Hrga Suku Cadang Fast Moving Merangkak Naik

Nilai kurs Rupiah terhadap Dolar AS memang sedang ‘jinak’. Namun bukan berarti tidak ada harga yang naik sebagai akibat dari liarnya nilai tukar selama 3 bulan terakhir.

OTOMOTIF beberapa kali melakukan penyisiran ke sejumlah dealer dan bengkel resmi serta gerai partikelir untuk mengetahui table harga suku cadang fast moving. Baik untuk mobil maupun motor. Kami mendapati beberapa suku cadang sudah berubah angkanya.

“Ada kenaikan tapi belum begitu signifikan untuk spare part, sedangkan untuk kenaikan ongkos jasa belum ada pemberitahuan lebih lanjut untuk kenaikannya dan saat ini masih normal,”buka Iwan Mulja.

Pria yang menjadi Wakil Kepala Mekanik PT Istana Kebayoran Raya Motor (dealer resmi mobil Honda) itu menambahkan kenaikannya hanya dikisaran puluhan ribu. Sebut saja untuk jazz, brake pad naik dari harga Rp. 401 ribu menjadi Rp. 441 ribu per setnya.

Sedangkan untuk bearing per setnya ada harga baru dari Rp. 633 ribu menjadi Rp. 696 ribu, lalu pelat koping dari awal harga Rp. 701 ribu menjadi Rp. 771 ribu. “Kenaikan harga diberlakukan 19 Januari 2015 kemarin, dan harga yang ditawarkan belum termasuk PPN,” pungkas Iwan.

Saat menyambangi dealer resmi Toyota Astrido, di bilangan Fatmawati Jakarta Selatan tidak menemui adanya kenaikan harga.”Ada kenaikan di 2 Febuari kemarin tapi untuk Toyota Motor Oil,”ujar Cucu Hidayat, Sales and Marketing Spare Part.

Cucu juga menyebutkan bahwa untuk harga suku cadang yang lain tidak ada kenaikan harga. Namun jika memang ada harga baru diperkirakan tidak akan lebih dari 2 persen naik harganya. Diterangkan pula,”Toyota juga tiap tahun tidak terpengaruh dengan nilai tukar Dolar terhadap Rupiah untuk kenaikan harga spare part.”Hanya saja ongkos jasa diakui ada harga baru, seperti untuk Avanza yang tadinya Rp. 342 ribu kini menjadi Rp. 347 ribu.

Beberapa bengkel resmi yang menangani Daihatsu dan Suzuki diperoleh keterangan belum ada harga baru untuk suku cadang fast moving. Walaupun kemudian didapat informasi bahwa dalam waktu dekat akan ada table harga baru.

MOTOR

Waktu menyambangi beberapa gerai aftermarket GTspeed Matic Specialist yang berlokasi di Raya Cinere Limo, Depok sudah merilis table harga baru untuk sejumlah produk.

Untuk Yamaha Mio, produk yang naik harga seperti belt yang dari harga Rp. 65 ribu menjadi Rp. 75 ribu per buah. Lalu roller buatan Thailand juga ada harga baru dari harga Rp. 60 ribu menjadi Rp. 70 ribu per setnya. Sembari menyebut besaran kenaikan sebesar 10 persen, Didit Adi Perdana yang jadi Marketing Manager GTspeed juga menunjuk produk buat skutik Honda Vario 110 yang ikutan naik.

Kampas rem depan harga barunya Rp. 150 ribu dari Rp. 135 ribu. Kampas rem belakang naik Rp. 5 ribu menjadi Rp. 35 ribu. Harga bary Rp. 150 ribu diterangkan Didit juga untuk belt Vario 110. Ini naik dari harga sebelumnya yang Rp. 135 ribu.

Di gerai ‘senior’, Polaris 99 yang berlokasi di area Kebon Jeruk (Kota), Jakarta-Pusat didapat sejumlah komponen untuk Kawasaki Ninja 250 sudah diberi harga baru.”Gir belakang merek TK ukuran mata 43 hingga 47 harganya Rp. 220 ribu, lalu rantai yang sama ukuran 520 mm harga Rp. 194 ribu, dan gir depan merek TK ukuran mata 13 hingga 15 harganya Rp. 110 ribu,”jelas Leny Anggraini, penggawang gerai ini.

Ia kemudian menjelaskan produk dengan merek yang sama untuk Honda Verza maupun Neotech. Gir belakang ukuran mata 38 hingga 58 harganya Rp. 130-187 ribu. Rantainya yang ukuran 428 saat ini dihargai Rp. 140 ribu.

BENGKEL RESMI BELUM NAIK

Di bengkel resmi motor diketahui belum ada harga baru sejak akhir tahun lalu. Meskipun waktu itu naik harga di kisaran 10 persen dari harga sebelumnya. seperti bengkel resmi Dunia Motor Kebayoran Lama, Jakarta Selatan itu kini harga belt dan rollernya Rp. 173 ribu.

Kampas rem depan dan belakang masing-masing Rp. 49 ribu dan Rp. 45 ribu. Diterangkan oleh Mia Rosiana yang menggawangi suku cadang,”Oli mesin Rp. 39,5 ribu per kemasan dan filter udara Rp. 45 ribu.”Kampas rem depan dan belakang buat Verza maupun New Mega Pro Rp. 44 ribu dan Rp. 55 ribu.”Belum ada kenaikan harga lagi sejak bulan Desember 2014,”jelasnya

masih dibilangan Kebayoran Lama, bengkel resmi untuk Yamaha Motor juga mengaku belum ada kenaikan harga baru untuk suku cadang.”Naik harga terakhir tahun lalu, bulan Febuari,”kata Lukman Hakim sebagai Service Dept Head.

Sejurus kemudian ia menjelaskan beberapa komponen seperti kampas rem depan dan belakang masing-masing Rp. 70 ribu dan Rp. 43 ribu. Keduanya bisa untuk Mio maupun Mio J. Dan harga busi buat kedua skutik itu kini seharga Rp. 13.500 per buah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *