Bisnis Jasa Pest Control Seharusnya Kerja Sama dengan Kontraktor, LSM, Kelurahan dan Perusahaan


Seiring dengan meningkatnya kebutuhan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, maka usaha di sektor jasa seperti jasa pengendalian hama lingkungan ini juga akan selaras mengikuti perkembangan tersebut. Namun demikian, usaha ini juga memiliki potensi yang sangat besar jika didalami secara serius dan fokus. Apalagi jika target marketnya menyasar ke berbagai kota-kota besar yang notabenenya terdapat banyak gedung-gedung komersial. Karena pada dasarnya semua gedung atau bangunan pasti tidak akan terlepas dari serangan hama. Sebab hal ini sudah menjadi sebuah siklus dari mata rantai makhluk hidup.

Adapun mengenai ruang lingkup dari usaha jasa pest control ini sangatlah luaas, karena hampir semua orang yang sadar akan kebersihan lingkungan pasti membutuhkan jasa pest control ini, baik itu untuk gedung komersial maupun untuk gedung-gedung hunian seperti perumahan.

Untuk memulai usaha ini para pelaku usaha juga harus bisa memperhatikan bahan-bahan aktif atau chemical yang akan digunakan. Karena tidak semua bahan aktif pengendali hama langsung membunuh hama itu sendiri. Setidaknya para pelaku usaha harus terus melakukan evaluasi sejauh mana efektivitas dari bahan aktif yang digunakan.

Usaha jasa pest control ini juga memiliki kendala-kendala tersendiri dan salah satunya adalah risiko kontak langsung terhadap bahan-bahan aktif yang digunakan. Untuk mengantisipasi adanya kontak langsung dengan bahan aktif tersebut, para pelaku usaha harus memperhatikan standar keaman dari para karyawan. Misalnya dengan masker, sarung tangan, helm dan juga pakaian pengaman.


Adapun untuk strategi pemasaran, para pelaku usaha bisa menjalin kerja sama dengan pihak-pihak yang berkepentingan seperti kelurahan, Rt, instansi pemerintah, LSM peduli lingkungan, dinas kesehatan, partai politik serta perusahaan. Selain itu para pelaku usaha bsia memasarkan lewat kerja sama dengan pihak kontraktor atau developer. Untuk para pelaku usaha pemula, bisa mulai menawarkan usahanya di skala yang kecil terlebih dahulu seperti perumahan-perumahan pada penduduk, tentunya juga disertai dengan harga yang terjangkau.