Belajar Aman dan menyenangkan

  1. Tumbuhkan kecintaan belajar

Anda tak akan terkejut lagi mendengar bahwa anak-anak bisa belajar dan mencapai nilai akademik dengan lebih baik jika mereka bahagia. Bagaimana Anda bisa membantu anak menumbuhkan kecintaan belajar?

  • Fokuslah pada bidang-bidang yang diminati anak. Sebagai contoh, jika anak Anda menyukai dinosaurus, gunakan binatang tersebut sebagai topic belajar. Tak ada habisnya buku-buku pendidikan luar biasa yang membuat belajar mengenai dinosaurus menyenangkan
  • Doronglah anak Anda untuk membaca, membaca, dan membaca! Apa pun minat anak Anda entah itu olah raga, sulap atau seni. Banyak toko buku dan perpustakaan bagus yang menyediakan banyak pilihan. Idenya adalah bahwa dalam batasan tertentu tidak masalah apa pun yang anak Anda baca atau pelajari pada tahun-tahun awal mereka asalkan mereka betul-betul membaca dan belajar.
  • Minta guru anak Anda untuk merekomendasikan situs internet terpercaya yang menyajikan aktivitas-aktivitas edukatif dan menyenangkan yang sesuai dengan usia anak Anda. Pada tahun-tahun belakangan telah banyak perkembangan situs internet yang sangat bagus serta permainan-permainan online yang membuat pembelajarang semakin menyenangkan.
  1. Buat PR agar menyenangkan

Saya yakin bahwa anak-anak yang masih kecil seharusnya tidak mengerjakan PR terlalu banyak. Mereka seharusnya diperbolehkan bermain, bersenang-senang, bersantai dan berolahraga. Tetapi tampaknya ketika mereka memasuki sekolah primer ke atas, mereka akan dibebani dengan lebih banyak PR. Pertimbangkan sejumlah opsi berikut supaya membaut PR menjadi menyenangkan

  • Jadikan PR sebagai permainan
  • Berilah imbalan jika PR berhasil dirampungkan dengan cara tertentu atau dalam jangka waktu tertentu
  • Kaitkanlah PR dengan minat atau ketertarikan anak Anda. Sebagai contoh, PR matematika dapat dengan mudah dikerjakan melalui kegiatan menyenangkan yang melibatkan skor tertentu, sedangkan ilmu pengetahuan dapat digabungkan dengan kegiatan memasak dan berkebun
Belajar Aman dan menyenangkan

Belajar Aman dan menyenangkan

  1. Belajar di luar sekolah

Tak diragukan lagi bahwa kecintaan belajar sangat berkaitan dengan kebahagiaan, dan bahwa pembelajaran bisa (dan mungkin harus) berlangsung tidak hanya di sekolah tetapi juga di rumah dan bahkan di mana saja! Jika anak Anda menikmati belajar di luar bangku sekolah maka sangat mungkin mereka juga akan menyukai belajar di sekolah. Ingat, belajar tidak hanya sekedar menumpuk ilmu pengetahuan.

  1. Pahami ketika anak butuh jeda dari kegiatan belajar

Banyak orang tua yang mencemaskan kemampuan anak mereka untuk bisa maju dalam dunia yang kian penuh persaingan. Percaya bahwa setiap detik setiap hari harus dimanfaatkan untuk membantu anak mereka menjadi yang terbaik. Padahal hal ini sebenarnya tidak akan banyak berguna. Kita semua, baik orang dewasa maupun anak-anak membutuhkan jeda dari berfikir dan beraktivitas. Pernahkan Anda mendapatkan sebuah ide hebat ketika Anda bahkan belum mencoba? Sering kali pada saat kita tidak secara aktif belajar, kita justru mampu menjadi sangat kreatif. Dengan segala cara doronglah anak Anda untuk belajar, tapi juga berikan waktu untuk tidak belajar dan ‘lepas’ bebas!

  1. Ajari anak Anda untuk pantang menyerah

Kegigihan adalah bagian pembelajaran yang sangat penting. Mengajarkan anak tentang kegigihan , terus bergerak ketika rencarna tidak berjalan semestinya atau saat sebuah tujuan memang pantas dikejar, akan sangat bermanfaat di sepanjang hidup mereka. Doronglah anak Anda untuk melihat manfaat dari sikap gigih akan sesuatu bahkan ketika pada awalnya mereka belum menunjukan kemampuan yang hebat. Jika mereka menunjukan minat, hal itu cukup untuk menjamin menghabiskan waktu dalam kegiatan tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *