5 Langkah Tepat Merintis Usaha Kuliner yang Menjanjikan


Generasi penerus bangsa saat ini sedang getol – getolnya mencoba untuk merintis usaha sendiri, mulai dari usaha berjualan pakaian, membuka kafe hingga kuliner. Dari sekian banyak pilihan bisnis, usaha kulinerlah yang masih menggoda anak – anak muda yang mempunyai modal. Usaha kuliner dapat menggaet pelanggan dari beberapa segmen entah itu anak – anak, dewasa hingga orangtua. Untuk para anak muda di luar sana tak usah ragu lagi untuk memulai membuka bisnis kuliner. Jika ditelateni dengan segala niat baik maka bisnis tersebut tidak hanya menjadi angan – anagn tetapi bisa menjadi mimpi besar yang dulu Anda harapkan. Simak 5 cara di bawah ini agar bisnis kuliner Anda sukses di masa depan:

1. Menggabungkan cita rasa modern dengan resep yang ada
Untuk sukses dalam bidang yang memang bukan bidang Anda pada awalnya sangat sulit untuk itu tentu Anda harus bisa memutar otak untuk membuah sebuah gagasan atau ide baru. Ide dan gagasan tersebut juga harus mempunyai karakter sendiri baik dari keunikannya yang beda dari yang lain. Dengan mengangkat ide usaha yang tidak sama dengan usaha kuliner yang lain, maka produk buatan Anda tentu akan lebih diterima dan tidak ada pesaing. Liat saja jenis makanan saat ini yang sedang naik daun padahal faktanya makanan tersebut biasa saja lho, satu contoh yaitu martabak dan kue cubit dengan varian rasa, Anda juga bisa berkreasi dengan resep yang lain. Coba saja untuk mengangkat jenis makanan dan minuman yang sudah terkenal di masyarakat lalu dikembangkan dengan pilihan rasa yang lain.

2. Siasati lapak dengan memanfaatkan tempat yang ada
Jika modal yang Anda miliki sedikit maka tidak lagi perlu menyewa kios dengan harga yang tidak murah. Manfaatkan saja teras rumah untuk membuka lapak. Berjualan di teras rumah sendiri tidak ada salahnya lho, Anda juga bisa menyiasati dengan menitipkan barang dagangan ke warung makan atau warung kue. Itu bisa disiasati ketika tidak ingin ribet membuka lapak sendiri, opsi yang lain yaitu dengan berjualan di mobil dan mangkal di tempat – tempat yang ramai akan pembeli.

5 Langkah Tepat Merintis Usaha Kuliner yang Menjanjikan

5 Langkah Tepat Merintis Usaha Kuliner yang Menjanjikan

3. Promosi ke teman atau keluarga
Setelah Anda mantap menentukan produk dan jenis kuliner yang ingin dirintis, Anda bisa mempromosikan kepada orang terdekat baik itu kerabat atau saudara terdekat. Kenalan dan teman Anda yang lain juga perlu diberi tahu, jika memang diperlukan Anda bisa membawa produk atau brosur Anda ketika berkumpul bersama dengan teman. Jangan segan juga untuk emmberikan tester yang bisa dicoba, siapa tahu merekalah yang akan membuka jalan rejeki Anda dengan menjadi pelanggan utama.


4. Promosikan melalui media sosial dan endorse artis
Media sosial memang ampuh untuk dijadikan ajang promosi, selain hanya perlu memposting barang dagangan Anda semua orang yang aktif di media sosial juga akan dapat melihat produk tersebut. Manfaatkan saja aplikasi gratis dari facebook, twitter dan instagram untuk mengepakkan sayap usaha Anda. Bahkan Anda juga bisa membuat website khusus agar produk Anda semakin terpercaya. Untuk meningkatkan penjualannya pula Anda bisa melakukan endorse artis ternama, dan jangan lupa untuk perhatikan tekhnik pengambilan fotonya agar produk Anda terlihat menggiurkan.

5. Kemas dengan packaging yang menarik
Ketika ada pepatah don’t jugde by its cover slogan tersebut tidak berlaku untuk seorang pengusaha yang bergerak dalam bidang kuliner. Agar produk penjualan Anda naik tajam, harus memperhatikan dengan betul kemasan dagangan. Buat produk jualan Anda dengan kreatif dan unik agar pelanggan penasaran dan segera ingin mencoba.