> 4 Peluang Usaha yang Bisa Dicoba Bagi Mahasiswa | infoloka.com

4 Peluang Usaha yang Bisa Dicoba Bagi Mahasiswa

4 Peluang Usaha yang Bisa Dicoba Bagi Mahasiswa-Sebagai mahasiswa, selain harus belajar dengan baik di perkulihan secara formal, seharusnya mahasiswa juga harus bisa belajar secara non formal di dunia luar. Salah satu bentuk pembelajaran non formal yang bisa dilakukan oleh mahasiswa adalah dengan membuka peluang usaha sendiri.

Memiliki usaha atau bisnis sendiri bagi seorang mahasiswa ada banyak keuntungan positifnya. Selain bisa menambah uang saku, dengan menjalankan bisnis sendiri, jaringan atau relasi juga akan berkembang, meningkatkan bakat, soft skill juga bisa terasah, dan hal-hal tersebut sangat berguna saat sudah benar-benar masuk di dunia kerja.

Terkadang mahasiswa merasa malas untuk mencoba menjalankan bisnis sendiri karena takut merugi atau ribet. Padahal ada beberapa peluang usaha paruh waktu yang cocok bagi mahasiswa dimana hal ini bisa disesuaikan dengan jadwal mereka.

Berikut ini dia beberapa peluang bisnis yang bisa dijalankan oleh mahasiswa.

Jasa foto maupun video.

Saat ini sudah banyak mahasiswa yang sudah memiliki kamera DSLR yang bagus-bagus. Daripada hanya digunakan untuk foto-foto yang tidak jelas, lebih baik dimanfaatkan untuk membuka jasa foto atau video.

Peluang bisnis jasa foto atau video ini cukup terbuka luas. Biasanya yang membutuhkan adalah mereka yang akan menikah, atau para penjual produk tertentu.

Anda bisa meningkatkan skill penggunaan kamera dan masuk dalam bisnis jasa ini. Keuntungannya sangatlah lumayan. Karena sistemnya jasa dan dijalankan secara paruh waktu, Anda bisa lebih leluasa mengatur jadwal kapan harus mengambil job dan kapan harus kuliah.Jasa-Pembuatan-Iklan-Company-Profile-Murah

Jasa desain grafis.

Peluang bisnis ini sangat cocok untuk para mahasiswa jurusan desain grafis, seni lukis, atau mereka yang memiliki skill membuat desain.

Kebutuhan desain grafis saat ini tengah naik pesat. Para pebisnis sudah mulai sadar dengan pentingnya desain untuk promosi. Desain logo perusahaan juga banyak disayembarakan.

Selain itu Anda juga bisa membuatkan desain undangan yang unik atau berbagai kebutuhan desain lainnya. Ada banyak kebutuhan desain, dan semakin mahir Anda dalam mengerjakan berbagai kebutuhan desain ini, Anda akan memiliki banyak peluang untuk mendapatkan uang.

Jika Anda mau menekuni bidang ini dengan telaten, Anda bisa meraup uang yang cukup besar dari bisnis jasa desain grafis ini.jasa design

Jasa penerjemah.

Anda yang mahir berbahasa asing, bisa mencoba untuk menekuni bisnis ini. Ada banyak peluang dalam bisnis jasa penerjemah ini. Mulai dari menerjemahkan artikel, buku panduan teknik, menerjemahkan buku asing, dan lain-lain.

Peluang bisnis ini sangatlah banyak. Anda bisa mencari job di berbagai situs untuk para freelancer. Disitu banyak terdapat job untuk menerjemahkan. Jika Anda sudah cukup mahir dan memiliki banyak portofolio, bisa jadi Anda akan dicari banyak orang untuk menggunakan jasa Anda.peluang usaha

Bisnis produk fashion.

Para mahasiswa tidak pernah jauh-jauh dari fashion. Melihat peluang ini, Anda bisa berbisnis fashion untuk sesama mahasiswa. Anda bisa berjualan kemeja, celana, sepatu, kaos, jilbab, kosmetik, dll.

Untuk bisnis fashion ini biasanya banyak peminatnya adalah para wanita, namun tidak menutup kemungkinan para pria juga tertarik membeli produk milik Anda jika produk tersebut cukup menarik.

Jika ingin menjalankan bisnis ini, Anda perlu dengan jeli menjalankan sistem marketingnya. Anda bisa berjualan menggunakan social media maupun menawarkan langsung pada teman-teman sesama mahasiswa. Siapkan juga katalog produk supaya lebih memudahkan Anda dalam berjualan.usaha distro

Itu dia beberapa peluang usaha yang bisa Anda jalankan sembari berkualiah. Selamat mencobanya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *