilah yang menyebabkan kulit akan terlihat kusam, jika kulit sudah terlihat kusam maka perlu dibantu dengan pengelupasan kulit dari luar.

Pengelupasan kulit dari luar atau pengelupasan karena faktor eksternal adalahpengelupasan kulit yang dipaksa. Mau tau faktor apa saja yang menyebabkan pengelupasan kulit? yuk simak artikel ini.


Faktor eksternal yang menyebabkan pengelupasan kulit antaralain :

  1. pengelupasan yang dilakukan pada klinik-klinik kecantikan yang biasanya dilakukan dengan cara mikrodermabrasi atau kulit diamplas. Hal ini dilakukan agar pengelupasan kulit dapat luruh secara bersamaan dan tidak ada yang tertinggal.
  2. pengelupasan dengan mikrodermabrasi, pengelupasan ini ada 2 macam, yaitumikrodermabrasi kering dan mikrodermabasi basah.
  3. pengelupasan kulit dengan melakukan chemical peeling.
  4. pengelupasan dengan melakukan laser, cara ini adalah untuk kulit yang sudah sangat bermasalah. biasanya yang diakibatkan oleh jerawqat, scar, vlek atau lubang-lubang yang disebabkan oleh jerawat. pengelupasan kulit ini dilakukan dengan menggunakan laser yang panjang gelombangnya sudah diatur.
  5. pengelupasan kulit yang disebabkan oleh sunburn atau paparan sinar matahari.

Nah, mau tau bagaimana cara mengatasi kulit terbakar????

Dari kelima faktor eksternal tersebut, faktor karena sunburn atau terbakar paparan sinar matahari adalah faktor yang sering tidak diperhatikan. Faktor ini secara langsung disebabkan oleh kecerobohan individual masing-masing yang tidak aware terhadap perlindungan kulit. indonesia sebagai negara yang memiliki iklim tropis, seharusnya masing-masing orang mengerti jika matahari pada pukul 9.00 hingga 16.00 adalah matahari yang harus dihi9ndari karena dapat menyebabkan kulit menjadi sakit.

UNtuk itu, perlindungan dengan menggunakan sunblock wajib dilakukan sebelum melakukan kegiatan di luar ruangan dan akan langsung berhadapan dengan sinar matahari. Namun, terkadang paparan sinar matahari yang tinggi tetap akan membuat kulit terkena matahari dan akan terkelupas meskipun kita telah melindunginya dengan menggunakan sunblock. 

Hal ini bisa disebabkan karena penggunaan sunblock yang tidak benar. Contoh penggunaan sunblock yang tidak benar adalah, jika menggunakan sunblock dengan SPF 5, maka artinya 1 SPF sunblock hanya bertahan sampai 15 menit. Jadi jika menggunakan sublock dengan SPF 5, maka waktu bertahan sunblock tersebut hanya 75 menit. Oleh sebab itu, pemakaian sunblock harus diulang minimal dalam waktu 1 jam.

Tapi ingat yah cara pengulangan juga mempengaruhi berkejanya sunblock loh!!!

Pengulangan pemakaian sunblock yang tepat adalah dengan menghapus seluruh sisa sunblock hingga bersih. Lalu gunakan kembali sunblock baru, bukan dengan cara ditimpa. Hal ini yang jarang diperhatikan, yang menyebabkan sunblock tidak bekerja secara maksimal.

Pemakaian sunblock juga harus dilihat dari kondisi cuaca. Jika sedang berada di pantai atau cuaca yang terik sebaiknya menggunakan minimal sunblock dengan SPF 30+. Sunblock dapat melindungi selama 3 sampai 4 jam. Sunblock juga memiliki kandungan bahan yang berbeda. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko pengelupasan kulit.

Jika pengelupasan disebabkan menggunakan cara-cara yang ada pada klinik, maka dilihat terlebih dahulu pengelupasan menggunakan cara apa. Jika menggunakan dermabrasi basah, maka tidak perlu menambahkan atau menggunakan apapun. kecuali pada orang yang memiliki kulit sensitif maka harus menggunakan moisturizer.

Jika menggunaka dermabrasi kering maka harus disertakan dengan moisturizer dan jika terjadi iritas, maka disertakan moisturizer dan antibiotik untuk mencegah terjadinya infeksi. Jika pengelupasan menggunakan peeling, dan peeling tersebut sampai dalam. maka perlu menggunakan moisturizer khusus yang ditambahkan dengan kortikosteroid dengan dosis rendah. Hal tersebut akan membantu proses penyembuhan, namun penggunaannya harus hati-hati dan di bawah pengawasan dokter.

Untuk peeling yang tidak terlalu dalam, biasanya hanya dengan moisturizer biasa. Setelah peeling tidak diperbolehkan menggunakan krim malam terlebih dahulu selama 3 sampai 4 hari dan pada pagi hari harus menggunakan sunblock. Jika ada pengelupasan harus pakai sunblock setiap hari, agar kulit muda tidak terpapar matahari dan tidak menjadi vlek.

Pengelupasan dengan menggunakan laser biasanya akan diberikan krim antiinflamasi atau moisturizer khusus, tergantung dari seberapa dalam penggunaan panjang gelombanglaser dan seberapa banyak kerusakan yang terjadi.

Kemudian, jika pengelupasan kulit yang diakibatkan karena paparan sinar matahari, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan meng-cooling down-kan kulit terlebih dahulu. Pengelupasan karena faktor ini tidak bisa dihindari, karena kulit sudah rusah dan harus dibuang. 

Untuk itu biasanya digunakan krim yang mengandung aloe vera untuk moisturizing, yang berfungsi untuk menenangkan kulit yang telah rusak. Dengan perlahan krim tersebut akan mengembalikan sel-sel kulit sehat. Selain bekerja sebagai penenang, krim tersebuit juga bekerja sebagai pendingin untuk mengatasi sunburn yang menyebabkan kulit panasdan seperti terbakar dan warna kulit menjadi agak gelap.

Dengan menggunakan krim tersebut, maka kulit akan menjadi dingin dan membatu mengatasi inflamasi pada kulit. Setelah pemakaian krim sloe vera tersebut dalam waktu 3 sampai 4 jam kulit akan dingin dan mengembalikan warna kulit seperti semula.

Nah, itu dia tips-tips cara tepat atasi wajah yang terkelupas. Mau tetap cantik sepanjang hari kan? Ayoo lakukan sebaik-baiknya yah guys. Semoga bermanfaat buat kalian yang membacanya.