> Berbagai Tips dan Trik Mengolah Karbohidrat | infoloka.com

Berbagai Tips dan Trik Mengolah Karbohidrat

  1. Memanfaatkan roti sisa

Jika roti sisa di rumah cukup banyak, sedangkan tanggal kalauarsanya sudah dekat, roti sisa tersebut dapat diolah menjadi tepung roti. Caranya roti dipanggang sampai kering, lalu didinginkan. Setelah dingin, roti kering dihaluskan sampai berbentuk tepung.

  1. Menyimpan adonan kue kering

Jika Anda terlanjur membuat banyak adonan kue, tetapi tidak punya banyak waktu untuk memanggangnya, adonan tersebut dapat disimpan dalam kulkas untuk beberapa hari. Cara menyimpannya adalah dengan memasukan adonan ke dalam kantong pelastik bersih, lalu tutup rapat kantong tersebut. Jika akan melanjutkan membuat kue, keluarkan adonan, dan biarkan hingga tidak kaku.

  1. Memilih mie basah

Mi basah adalah mi yang paling rawan terhadapt kerusakan akibat bakteri dan jamur. Untuk itu, pilihlah mi yang masih segar. Ciri-cirinya adalah mi tidak berlendir, terlihat kompak, baunya normal (tidak berbau busuk/ bau bahan kimia), warna kuningnya tidak terlalu mencolok karena dikhawatirkan mi menggunakan bahan pewarna berbahaya.

  1. Menyimpan Mi

Ada tiga jenis mie yang dikenal masyarakat, yaitu mi basah, mi semi basah dan mi kering. Mi basah harus disimpan dalam lemari pendingin sehingga dapat bertahan hingga du hari. Adapun mi kering cukup disimpan dalam suhu ruang di tempat yang kering. Selama kemasannya masih tertutup rapat, mi kering bisa disimpan selama 6-12 bulan. Ciri khas mi semi basah adalah permukaannya yang putih karena ditaburi tepung. Jenis mie ini relatif lebih awet daripada mi basah. Mi semi basah dapat disimpan 1-2 hari dalam suhu ruang.

Berbagai Tips dan Trik Mengolah Karbohidrat

Berbagai Tips dan Trik Mengolah Karbohidrat

  1. Agar nasi pulen

Untuk memperoleh nasi pulen dan lembut, tambahkan dua sendok makan beras ketan putih tiap 1 kg beras. Campur dan cuci kedua jenis beras lalu diolah seperti biasa.

  1. Menyimpan kentang

Simpan kentang dalam plastik tertutup, di tempat kering dan terlindung dari sinar matahari. Sinar matahari dapat membuat kentang menjadi kehijauan dan bertunas. Dalam suhu ruang, umur simpan kentang bisa mencapai 2 minggu.

  1. Agar roti tidak mudah berjamur

Simpan roti di tempat yang kering dan sejuk (misal di dalam kulkas). Roti dalam kulkas dapat dipanaskan dalam microwave atau dipanggang terlebih dahulu sebelum dimakan. Cara lainnya adalah dengan mengeluarkan roti dari kemasan setelah dibeli, kemudian dianginkan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *