Cara Jitu Merawat Perabot Rumah


Cara Jitu Merawat Perabot Rumah

  1. Coretan krayon pada perabot kayu

Anak-anak biasanya hobi menggambar menggunakan krayon. Namun, terkadang media untuk menggambar tidak pada tempatnya, tak terkecuali perabot kayu. Untuk menghilangkan sisa coretan krayon pada perabot kayu, ambil sedikit mayones, oleskan pada kayu tersebut lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, ambil lap lembut dan gosok perlahan-lahan. Jika bekas krayon sudah hilang, bersihkan sekali lagi dengan lap bersih.

  1. Pajangan kayu seperti baru

Jika Anda memiliki pernak-pernik maupun perabotan yang terbuat dari kayu dan kesulitan untuk membuatnya menjadi seperti baru lagi dengan biaya murah, Anda bisa mencoba langkah ini. Gunakan semur sepatu (warna hitam maupun cokelat) yang dicairkan dengan sedikit bensin. Setelah itu, lumuri permukaan pernak-pernik atau perabot dengan cairan semir tersebut menggunakan sikat sepatu atau sikat gigi bekas. Diamkan hingga kering (kira-kira 10-15 menit). Setelah kering, sikat lagi dengan sikat sepatu biasa ( yang kering). Setelah kering, sikat lagi dengan sikat sepatu biasa (yang kering) hingga terlihat bersih dan bersinar.

Baca Juga : Berbagai Tips Dalam Merawat Furniture Rumah


  1. Merawat Perabot kayu

Perabotan rumah yang terbuat dari kayu seperti kursi, meja dan lemari mudah menjadi kusam dan lapuk. Agar perabotan kayu terlihat bersih kembali serta lebih awet, ikuti saja tip berikut. Larutkan satu gelas air dengan dua sendok makan minyak goreng, dan sedikit perasan jeruk. Celupkan kain lap ke dalam larutan itu dan usapkan ke perabotan kayu. Lakukan secara teratur agar hasilnya lebih maksimal.

  1. Mengilapkan perabot kayu

Perabot kayu yang sudah berumur, biasanya Nampak kusam alias tidak bercahaya lagi. Untuk membuat perabot Anda kembali bercahaya, ada cara mudah, murah, dan cepat. Sediakan air teh, kemudian celupkan kain flannel ke dalamnya. Selanjutnya usapkan kain flannel secara memutar pada permukaan kayu. Lakukan hal ini secara teratur, pasti furniture Anda akan seperti baru kembali

  1. Bersihkan sofa dari noda es krim

Sofa Anda terkena tumpahan es krim? Jangan panik dulu. Segera bersihkan karena bila didiamkan terlalu lama bisa menimbulkan noda yang sulit di bersihkan. Untuk membersihkannya, ikuti cara mudah ini. Ambil sikat gigi bekas, basahi dengan air, lalu oleskan sedikit sabun mandi. Sikatlah sofa yang terkena noda perlahan-lahan sampai noda hilang. Setelah bersih, segera keringkan sofa dengan lap bersih

Cara Jitu Merawat Perabot Rumah

Cara Jitu Merawat Perabot Rumah

  1. Perabot perak kinclong kembali

Cuka adalah satu-satunya alat yang murah dan efektif untuk membersihkan perak dan perabot lainnya. Untuk menghilangkan kotoran yang ada di panic atau botol, masukkan cuka putih ke dalammnya dan rebus selama 15 menit. Cuka putih juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda dan bau binatang peliharaan yang menempel di karpet.

  1. Noda pada perabot plastic

Untuk membersihkan perabot dari plastic yang terkena noda, rendam di dalam satu gallon air hangat yang telah dicampur 1 mangkuk kecil pemutih dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, ambil dan cucilah dengan bersih. Terakhir cuci seperti biasa dengan menggunakan sabun pencuci piring dan air hangat.

  1. Menghilangkan goresan pada benda plastic

Barang yang terbuat dari plastic akan mudah tergores dan kotor seperti permukaan pada casing radio atau televise. Cara membersihkan kotoran pada goresan tersebut dapat dilakukan dengan mengoleskan pasta gigi sampai rata pada permukaannya, kemudian diamkan sebentar dan gosok-gosok dengan lap sampai bersih dan mengilap.

  1. Membersihkan porselen

Perabotan porselen (asbak, mangkuk, tegel dll) jika telah lama dipakai akan menjadi kuning. Untuk memutihkannya kembali gunakan asam belerang yang diencerkan dengan air. Gunakan kuas untuk mengoleskan larutan belerang tersebut pada porselen yang menguning dan diamkan kurang lebih 30 menit. Setelah itu, gosok perabot porselen dengan abu gosok yang kering dan halus. Langkah terakhir, gunakan air untuk membilasnya. Niscaya perabot porselen Anda kembali putih.

  1. Karat pada benda berlapis krom

Pada benda yang berlapis krom, kadang-kadang karat hanya muncul berupa titik-titik kecil sehingga akan mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, campurkan minyak tanah dan minyak goreng yang masih bersih dengan  1:1. Cuci benda berlapis krom tersebut sampai bersih, kemudian keringkan. Gosok permukaannya menggunakan kain yang telah dibubuhi campuran minyak tadi sampai lapisan karat mengelupas. Setelah itu, cuci kembali benda tersebut menggunakan air sabun untuk menghilangkan karat yang luntur. Lap sampai benar-benar kering.

  1. Mencuci barang kuningan

Barang yang terbuat dari kuningan jika tidak dirawat dengan baik dapat menimbulkan noda hitam di atas permukaannya. Untuk itu, dapat dibersihkan dengan menggunakan air terlebih dahulu, lalu digosok dengan air cuka. Dijamin kuningan tersebut akan berkilau seperti baru lagi.

  1. Kilapkan perkakas berlapis krom

Ada cara murah yang perlu Anda coba. Siapkan pasta gigi (sebaiknya yang berwarna putih dan jangan yang berbentuk gel). Siapkan lap katun yang halus dan bersih. Oleskan pasta gigi dengan menggunakan lap pada permukaan krom yang kusam, lalu biarkan beberapa saat, kurang lebih 1 menit, kemudian gosok dengan lap bersih atau kertas Koran. Dijamin perkakas Anda akan selalu mengilap.

  1. Abu gosok hilangkan karat

Jika barang-barang kesayangan terkena karat, tentu penampilan jadi jelek. Ada cara mudah untuk menghilangkannya. Ambilah abu gosok dan kain lap, kemudian gosok-gosokkan pada barang yang terkena karat. Niscaya barang-barang kesayangan Anda akan mengilat kembali

  1. Merekatkan guci pecah

Anda tentu sangat kecewa apabila guci pajangan kesayangan pecah. Untuk menggabungkannya, selain lep, putih telur, juga bisa dipakai merekatkan bagian-bagian guci yang pecah. Caranya, bersihkan bagian yang akan direkatkan, kemudian oleskan putih telur pada permukaan yang akan direkatkan. Selanjutnya, tempelkan kembali bagian-bagian guci yang pecah.

  1. Kulit manggis kilapkan kuningan

Seusai makan buah manggis, jangan buru-buru melemparkan kulitnya ke dalam tempat sampah. Jika Anda memiliki koleksi barang-barang dari kuningan, kulit manggis bisa digunakan untuk mengilatkan penampilan barang koleksi tersebut. Caranya, ambilah daging (lapisan sebelah dalam) dari kulit manggis. Gosok-gosokkan secara merata pada benda kuningan koleksi Anda. Setelah itu lap dengan kain bersih yang kering

  1. Mengatasi jamur pada particle board

Lemari dari partikel(particle board) mudah sekali berjamur pada musim penghujan. Hal ini mengakibatkan bau yang tidak sedap pada isi lemari. Cara mengatasinya mudah. Ambil lap kering lalu olesi dengan alcohol secukupnya. Usapkan lap tadi ke permukaan jamur secara merata dan diamkan beberapa saat agar benar-benar kering. Setelah jamur bersih letakkan kapur barus di setiap sudut lemari.

  1. Menghalau lembap pada lemari

Musim hujan membuat udara menjadi lembap. Kelembapan yang sangat tinggi juga mempengaruhi perabot rumah. Lemari yang selalu tertutup mudah sekali lembap sehingga tak jarang timbul bintik-bintik jamur dan berbau. Ada tip untuk mengatasinya. Ambil beberapa batang kapur tulis dan letakkan di tiap sudut lemari. Kapur akan membantu menyerap kelembapan di musim penghujan.

Baca Juga : tips Keselamatan Terhadap Struktur dan Konstruksi bangunan rumah