6 Pegangan Seorang Pengusaha dalam Berbisnis


6 Pegangan Seorang Pengusaha dalam BerbisnisPegangan seorang pengusaha dalam dunia bisnis terdapat enam hal. Dari keenam pegangan yang akan diulas di bawah adalah hal penting dilakukan agar usaha bisnis tetap berjalan lancar tanpa hambatan. Keenam hal tersebut sebagai penyeimbang dan penyelaras bisnis yang sedang dijalankan. Apa saja keenam pegangan agar mampu menyelaraskan usaha? Berikut ini ulasannya.

30ikm85

  1. Knowling Your Business

Mengetahui bisnis yang dijalankan, termasuk menguasai jenis apa saja, harga pasaran berapa sampai mengusai produk itu sendiri. misalnya bisnis properti, maka seorang pengusaha harus mengenal properti atau penyewaan yang disediakan. Ketika terdapat pelanggan yang ingin melakukan jasa penyewaan atau membeli, bisa menjelaskan penuh detail.

Mengenali secara detail bisnis yang digeluti mampu mendorong konsumen tertarik ingin tahu secara lebih. Menguasai jenis bisnis secara tidak langsung berupaya untuk meminimalisir tindak penipuan. Bagaimana dampak jika tidak mengenal produk bisnisnya? Tentu saja mudah ditipu dan dimanfaatkan orang-orang yang tidak baik. Jangka waktu lebih panjang, maka jenis usaha tersebut dalam waktu dua sampai tiga tahun yang akan datang akan kalah dengan pesaing-pesaing baru yang lebih menguasai jenis bisnis usahanya.

  1. Menguasai Dasar Pengelolaan Bisnis

Pentingnya menguasai dasar pengelolaan bisnis adalah, tidak mengeluarkan banyak tenaga dan modal. Beberapa kasus beberapa teman penulis yang terjun di dunia bisnis tanpa bekal sama sekali sebelumnya, tanpa mengetahui dasar-dasar dalam berbisnis. Walhasil, ia sering ditipu dan sering mendapatkan kerugian dibandingkan mendapatkan keuntungan. Hal ini disebabkan karena ketidaktahuannya.


Bagaimana dengan mereka yang tetap sukses meski pada awalnya juga tidak memiliki dasar pengelolaan bisnis? Sebuah pertanyaan yang mungkin saja terjadi. Hanya saja, mereka yang sukses tanpa menguasai dan mengerti dasar pengelolaan bisnis saat menuju karir kesuksesan membutuhkan waktu yang jauh lebih lama. Karena ia harus belajar dasar pengelolaan bisnis secara langsung dengan praktek. Karena praktek langsung, kegagalan yang dirasakan juga jauh lebih mungkin.

  1. Kemampuan Mengelola Keuangan

Tidak mampu mengelola keuangan akan beresiko usaha Anda akan berantakan. Pengelolaan keuangan di sini meliputi beberapa hal, mulai pengelolaan modal, rencana pembelian bahan baku, menghitung keuntungan dan kerugian, masih banyak lagi. Salah mengelola keuangan, akan menimbulkan kebangkrutan.

  1. Having Adequate Capital

Memiliki modal yang kuat bagi yang memilki uang banyak. Bagi yang tidak memiliki cukup banyak uang sebagai modal, cukup bermodalkan kemauan, kerja keras, dan keberanian. Jangan selalu membayangkan modal selalu dengan uang. Modal bisa diwujudkan dalam bentuk yang tidak kasat mata. Jika masalah modal uang tidak punya, bisa mengajukan proposal permohonan atau proposal kerjasama dengan perusahaan sebagai penyuntik. Dari hasil keuntungannya kelak dibagi dengan si penyuntik dana.

  1. Cerdas Berkomunikasi

Cerdas komunikasi dalam hal ini mampu mempengaruhi lawan bicara. Mempengaruhi di sini bukan dalam konotasi negatif, tetapi dalam hal positif. Misalnya, menjelaskan tentang program yang sebenarnya sederhana, namun mampu dibawakan dengan penjelasan komunikatif yang lebih menarik, tanpa melebih-lebihkan ataupun mengada-ngadakan.

  1. Mampu Mengelola Sumber Daya Mansia

Terakhir, modal pegangan seorang pengusaha adalah mampu mengelola sumber daya manusia. Sebuah perusahaan akan berkembang dan maju ditentukan poin terakhir ini. Jadi, karyawan yang masuk dengan kapasitas yang biasa, bisa saja menjadi seorang karyawan yang berkompeten dan handal jika mampu mengelolanya. Sedangkan, karyawan yang memiliki potensi dan handal saat pertama kali masuk, jika manajemen kantor tidak memiliki kemampuan pengelolaan yang baik, maka mereka sama saja.

 

meta des; Apa modal pegangan seorang pengusaha dalam berbisnis dan mengelola bisnis? Ini dia 6 modal pegangan seorang pengusaha dalam berbisnis.