Berbagai Tips Seputar Bumbu

  1. Agar cabai tahan lama

Agar cabai lebih tahan lama saat disimpan, potong tangkainya sebelum menyimpan lalu cuci. Pisahkan cabai yang bagus dengan cabai yang kurang bagus. Simpan cabai dalam kondisi kering (tidak basah oleh air bekas mencuci)

  1. Menyimpan bawang

Apabila terpaksa menyimpan bawang di rumah dalam waktu yang cukup lama, bungkus bawang dengan koran satu per satu, lalu simpan di tempat yang gelap dan sejuk. Hindari menyimpan bawang berdekatan dengan kentang karena akan menyebabkan kentang semakin cepat bertunas.

Baca Juga : Beberapa Tips Seputar Telur dan Unggas

  1. Agar mata tidak pedih saat mengiris bawang

Agar mata tidak pedih ketika menghaluskan atau mengiris bawang merah, sebelumnya potong bawang merah menjadi dua bagian dan rendam dalam air selama 15 menit. Setelah itu, barulah Anda mulai mengirisnya.

  1. Agar masakan bercabai tidak terlalu panas

Bagi Anda yang tidak boleh mengonsumsi makanan terlalu pedas. Mungkin trik ini akan berguna. Pilihlah cabai merah yang besar, bukan cabai keriting. Hal ini disebabkan kandungan air cabai merah besar lebih banyak. Buang biji berikut urat-uratnya. Cuci bersih di bawah air mengalir. Lanjutkan dengan meremas-remas cabai dengan garam, diamkan sekitar 15 menit. Cuci lagi sampai bersih. Boleh diulangi sampai 2-3 kali. Cabai siap digunakan untuk memasak. Gunakan sarung tangan atau plastik saat meremas cabai agar tangan tidak panas.

Berbagai Tips Seputar Bumbu

Berbagai Tips Seputar Bumbu

  1. Membuat bawang goreng lebih renyah dan gurih

Agar bawang goreng lebih renyah dan gurih, rendam irisan bawng dalam air yang telah dicampur garam selama beberapa menit. Setelah itu, goreng samapai berwarna kekuningan. Gunakan api kecil ketika menggoreng bawang karena bawang mudah gosong. Setelah diangkat, segera tiriskan dan simpan dalam wadah kedap udara.

  1. Memilih dan menyimpan bumbu dapur

Jika membeli bumbu segar seperti jahe, bawang, kencur, atau serai, pilihlah yang masih segar dan utuh, dan tidak berbercak putih. Bercak putih menandakan bumbu sudah tidak segar dan berjamur. Bila tetap dipakai, bumbu tersebut akan membuat masakan berbau apek.

  1. Menambahkan garam pada sayur berkuah

Biasanya garam ditambahkan ke dalam sayuran berkuah sesaat sebelum sayur matang. Praktik ini seharusnya ditinggalkan. Tambahkan garam sebelum merebus sayuran karena ada beberapa jenis sayuran yang hanya dapat matang dengan baik bila ditambahkan garam dalam proses memasaknya.

  1. Mencincang bawang putih

Saat mencincang bawang putih, geprek terlebih dahulu, lalu bubuhi sedikit garam. Hal ini dimaksudkan agar bawang putih bisa tercincang halus dan sarinya tetap awet

Baca Juga : Berbagai Tips Seputar Daging

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *