5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengusaha Pemula saat Menjalankan Peluang Usaha

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengusaha Pemula saat Menjalankan Peluang Usaha-Bagi Anda yang mempunyai jiwa bisnis, adanya peluang usaha tentu tidak akan disia-siakan begitu saja. Berwirausaha memang mempunyai daya tarik tersendiri. Selain tidak mengenal masa pensiun, mempunyai usaha sendiri juga bisa menentukan besarnya laba yang diinginkan. Dan, secara fakta, banyak pengusaha yang berhasil mencapai tingkat perekonomian yang tinggi.

30ikm72

Siapa sih yang tidak tergiur dengan hal itu? Alhasil, begitu muncul adanya peluang usaha, banyak orang yang berusaha menjalaninya. Sayangnya, tidak semua pebisnis pemula mengetahui trik menjalankan sebuah peluang usaha. Bahkan, secara tidak sadar, mereka sering melakukan kesalahan yang justru membuat usaha tersebut gagal. Apa saja kesalahan yang sering dilakukan para pengusaha pemula itu? Berikut ini ulasan lengkapnya.

  1. Melakukan Segalanya Sendiri

Kebanyakan pengusaha pemula, di awal usahanya melakukan semuanya sendirian. Mulai dari memperoleh modal hingga menentukan keputusan-keputusan penting terkait usaha, semua dilakukan sendiri tanpa ada masukan dari orang lain. Di satu sisi, mungkin cara ini bisa lebih mengefektifkan modal awal. Namun, di sisi lain, tidak ada sudut pandang berbeda yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Hal ini tentu sangat riskan bagi kelangsungan usaha itu sendiri. Oleh karena itu, tarik satu atau beberapa orang yang bisa diajak untuk bekerja sama mengembangkan usaha. Jika Anda merasa lebih nyaman sendiri, sebaiknya bersikaplah terbuka, supel, dan hamble, sehingga wawasan Anda lebih luas dan bisa menerima setiap masukan yang ada.

  1. Salah Memilih Bidang Usaha

Menentukan bidang usaha yang tepat juga menjadi penentu berhasil tidaknya usaha yang akan Anda jalankan. Pada umumnya, orang yang memaksakan diri berusaha di bidang yang tidak ia kuasai akan mengalami kegagalan. Ada banyak faktor yang menyebabkan kegagalan tersebut, salah satunya mudah ditipu orang karena tidak menguasai usaha tersebut. Oleh karena itu, pilihlah peluang usaha yang sesuai dengan bidang Anda. Jangan asal-asalan memilih usaha dan sekadar mengikuti tren saja. Namun, seandainya Anda tetap tertarik usaha yang bukan bidang Anda, pintar-pintarlah memilih teman yang pandai di bidang tersebut dan dapat dipercaya.

  1. Salah Menetapkan Harga

Harga juga menjadi penentu bagi kelangsungan usaha Anda. Jangan sampai Anda memasang harga terlalu tinggi atau rendah. Harga yang terlalu tinggi membuat konsumen tidak akan melirik produk Anda. Begitu juga harga yang sangat rendah. Bisa jadi, justru menganggap produk Anda tidak bonafid. Anda pun bisa mengalami kerugian dengan penetapan harga terlalu rendah. Oleh karena itu, lakukan survei harga barang yang sama di beberapa tempat. Kemudian, perhitungkan segala biaya yang Anda keluarkan. Selain menghindari kerugian, harga yang Anda tetapkan pun bisa bersaing dengan toko lain.

  1. Mempekerjakan Orang yang Salah

Mempekerjakan orang yang salah justru dapat menyebabkan kerugian bagi usaha Anda sendiri. Orang yang tidak tepat untuk melakukan suatu pekerjaan, tentu hasil kerjanya pun tidak akan maksimal. Oleh karena itu, saat Anda akan menambah sumber daya manusia, pilihlah orang yang mempunyai keahlian di bidang yang Anda butuhkan.

  1. Terpaku pada Hasil

Banyaknya pengusaha pemula yang gagal menjalankan usahanya dikarenakan hanya berorientasi pada hasil. Fokus mereka tidak pada proses yang pastinya melalui jalan berliku, melainkan pada perolehan laba secara cepat. Jelas ini akan memperburuk jalannya usaha. Seandainya berhasil pun, akan banyak pihak yang dirugikan karena cara menjalankannya dengan menghalalkan segala cara. Dan, biasanya usaha yang dijalankan dengan proses seperti ini tidak akan bertahan lama.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *