Aneka Tips dan Trik di Dapur


1. Mengatasi saus botolan yang susah keluar
Saus yang masih baru seringkali susah keluar dari botolnya. Untuk mengatasinya, masukkan sedotan hingga ujung bolol, lalu tarik sedotan keluar. Bisa juga dengan memegang botol dengan posisi hampir horizontal, bagian botol sedikit lebih tinggi daripada bagian atasnya, lalu tepuk-tepuk bagian samping leher botol.

2. Memotong makanan yang lengket
Makanan yang lengket seperti jadah, dodol, atau buah-buahan kering lebih susah diiris. Untuk mempermudah proses pengirisan, basahi terlebih dahulu pisau dengan air agar makanan yang dipotong tidak menempel di pisau. Jika akan memotong buah kering, masukkan buah kering dalam freezer, dan potong buah saat masih beku.

3. Merebus santan
Jika cara perebusan santan tidak benar, santan akan memisah atau sering disebut santan pecah. Untuk menghindarinya, rebus santan dengan api kecil sambil terus diaduk pelan-pelan. Jangan sampai santan naik, matikan segera api jika santan mulai mendidih.

Aneka Tips dan Trik di Dapur

Aneka Tips dan Trik di Dapur

4. Meniriskan gorengan
Tiriskan gorengan menggunakan tisu dapur atau bahan penyerap lain yang dapat kontak dengan makanan (food grade). Jangan pernah meniriskan gorengan menggunakan kertas koran atau kertas lainna yang bertinta karena tinta mengandung timbal dan akan mudah menempel pada makanan berminyak.


5. Mencegah panasa saat memegang cabai
Sebelum meotong atau membersihkan cabai, oleskan sedikit minyak sayur pada tangan. Setelah selesai memegang cabai, segera cuci tangan hingga bersih.

6. Agar penggorengan tidak lengket
Jika Anda baru saja membeli penggorengan (bukan penggorengan anti lengket), sebelum menggunakannya rebus air yang telah dicampur sedikit cuka dalam penggorengan sampai mendidih, lalu cuci penggorengan seperti biasa. Hal ini dapat mencegah makanan lengket saat digoreng